Berapa Biaya Pembuatan PT dan Jangka Waktunya

Berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunya menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam banyak forum diskusi terkait bisnis. Pembuatan PT memang menjadi pilihan yang tepat dalam pelebaran sayap bisnis. Dengan membentuk sebuah PT, maka usaha yang anda lakukan dapat tumbuh dengan lebih cepat dan tentu saja keuntungan yang akan anda dapatkan akan senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Telah banyak kita lihat dewasa ini bahwa ada banyak PT dengan beragam jenis usaha yang sudah berdiri.

berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunyaPendirian PT memang tidak mudah dan harus melalui beragam langkah berbeda. Hal ini disebabkan PT merupakan jenis usaha berbadan hukum sehingga aspek legalitas dari PT tersebut harus dilihat dengan saksama. Dengan beberapa langkah yang memang harus dijalani, tidak jarang jika pengurusan pembuatan PT memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, pengurusan pendirian PT juga dibedakan menurut jenis usaha yang hendak dijalankan. Berikut kita akan membahas beberapa faktor yang berpengaruh atas biaya dan waktu pengurusannya.

Faktor yang Mempengaruhi Berapa Biaya Pembuatan PT dan Jangka Waktunya

Jenis Usaha yang Didirikan

Hal paling pertama yang mempengaruhi besaran biaya pengurusan PT serta jangka waktu yang dibutuhkan adalah jenis usaha yang didirikan. Jenis usaha akan sangat berpengaruh pada kedua hal tersebut karena dalam pengurusannya membutuhkan langkah yang cukup berbeda dari jenis satu ke jenis lainnya. Membahas mengenai jenis usaha yang hendak didirikan, maka ada beberapa jenis usaha yang sebaiknya diketahui.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Murah, Berkualitas dan Terpercaya di Notaris

Jenis usaha yang pertama adalah usaha kecil. Ini merupakan usaha yang bergerak sendiri dan dikelola oleh perorangan atau tidak termasuk dari cabang suatu lembaga menengah dan besar. Ciri dari usaha kecil ini adalah sebuah usaha yang memiliki kekayaan bersih sekitar 50 juta hingga 500 juta diluar bangunan dan tempat usaha. Usaha ini biasanya memiliki hasil sekitar 300 juta hingga 2,5 miliar per tahun.

Selain usaha kecil, ada pula usaha menengah yang juga merupakan usaha ekonomi yang bergerak sendiri. Usaha ini juga tidak termasuk bagian dari badan usaha lain. Usaha menengah memiliki kekayaan dengan total sekitar 500 juta hingga 10 miliar dengan hasil penjualan per tahun sekitar 2,5 miliar hingga 50 miliar. Perbedaan jenis badan usaha ini akan berpengaruh pada besaran biaya pembuatan PT karena perbedaan besaran pajak dalam persen yang dibebankan.

Pengurusan Aspek Legalitas

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dan menjadi salah satu yang berpengaruh pada berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunya adalah pengurusan aspek legalitas. Perlu dipahami bahwa PT merupakan badan usaha yang berbadan hukum sehingga aspek legalitas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Pembahasan mengenai aspek legalitas ini mencakup beragam hal terkait yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu yang paling penting mengenai aspek legalitas adalah membuat akta perusahaan. Akta perusahaan adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam pembuatan PT. Tanpa akta, maka anda tidak akan bisa mengurus perizinan yang lain. Pengurusan akta ini membutuhkan peran notaris dimana ada biaya administrasi yang harus disiapkan.

Read More :  Syarat Pembuatan PT

Selain akta perusahaan, anda juga harus membuat surat keterangan domisili usaha. Ini adalah langkah kedua yang juga sangat berpengaruh pada aspek legalitas PT yang hendak anda buat. Surat keterangan domisili ini akan membuktikan bahwa PT yang anda miliki adalah legal dan valid. Pengurusan surat ini juga membutuhkan biaya administrasi yang diurus pada pihak kelurahan. Selain itu, anda juga perlu mengurus NPWP perusahaan, surat izin kementerian hukum dan HAM, serta membuat SIUP yang semuanya berpengaruh pada berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunya.

Rata-rata Biaya Pembuatan PT dan Waktunya

Lantas, berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunya sebenarnya? Memang, tidak ada penjelasan resmi mengenai hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan sangat ditentukan oleh banyak hal, terutama domisili usaha anda. Jika domisili usaha anda berada di kota, maka biayanya akan semakin besar untuk info biaya anda bisa menghubungi kami. Sedang untuk waktu pengerjaan dan pengurusan, dibutuhkan waktu sekitar 30 hari.

Scroll to Top