Adakah Kendala Dalam Buat PT Baru

Semua kegiatan maupun aktivitas usaha di Indonesia pasti memiliki kendala maupun tantangan. Kendala yang dihadapi bisa saja berasal dari luar maupun dari dalam sendiri. Karenanya, siapa yang mengatakan buat PT baru itu sangat mudah?

Memang mudah sesungguhnya namun hal tersebut hanya berlaku untuk mereka yang telah memahami seluruh elemennya dengan baik. Jika Anda hanya sekedar pemula yang tidak tahu apapun, akan sangat sulit mendirikannya.

Domisili Usaha Dapat Menjadi Kendala Dalam Buat PT Baru

Setiap membangun perusahaan dibutuhkan namanya ketekunan dan juga usaha yang tidak cepat menyerah. Akan tetapi, tentu akan sangat sulit untuk buat PT baru tanpa mengalami kendala apapun.

Tergantung dengan jenis kendalanya, semakin Anda tidak mengetahui seperti apa cara membangun perusahaan itu, maka akan semakin banyak kendala yang akan Anda hadapi.

Untuk itulah, kenali lebih dulu kendalanya guna menghindarinya sehingga Anda bisa menambah pengetahuan tentang itu dan mengatasinya.

Inilah berbagai kendala dalam membuat PT yang ada di Indonesia antara lain:

  • Masalah pada domisili usaha

Semua badan usaha tentau harus mempunyai yang namanya domisili usaha apalagi jika itu merupakan daerah yang tidak digunakan sebagai tempat pemukiman yang Anda pilih untuk menjadi domisilinya. Bila perusahaan yang didirikan adalah PT, maka kewajiban tersebut telah ditetapkan lebih dulu pada UUPT pasal 5 no.40 tahun 2007.

Read More :  Proses Pengajuan Izin Niaga Umum BBM

Domisili yang legal dengan lojasi representatif dapat menciptakan dan membuat adanya persepsi yang sangat positif untuk calon konsumen maupun partner untuk perusahaan. Hal yang paling penting adalah domisili usaha untuk badan usaha ini sangat diperlukan dalam mengurus dokumen legal yang diperlukan perusahaan.

Alamat usaha yang jelas akan tercantum di semua dokumen legalitas untuk perusahaan Anda mulai dari TDP hingga SKDP. Semua alasan ini mampu memotivasi Anda untuk lebih bijak lagi dalam memilih tempat usaha yang paling tepat untuk usaha.

Di dalam memilih domisilis, maka sebaiknya gunakan bangunan yang memang diciptakan untuk dijadikan sebagai tempat usaha. Jenis ini bisa dilihat dalam IMB atau Izin Mendirikan Bangunan.

Memang beberapa daerah merupakan daerah pemukiman yang bisa juga dijadikan tempat domisili usaha. Akan tetapi, memilih bangunan yang sudah ada IMB akan menjadi sebuah langkah paling tepat untuk keberlangsungan dari perusahaan itu.

Kendala Dalam Buat PT Baru Adalah Syarat Administratif

  • Kendala memenuhi syarat administratif

Kendala ini memiliki kaitan dengan tahap dalam mengurus dokumen legalitas dari perusahaan. Contohnya adalah tahap untuk mengurus SKDP atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan disitu, Anda perlu melakukan pengurusan BPJS Ketenagakerjaan dengan nama perusahaan.

Ini dikarenakan sertifikat BPJS tersebut adalah syarat utama dan harus ada pula KK yang dimiliki oleh Direktur Utama. Selain SKDP, tentu Anda masih akan mengalami kendala yang lainnya yaitu ketika mengurus NPWP milik perusahaan Anda.

Read More :  Pertimbangan Teknis Setrika

Ketika sedang ingin membuat NPWP ini, maka Anda pun harus tahu bahwa NPWP yang diliki secara pribadi oleh para Direktur Utama sudah dalam format yang terbaru dengan NIK tertera di dalamnya dan alamat NIK itu juga sama dengan alamat yang tercantum di dalam KTP.

Jadi baik PT bahkan juga CV diperlukan NPWP yang memiliki format paling baru dan untuk memilikinya, maka Anda pun harus datang langsung menuju kantor pajak guna memperbaharuinya.

Penuhi dengan baik semua pengetahuan dasar ini ketika Anda buat PT baru karena dengan demikian, Anda pun bisa mengatasi berbagai masalah ke depannya bahkan sama sekali tidak perlu bolak balik sedikitpun untuk melakukan pengurusan dokumen satu dengan yang lainnya. Anda bisa tetap memiliki perusahaan yang resmi, sah dan legal di mata hukum tanpa kendala lainnya.

Scroll to Top