Berapa Lama Bikin SIUP TDP

Salah satu dokumen yang sangat penting untuk Anda yang ingin membuat usaha baru adalah dokumen SIUP dan TDP. Berapa lama bikin SIUP TDP dulunya tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, saat ini dengan adanya sistem baru dari pemerintah justru membuat para pengusaha baru bisa lebih mudah dalam mengurusnya dan mendapatkan waktu yang lebih cepat.

Tak sampai hitungan minggu dan hanya hitungan hari saja, dokumen baik itu SIUP atau TDP sudah bisa didapatkan. Berapa lama bikin SIUP TDP bahkan bisa dilakukan hanya dua hari saja asalkan mendaftar terlebih dahulu melalui sistem online. Sistem ini akan membantu untuk mempersingkat waktu dan membuat pendaftaran lebih terstruktur.

Pendaftaran Online

Berapa lama bikin SIUP TDP di permudah dan semakin di sederhanalah sehingga membuat pengusaha baru tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat SIUP dan TDP. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan SIUP dan TDP yang mudah dan cepat adalah dengan melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu.

Dalam pendaftaran secara online ini ada beberapa cara yang harus dilewati. Alur pendaftaran dan syarat harus lengkap dan urut demi mendapatkan proses yang lebih cepat dan tidak berbelit-belit. Biasanya bagi orang yang belum pernah mendaftar online akan merasa susah dan tidak suka dengan sistem ini padahal sebenarnya sangat membantu dalam pendataan.

Read More :  Prosedur Pembuatan CV Perusahaan yang Harus dilengkapi

Cara untuk melakukan pendaftaran secara online adalah melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email perusahaan. Selanjutnya nanti akan dilakukan verifikasi dokumen untuk mengaktifkan akun yang didaftarkan.

Data-data penting yang perlu disiapkan dan nantinya akan diverifikasi antara lain seperti NPWP perusahaan, KTP dan NPWP dari direktur utama perusahaan. Berapa lama bikin SIUP TDP untuk verifikasi ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari mulai dari mendaftarkan pertama kali.

Pastikan jika seluruh data tersebut sudah ter verifikasi dengan benar karena jika tidak maka pihak yang mendaftar harus melakukan verifikasi secara manual. Caranya adalah datangi langsung PTSP terdekat kemudian bawa format yang bisa di unduh pada web PTSP. Waktu untuk verifikasi manual ini akan memakan waktu 1 hari.

Lakukan Input Data

Berapa lama bikin SIUP TDP juga ditentukan dari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan input ataupun upload data-data yang dibutuhkan untuk permohonan SIUP ataupun TDP. Dalam melakukan upload ini pastikan jika koneksi dalam keadaan yang bagus dan tidak terputus karena waktu yang diberikan hanya 1 jam saja.

Dalam waktu 1 jam tersebut harus bisa melakukan proses input ataupun upload hingga selesai. Jika tidak selesai dan ada yang gagal terinput maka harus mengulang kembali dari awal yang tentu akan menyita waktu hingga berjam-jam.

Untuk lebih mempermudah dan membuat waktu 1 jam bisa digunakan dengan baik siapkan juga beberapa data yang akan di upload. Dokumen yang akan di upload ini perlu untuk di scan terlebih dahulu yaitu seperti SKDP, foto dari direktur perusahaan, akta pendirian dan SK Kemenhukham.

Read More :  Jasa Pembuatan API dan NIK

Pengambilan SIUP dan TDP

Jika seluruh data memang sudah berhasil di upload dengan benar dan tidak ada satu dokumen pun yang tertinggal maka pengusaha bisa melakukan pengambilan SIUP dan TDP. Pemohon bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat mengambil seluruh jenis dokumen.

Dokumen dalam pengambilan tersebut antara lain seperti dokumen formulir pendaftaran SIUP dan juga surat tanda registrasi. Selain dari pengambilan data-data tersebut pada website nanti juga akan diberitahukan kapan waktu dan berapa lama pemohon bisa mendapatkan dan mengambil SIUP ataupun TDP di PTSP terdekat.

Hal yang perlu diperhatikan dan menjadi maklum bagi pemohon adalah keterbatasan tenaga dengan jumlah permohonan perizinan yang sangat banyak. Hal ini menyebabkan proses pengambilan SIUP dan TDP bisa saja mundur dan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Berapa lama bikin SIUP TDP bahkan bisa saja mundur hingga 3-10 hari dari hari kerja. Tentu saja hal ini harus diatasi dengan sabar dan maklum karena memang banyaknya antrean dari surat perijinan yang masuk, pilihlah dari jasa yang sudah berpengalaman dan resmi di pemerintah.

Scroll to Top