Apa Keuntungan Lain Dari Biaya Membuat PT Baru yang Murah

Banyak sekali saat ini bermunculan perusahaan baru atau startup dan juga UKM karena makin banyak pelaku bisnis yang mulai menyadari bahwa memiliki legalitas dalam perusahaannya itu penting.

Bila orientasi bisnis yang ada di masa lalu adalah jalan dulu dan legalitasnya diurus kemudian bahkan ada yang lupa, kini biaya membuat PT baru semakin terjangkau sehingga akan ada banyak orang yang mencoba untuk mengurus legalitasnya dengan benar baru berbisnis.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Modal Untuk Biaya Membuat PT Baru

Pentingnya pemilik modal usaha untuk mendirikan perusahaan dengan legalitas terbaik bagi bisnis akan memberikan jaminan usaha lebih nyaman lagi tanpa kendala. Apalagi Anda sekarang jangan pernah menjadikan modal sebagai salah satu kendala untuk membuat PT.

Dulu, memang benar bahwa biayanya cukup mahal sehingga banyak orang memilih untuk membuat CV saja. Namun dengan kebijakan saat ini, biaya membuat PT baru semakin rendah sehingga siapapun bisa mulai memiliki perusahaannya sendiri.

Bagi para startup atau bisnis rintisan, sesungguhnya memilih PT merupakan pilihan yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan usaha lainnya meskipun semua usaha itu nantinya akan tetap disahkan di mata hukum. Inilah keuntungan yang diberikan jika membangun PT antara lain:

  • Modalnya berupa saham

Modal yang dimiliki oleh PT itu terdiri dari nominal saham dan itu tertulis secara resmi di undang-undang pasal 31 ayat 1 no.40 tahun 2007 tentang PT. Beda dengan perusajaan yang lain, modal PT ini terbagi dengan rinci dan jelas oleh undang-undang untuk membangun PT yaitu modal dasar, ditempatkan dan disetor.

Read More :  Prosedur Untuk Mengurus SIUJK Online

Modal dasar yang harus dimiliki oleh PT minimum adalah 50 juta rupiah namun tentu ada atuan lain yang memungkinkan untuk menetapkan modal dasarnya lebih tinggi lagi. Sesuai dengan UUPT pasal 33, modal setidaknya adalah 25% modal dasar yang harus disetor dan ditempatkan.

Bagi para UKM atau perusahaan rintisan yang ingin adanya dana melalui investor, maka bentuk dari kepemilikan perusahaan juga menjadi jauh lebih fleksibel lagi sebab sifat saham yang bisa dialihkan.

Pengalihan saham dengan penuh untuk kepemilikan adalah salah satu sifat korporasi yang akan membedakan perusahaan dari persekutuan perdata dan juga badan humum yang lain.

Sifat yang dialihkan inilah akan membuat PT bisa melakukan berbagai macam aktivitas bisnis tanpa adanya gangguan meskipun pemiliknya berganti.

Keuntungan dari Biaya Membuat PT Baru

  • Tanggung jawab yang terbatas

Salah satu keuntungan yang harus dipertimbangkan mengapa Anda harus membuat PT daripada bentuk usaha yang lain adalah tanggung jawabnya lebih terbatas.

Pemegang saham atau pemilik perusahaan hanya akan memiliki tanggung jawab sesuai dengan modal maupun saham milik mereka yang diberikan di dalam perusahaan itu.

Jadi jikalau perusahaan merugi, maka investor hanya akan menanggung kerugian sesuai dengan nominal dana yang mereka setorkan di perusahaan itu.

Beda dengan bentuk perusahaan yang tidak termasuk pada badan hukum layaknya CV, firma maupun persekutuan perdata. Bila perusahaan mengalami yang namanya kerugian bahkan aset yang dimiliki perusahaan itu sama sekali tidak akan mampu untuk menutup kerugiannya, maka harta pribadi dari pemegang saham maupun pemilik perusahaannya bisa diambil.

  • Negara melindungi nama perusahaan
Read More :  Jasa PT

PT memiliki perlindungan yang lebih baik dan maksimal dibandingkan yang lain dan ini juga tertuang langsung dari aturan pemerintah no 43 tahun 2011 tentang Tata Cara dalam mengajukan dan menggunakan nama PT.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh PT termasuk membuat nama namun nama yang akan diterima haruslah nama baru yang PT lain sama sekali belum pernah menggunakannya. Jadi dengan kata lain, tidak akan ada PT di Indonesia yang memiliki dua nama yang sama.

Jadi, selain biaya membuat PT baru yang murah, tentu saja Anda juga harus memikirkan keuntungan tersebut sehingga tidak ragu lagi dan menggunakan uang Anda untuk bisa membangun PT yang jelas.

Scroll to Top