Bagaimana Cara Mendirikan PT

Bagaimana cara mendirikan PT? Pertanyaan ini seringkali muncul, terutama dari seseorang yang hendak melebarkan sayap bisnisnya dengan membuat sebuah Perseroan Terbatas atau PT. Pembuatan PT memang merupakan sebuah langkah maju yang tepat untuk meningkatkan nilai bisnis demi keuntungan lebih besar yang akan didapatkan. Sebagaimana kita tahu, perusahaan-perusahaan besar biasanya berbentuk PT.

bagaimana cara mendirikan PTNamun, tidak semua pelaku usaha mengerti dan memiliki pengetahuan yang cukup terkait bagaimana cara untuk membuat dan mendirikan sebuah PT. Hal ini didasari karena background dari beberapa pelaku usaha yang cenderung berbeda-beda dalam beberapa bidang. Namun, sebagai langkah yang bijak dan tepat, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui tips pendirian PT demi kelancaran usaha yang mereka jalani. Berikut kita akan membahas tips dan langkah-langkah yang harus anda tempuh ketika hendak membuat sebuah PT.

Langkah dalam Bagaimana Cara Mendirikan PT

Menyiapkan Beberapa Data

Untuk mendirikan PT, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan beberapa data. Data ini digunakan sebagai bentuk persiapan demi kelengkapan PT yang akan dibuat. Data-data ini tentu saja sangat penting untuk disiapkan dengan lengkap karena merupakan syarat mutlak dari pendirian PT. Lantas, apa saja data-data yang harus kita persiapkan sebelumnya?

Data pertama yang harus disiapkan adalah opsi nama perusahaan. Opsi nama perusahaan sebaiknya disiapkan minimal tiga buah untuk pertimbangan. Pemilihan nama perusahaan ini sebaiknya dicocokkan dengan bidang usaha, meskipun sebenarnya anda bebas saja untuk menentukannya. Selain nama perusahaan, sediakan juga bidang usaha dan domisili dari perusahaan anda. Kedua hal ini adalah penting demi mendukung jalannya perusahaan anda.

Read More :  Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas

Data-data lain yang harus disiapkan pula dalam bagaimana cara mendirikan PT adalah nama pemegang saham, komposisi pemegang saham, modal dasar, modal disetor, susunan direksi dan komisaris, NPWP direktur dan pas foto.

Membuat Akta Perusahaan

PT adalah perusahaan yang berbadan hukum. Oleh karena itu, maka PT harus memiliki sebuah akta perusahaan sebagai bentuk legalitas. Akta perusahaan ini berisi mengenai detail dari nama perusahaan, bidang bergerak perusahaan, nama pemilik-pemilik modal, modal pasar, modal disetor, dan pengurus perusahaan termasuk komisaris. Akta perusahaan juga berhubungan dengan kredibilitas perusahaan, sehingga tanpa akta, bisa saja perusahaan dikatakan ilegal.

Mendapatkan Surat Keterangan Domisili

Terkait bagaimana cara mendirikan PT, anda perlu mendapatkan surat keterangan domisili. Surat ini juga termasuk aspek legalitas yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan surat keterangan domisili ini, anda akan senantiasa terhindar dari masalah perusahaan fiktif yang hanya mencantumkan alamat palsu demi kepentingannya.

Untuk mendapatkan alamat domisili ini, maka anda membutuhkan salinan dari akta perusahaan. Pengurusan surat domisili perusahaan biasanya melalui pihak kelurahan yang akan melakukan survey demi pengisian data.

Mengurus NPWP

Hal yang tidak kalah penting dalam pendirian PT adalah mengurus NPWP atau Nomor Surat Wajib Pajak dari perusahaan. Peraturan dalam negara memang mewajibkan semua perusahaan untuk memiliki NPWP sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut taat pada pajak –sebagai sumber pemasukan negara.

Read More :  Syarat dan Biaya Mendirikan PT Untuk Bisnis Pemasaran Digital

Pengurusan NPWP merupakan hal yang sangat penting sebagai bagian dalam bagaimana cara mendirikan PT karena jika anda tidak memiliki NPWP perusahaan, maka perusahaan anda tentu tidak akan disahkan oleh pemerintah. Tidak hanya itu, tanpa NPWP, perusahaan dapat dianggap sebagai perusahaan ilegal. Pengurusan NPWP biasanya hanya memerlukan waktu satu hari saja.

Mengurus SIUP

Pendirian PT harus pula dilengkapi dengan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Ini adalah surat yang dibutuhkan oleh perusahaan agar perusahaan bisa beroperasi dengan baik. Bisa disimpulkan bahwa apa yang bisa membuat PT anda bisa bekerja dan melakukan produksi adalah SIUP. Tanpa SIUP, maka anda tidak akan bisa memulai usaha yang sudah anda rencanakan.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan

Langkah terakhir dalam pengurusan pendirian PT adalah mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. Ini adalah bagian awal dari pembuatan PT yang tidak boleh dilupakan. Dengan memiliki TDP, maka PT yang anda dirikan akan terdaftar secara resmi pada pemerintah daerah setempat. TDP juga akan sangat berpengaruh pada aspek legalitas dan langkah produksi dari suatu PT.

Dari beberapa keterangan di atas, kita dapat melihat bahwa terkait bagaimana cara mendirikan PT, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dengan saksama. Lakukan beberapa langkah di atas demi kemudahan pendirian PT yang anda inginkan.

Scroll to Top