Apakah Buat PT Murah Bisa Sah Dimata Hukum Dengan Memenuhi Ketentuannya?

Dengan adanya peraturan dari Presiden, sekarang sudah semakin mudah bagi para pelaku usaha untuk memiliki perusahaan mereka sendiri bahkan itu sekelas PT yang paling dianggap bonafit dan terkenal oleh masyarakat.

Akan tetapi, meskipun buat PT murah, tak berarti jika Anda bisa sesuka hati bahkan juga tidak memperhatikan dengan baik seperti apa sesungguhnya cara yang paling tepat dalam mendirikannya dan Anda harus benar-benar melihat dengan baik.

Buat PT Murah Dengan Ketentuan Penting yang Harus Dipenuhi

Jangan berharap untuk mendirikan PT dengan mudah tanpa memiliki persyaratan yang jelas. Sudah pasti Anda sebagai seorang pelaku usaha harus tahu semua dokumen harus Anda miliki tepat sebelum perusahaan Anda beroperasi karena jika tidak.

Maka Anda pun justru akan memperoleh kesulitan dimana selalu ada gangguan maupun kendala dengan hukum apabila kelengkapan dokumen sama sekali tidak sesuai dengan apa yang tercantum di dalam badan usaha tersebut.

Meskipun buat PT murah, perhatikan hal yang paling detail akan menyebabkan Anda memperoleh keuntungan terbaik. Jangan pernah meremehkan hal yang paling kecil sekalipun karena meskipun nantinya kelengkapan yang Anda miliki sudah ada.

Tetap ada dokumen yang harus diperbaharui dengan baik sehingga bisnis pun sama sekali tidak akan mengalami kendala apapun. Inilah ketentuan yang diperhatikan oleh pelaku usaha sebelum PT mereka resmi berjalan yaitu:

  • Ketentuan dalam membuat NPWP
Read More :  Jasa Pengurusan Dokumen Perusahaan lewat Pakarnya Izinmudah

Kewajiban dari badan hukum adalah selalu taat membayar pajak dan PT akan diberikan 2 dokumen penting tentang pajak yaitu NPWP dan juga SKT atau Surat Keterangan Terdaftar Pajak.

Selain itu, terdapat pula pilihan dokumen yang lain yaitu Pengusaha Kena Pajak atau PKP namun ini memiliki sifat sedikit optional sebab tidak semua pendirian PT ini harus menjadi sebagai perusahaan PKP.

Selain NPWP yang dikhususnya untuk badan usaha, direktur pun juga perlu mempunyai NPWP masing-masing atau pribadi. Sesuai dengan adanya aturan terbaru, NPWP milik para direktur wajib memiliki alamat dan guna membuat NPWP semakin lancar, maka direkturnya pun harus dipastikan untuk tidak mempunyai sama sekali tunggakan dalam pajak.

Syarat Penting Buat PT Murah yang Harus Ada Sebelum Usaha Berjalan

  • Izin usaha

Ketentuan yang berikutnya adalah tentang izin usaha. Pengesahan perusahaan yang dilakukan oleh Kemenhumkam beda dengan yang namanya izin usaha karena yang satu ini perlu untuk Anda peroleh dari Kementerian Perdagangan.

Oleh karenanya, pendirian PT ini harus mengurus dokumen izin usaha yang juga seringkali dikenal sebagai SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Sesuai dengan UU permendag no.46 tahun 2008, terdapat 4 kategori dalam SIUP yang disesuaikan dengan skala usaha yaitu SIUP besar, menengah, kecil maupun mikro.

  • TDP

TDP merupakan Tanda Daftar Perusahaan yang sudah diatur sebelumnya dalam undang-undang no.3 tahun 1982 tentang perihal wajib daftar perusahaan.

Read More :  Certificate of Incorporation of Company in Indonesia

TDP ini merupakan daftar yang berisi catatan resmi yang diaakan sesuai dengan UU maupun peraturan dan berisikan hal wajib yang didaftarkan oleh semua badan hukum atau perusahaan dan itu semua disahkan langsung oleh para pejabat yang memiliki wewenang.

Sesungguhnya, bukan hanya PT saja yang perlu sebab semuanya juga wajib seperti kopersi, CV, Firma, perorangan dan sebagainya. Di dalam mendirikan PT ini, harus dilakukan baik perusahaan itu adalah kantor cabang maupun pusat dan khusus bagi pendirian PT yang merupakan cabang, maka akta cabangnya pun juga harus berisikan pemimpin di cabang tersebut dengan kuasa yang asalnya dari direksi.

Inilah beberapa ketentuan penting yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha yang ingin buat PT murah namun tetap aman dari yang namanya kendala maupun masalah hukum khususnya di masa depan karena ini tentu akan menghambat segala proses produksinya.

Scroll to Top