Apa Saja Keuntungan Buat PT Bagi Para Startup

Pemilik modal biasanya sudah ingin membuat usaha melebar dan semakin luas sehingga bisa lebih baik lagi dalam memperoleh keuntungan. Akan tetapi, apakah buat PT itu sebenarnya lebih sulit dibandingkan dengan perusahaan lain?

Tentu tidak karena justru ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang lebih tertarik dalam membangun PT dibandingkan CV maupun bentuk usaha lainnya meskipun semuanya pun sah di mata hukum.

Buat PT Memberikan Anda Keuntungan Lebih

Tentu ada berbagai macam keunggulan yang diberikan oleh PT dibandingkan dengan bentuk usaha yang lainnya hingga menyebabkan mereka lebih senang untuk buat PT meskipun modal yang diberikan tidak sedikit dibandingkan dengan perusahaan jenis lainnya.

Membuat PT memang tidak mudah tapi ada banyak alasan yang menyebabkan banyak orang jauh lebih senang dengan perseroan ini dibandingkan dengan yang lainnya. Inilah beberapa alasan PT lebih terkenal yaitu:

  • Pemilihan bidang bisnisnya jauh lebih leluasa lagi

Keuntungan bagi mereka yang memilih PT sebagai bentuk usaha adalah karena lebih leluasa untuk memilih aktivitas bidang usaha. Anda harus tahu bahwa beberapa aktivitas yang dijalankan dalam bisnis mewajibkan para perusahaannya dalam bentuk PT untuk memperoleh izin dulu sebelum mereka menjalankan bisnis usaha tersebut.

Salah satunya adalah layanan yang berbasis pada pinjam meminjan uang dan menggunakan teknologi informasi.

Ini memiliki peraturan resmi dari POJK atau Peraturan Otoritas Jasa Keuangan no. 77 tahun 2016 tentang layanan dalam pinjam meminjam uang dengan menggunakan basis teknologi informasi dan didalamnya semua perusahaan harus sudah memiliki badan hukum atau sah di mata hukum. Bidang usaha lainnya juga memiliki izin seperti restoran dimana izin ini hanya akan diberikan bagi perusahaan yang telah menjadi PT.

Read More :  Berapa Harga Bikin PT

Apa Alasan Banyak Orang Memilih Buat PT Dibandingkan Perusahaan Lain?

  • Mendirikan PT sangat mudah prosedurnya

Sekarang mendirikan PT sangat mudah bahkan prosesnya pun juga sangat cepat. PT yang sah di mata hukum bisa melakukan tindakan hukum yang sifatnya terpisah dari pemilik maupun pendirinya dan ini terhitung sejak SK Kemenhumham terbit.

Proses untuk mendirikan perusahaan ini akan dimulai dan semuanya berakhir pada notaris dimana mereka akan memberikan permohonan pengajuan pengesahan dari akta pendirian dan juga anggaran dasar perusahaan sampai SK Kemenkumham muncul hanya dalam waktu satu hari saja.

Sementara itu untuk perusahaan yang tidak memiliki badan hukum, mereka harus mendaftarkan akta pada pengadilan negeri setempat. Tentunya Anda harus memenuhi semua dokumen penting yang akan diajukan tersebut.

  • Adanya PPh yang ditetapkan

Sesuai dengan PP tahun 2018 no.23 tentang Pajak Penghasilan yang diterima maupun diperoleh wajib pajak memiliki peredaran dari bruto tertentu diatur jika tatif untuk Pph ini hanya 0,5% dari penghasilan kotor.

Namun hal tersebut tidak akan berlaku bagi mereka yang membentuk CV maupun firma oleh mereka wajib pajak yang berbeda-beda dengan keahlian yang tidak sama.

Pekerjaan yang dimaksud dengan bebas adalah olahragawan, penari, pemain drama, peragawan atau peragawati, foto model, kru film, sutradara, bintang iklan, sinetron, film, pelawak, penyanyi, pembawa acara, pemain musik, Aktuaris, penilai, PPAT, notaris, konsultan, dokter, arsitek, akuntan dan sebagainya.

Read More :  Mudahnya Langkah-Langkah Pendirian PT Online

Dengan keuntungan yang diberikan untuk mereka yang buat PT, maka tidak ada lagi alasan bagi Anda dalam menunda untuk memproses segala legalitas dalam mendirikan perusahaan ini.

Jika Anda makin cepat melakukannya, maka makin baik pula bagi kenyamanan diri Anda dan kepastian dalam melakukan usaha termasuk dengan pengembangan usaha itu kedepannya. Bisnis tidak dapat menunggu dan Anda harus segera melakukannya. Jika Anda sudah berhasil membangun PT, maka hanya perlu mengurus sistem di dalamnya.

Scroll to Top