Berapa Biaya Pembuatan CV? Biaya Pembuatan CV hanya 2 juta

Berapa biaya pembuatan CV menjadi hal yang menarik untuk dibahas karena pertanyaan ini cukup sering didengar dalam beberapa forum yang membahas tentang bisnis. CV atau Comanditaire Venootschap adalah salah satu bentuk usaha alternative selain PT yang biasanya dipilih oleh pengusaha yang ingin melebarkan sayap usahanya dengan modal yang cenderung lebih terbatas. CV terkadang menjadi pilihan karena tidak menentukan jumlah minimal modal yang diperlukan, dimana PT memerlukan modal minimal sebesar 50 juta dan 25%nya harus disetorkan ke perseroan.

berapa biaya pembuatan CVSelain itu, CV juga tetap mengakomodasi jumlah kekayaan dari pemiliknya. Hal ini akan memberikan keleluasaan yang lebih besar dari pemilik untuk mengatur usahanya. Oleh karena itu, CV sering dipilih untuk peningkatan usaha. Mengetahui besaran biaya dalam pembuatan CV memang penting. Namun, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana tahapan pembuatan CV karena tahapan inilah yang akan menentukan besaran dari biaya yang harus dikeluarkan.

Berapa Biaya Pembuatan CV dan Langkah Pembuatannya

Membuat Akta Pendirian CV

Langkah penting pertama yang harus anda lakukan ketika hendak membuat CV adalah dengan membuat akta pendirian CV. Ini adalah langkah dasar yang sangat penting untuk dilakukan demi aspek legalitas dari CV yang hendak anda bangun. Akta pendirian CV mutlak diperlukan karena tanpa adanya akta ini maka CV yang anda inginkan tidak bisa berdiri dan beroperasi.

Read More :  Jasa Buat PT di Jakarta, Proses Super Cepat

Sebagaimana pengurusan akta pada biasanya, untuk membuat akta pembuatan CV, maka anda perlu seorang notaris untuk menerbitkannya. Untuk membuat akta ini, anda membutuhkan data diri anda secara lengkap dan biasanya akta ini selesai dalam waktu sekitar 3 hari tergantung dari pihak notaris. Tentu, anda akan terkena biaya administrasi dalam langkah tersebut.

Membuat Surat Keterangan Domisili Usaha

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk membuat CV adalah membuat surat keterangan domisili usaha. Surat ini juga merupakan salah satu surat yang terpenting pada awal pembuatan CV yang juga akan berpengaruh pada aspek legalitas dari usaha yang hendak anda bangun. Berbeda dengan akta perusahaan, surat keterangan domisili usaha ini diperoleh dari lembaga kelurahan. Domisili usaha anda tentu saja harus valid karena pihak kelurahan akan melakukan survey sebelumnya. Dalam langkah ini, anda biasanya juga akan membutuhkan biaya administrasi terkait.

Membuat NPWP Atas Nama Badan Usaha

Hal lain yang harus diperhatikan dalam langkah pembuatan CV adalah membuat NPWP. NPWP merupakan salah satu kelengkapan yang harus dipenuhi dalam pembuatan CV yang termasuk dalam langkah aktif sebagai seseorang yang wajib terhadap pajak yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini harus disadari karena dengan pajak, maka CV yang anda miliki akan mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

Pembuatan NPWP juga akan mempengaruhi besaran terkait berapa biaya pembuatan CV karena dalam pengurusannya, anda membutuhkan beberapa biaya administrasi. Untuk pembuatan NPWP, maka anda perlu untuk menghubungi kantor pajak. Dalam pembuatannya, anda perlu membawa beberapa berkas terkait, seperti akta pendirian CV, surat domisili badan usaha, lampiran PPN, dan bukti pelunasan pajak PBB. Saat mengurus NPWP, anda juga sebaiknya sekaligus mengurus surat pengukuhan pengusaha kena pajak atau sering disebut SP-PKP.

Read More :  Biaya Jasa Notaris : Dari Pembuatan PT Hingga CV

Pengajuan Usaha ke Pengadilan Negeri

CV adalah salah satu badan usaha yang berbadan hukum. Dalam hal ini, untuk memiliki CV, maka pengajuan usaha ke Pengadilan Negeri (PN) setempat adalah hal yang penting. Pengajuan izin ini adalah untuk mendapatkan perlindungan di mata hukum sehingga usaha yang anda lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk pengajuan izin usaha pada Pengadilan Negeri, anda wajib membawa lampiran NPWP dan salinan akta pendirian CV serta fotokopi identitas.

Pengajuan SIUP

Dalam pembahasan mengenai berapa biaya pembuatan CV, maka anda juga perlu untuk memahami pengajuan SIUP. Ini adalah salah satu langkah akhir yang juga sangat penting untuk anda dalam pendirian sebuah CV. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah izin yang penting demi dapat berjalannya CV yang anda bangun. Tanpa SIUP, maka CV yang anda dirikan tidak akan bisa beroperasi. Dalam pengurusan SIUP, anda juga perlu keluar biaya administrasi.

Dari langkah tersebut, lantas berapa biaya pembuatan CV? Jika di rata-rata, maka anda akan membutuhkan dana minimal 5 juta rupiah. Namun, untuk mengetahui detail daftar harga pengurusan CV, anda bisa menghubungi kami. Kami siap membantu anda mengurus pembuatan CV dengan baik, cepat dan terjangkau.

Scroll to Top