Berapa Hari Urus SIUP TDP

Saat mendirikan usaha yang baru ada beberapa dokumen dan persyaratan yang harus dilengkapi oleh pendiri usaha. Salah satunya adalah dokumen tentang SIUP dan TDP. Kedua dokumen ini adalah dokumen penting yang harus dibuat saat awal pembuatan dari SIUP TDP. Berapa hari urus SIUP TDP saat ini bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Awal pendirian sebuah usaha memang akan sangat menguras tenaga terutama untuk permasalahan pengurusan beberapa jenis dokumen. Berapa hari urus SIUP TDP termasuk mengurus dua dokumen paling penting yaitu SIUP dan TDP. Meskipun sudah di permudah namun ada juga bagi pendiri usaha baru yang masih bingung dalam melakukan pendaftaran baik itu SIUP ataupun TDP.

Lebih Menghemat Waktu

Berapa hari urus SIUP TDP saat ini sudah dipermudah dan di percepat oleh pemerintah. Atas kebijakan dari Presiden tentang percepatan dan penyederhanaan  pendirian perusahaan yang baru membuat alur untuk membuat SIUP ataupun TDP ini menjadi lebih cepat dan tidak melalui proses yang sulit.

Bahkan saat ini untuk segi pembuatan, pengurusan hingga penerbitan kedua dokumen tersebut bisa dilakukan secara bersamaan. Waktu pengurusan juga tidak memakan waktu yang lama melainkan bisa hanya dengan waktu 1 hari saja bisa langsung mendapatkan TDP dan SIUP. Asalkan yang mengajukan sudah melakukan pendaftaran melalui website.

Syarat Pengajuan TDP Tanda Daftar Persyaratan

Read More :  Biaya Mendirikan PT di Tangerang Selatan atau Tangsel Cepat dan Murah

Untuk lebih memperpendek waktu untuk melakukan pendaftaran dalam pengajuan TDP bisa dilakukan dengan mempersiapkan terlebih dahulu persyaratan untuk mengajukan TDP. Berapa hari urus SIUP TDP bisa menjadi lebih singkat dan bahkan selesai dalam waktu 1-2 hari saja asalkan  seluruh persyaratan sudah komplit.

Syarat yang perlu dipenuhi antara lain formulir yang sudah diisi dan dilengkapi dengan foto kopinya sebanyak dua lembar. Foto copy akta perusahaan. Foto copy dari pengesahan dari kehakiman atau pengadilan untuk CV dan Firma. Syarat keempat adalah foto copy SIUP ataupun izin yang lainnya. Foto copy KTP dari direktur utama perusahaan. Foto copy alamat atau domisili dari perusahaan.

Syarat SIUP, Surat Izin Usaha Perdagangan

Berbeda dengan TDP, SIUP memerlukan beberapa persyaratan yang lebih komplit dan lebih banyak dibandingkan dengan TDP. Untuk SIUP beberapa bagian yang harus dilengkapi atau syarat yang harus dilengkapi ada yang sama dengan TDP namun ada juga tambahan untuk beberapa bagian. Berapa hari urus SIUP TDP tetap bisa dilakukan sehari hingga dua hari.

Syarat pertama adalah foto copy dari akta pendirian perusahaan yang sudah dibuat di Notaris yang resmi. Kedua, foto copy pengesahan dari DEPKEH. Ketiga adalah surat keterangan domisili perusahaan yang sudah disahkan oleh camat atau kelurahan setempat. Untuk perusahaan yang ber kemungkinan mengganggu lingkungan juga harus menyertakan foto copy dari surat UU gangguan.

Read More :  Keuntungan Mengurus Perizinan Migas Online

Tak cukup disitu saja, syarat lainnya adalah foto copy NPWP, foto copy dari direktur utama, foto copy NPWP dirut. Yang tak kalah penting bagi perusahaan yang baru membuat SIUP pertama kali juga harus mengeluarkan surat keterangan membuat SIUP pertama kalinya dan jika ingin merubah SIUP yang ada maka wajib membawa SIUP sebelumnya yang asli.

Pengertian SIUP dan Jenisnya

Berapa hari urus SIUP TDP tak akan menjadi masalah jika mengingat betapa pentingnya satu dokumen yang satu ini. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan memiliki arti berupa izin usaha yang dikeluarkan oleh Instansi Pemerintah dengan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota atau Wilayah yang sesuai dengan domisili perusahaan.

SIUP ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan barang dan jasa. Namun untuk jenis usaha pada bidang ini merupakan bidang perdagangan barang/ jasa yang ada di Indonesia terutama yang termasuk dan sesuai dengan KLUI atau Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia.

Untuk jenis SIUP ini dibagi menjadi beberapa jenis SIUP yang dibagi menjadi tiga kriteria berdasarkan dari modal, besarnya usaha dan luas tanah dari bangunan. Berapa hari urus SIUP TDP tetap bisa mengurus seluruh jenis SIUP ini dengan waktu yang singkat. Ketiga jenis SIUP itu adalah SIUP kecil, SIUP menengah dan SIUP besar.

Read More :  Manfaat dan Jenis Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi
Scroll to Top