Berapa Lama Pembuatan PT? Pembuatan PT hanya 2 jam, Akta 3,3Juta

Salah satu bentuk badan usaha yang bisa didirikan oleh pengusaha baru adalah PT atau perseroan Terbatas. Berapa lama Pembuatan PT saat ini bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan dengan cara yang lebih disederhanakan.

Begitu juga dengan modal awal atau minimal untuk sebuah PT yang saat ini juga diperingan hanya dengan Rp 50 juta saja. Prosedur untuk pembuatan sebuah PT saat ini juga sangat singkat dan tidak dengan prosedur yang panjang. Hal ini bertujuan untuk membuat para calon pengusaha berani untuk membuka hal yang baru dan membuka peluang usaha dengan mendirikan PT.

Izin yang Diperlukan

Berapa lama Pembuatan PT bisa di per singkat karena ada beberapa persyaratan dan prosedur yang di pangkas atau hilangi. Terutama untuk dokumen-dokumen perijinan yang menjadi syarat untuk mendirikan sebuah PT saat ini juga semakin sedikit dimana hal ini akan membuat waktu pengurusan menjadi lebih mudah.

Dulu untuk mendirikan sebuah PT membutuhkan lima izin yaitu SIUP, TDP, Akta pendirian, izin tempat usaha dan izin gangguan dimana semuanya itu harus didapatkan dalam waktu yang lama. Sedangkan saat ini untuk Mendirikan PT hanya membutuhkan tiga izin usaha saja yaitu SIUP, TDP dan akta pendirian. Tiga izin ini akan mempersingkat waktu Berapa lama Pembuatan PT.

Jenis-jenis PT

PT dibedakan menjadi tiga jenis klasifikasi berdasarkan modal yang disetorkan. PT dengan klasifikasi kecil merupakan pt dengan modal usaha 50 juta – 500 juta. Ada PT dengan kelas menengah dengan biaya setor senilai 500 jt – 5M. Kemudian untuk klasifikasi besar adalah PT dengan modal setor hingga minimal 10M.

Read More :  Jasa Buat PT Murah Di Jakarta, Paket Lengkap

Syarat-Syarat Pendirian PT

Untuk lebih mempersingkat Berapa lama Pembuatan PT bisa dilakukan dengan melakukan persiapan berupa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membuat PT terlebih dahulu. Syarat yang perlu disiapkan ini ada enam jenis persyaratan yang harus dibawa dan dilampirkan dalam pendataran PT nantinya.

Pertama yang dibutuhkan adalah foto copy KTP dari pendiri PT dimana minimal 2 orang pendiri. Kedua foto copy dari Kartu Keluarga penanggung jawab atau direktur utama jika dirut atau penanggung jawab adalah wanita. Ketiga adalah foto copy NPWP dari pribadi atau penanggung jawab.

Syarat keempat adalah foto copy dari surat keterangan domisili dari perusahaan atau PT tersebut. Syarat kelima adalah foto dari penanggung jawab atau direktur utama dengan ukuran 3 x 4 dan berwarna sebanyak 2 lembar. Ditambah dengan beberapa kebijakan lain yang ditambahkan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Cara dan Tahapan Pendirian PT

Berapa lama Pembuatan PT bisa saja dipersingkat asalkan syarat sudah terpenuhi dan cara bisa dilakukan dengan baik dan benar. Cara untuk mendirikan sebuah PT harus melalui beberapa tahapan yang penting.

Pertama adalah mengisi terlebih dahulu formulir tentang Pendirian PT. Dalam formulir ini terdapat beberapa dokumen dan data seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, jumlah modal dasar, jumlah modal setor, susunan pengurus perusahaan, kelas perusahaan, bidang usaha dalam SIUP dan bidang usaha dalam TDP.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru

Pada tahapan pertama tersebut bisa dilakukan dalam satu proses pengurusan. Berapa lamanya waktu untuk tahapan pertama ini sangat bervariasi bisa dari 1 – 2 hari kerja hingga pengurusan selesai.

Selanjutnya tahapan kedua adalah dengan mendapatkan standar akta perusahaan dari notaris. Hal ini bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 hari kerja saja. Hal ini berbeda jauh dengan proses sebelumnya yang akan memakan waktu hingga 5 hari kerja.

Langkah ketiga adalah dengan pengajuan izin pendirian badan hukum, melakukan penerbitan izin pendirian badan hukum, pembayaran PNBP dan pengesahan untuk badan hukum. Langkah ini akan memakan waktu selama satu hari kerja saja.

Kemudian pada langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran perusahaan ke Dinas Tenaga Kerja yang hanya memakan waktu satu hari saja. Kemudian mengurus ke BPJS untuk mengajukan pendataran online selama satu – dua hari kerja. Berapa lama Pembuatan PT akan berakhir dengan mendapatkan pengajuan nomor NPWP dan VAT NPPKP atau Number Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak secara online, pastikan mencari jasa konsultasi yang tepat.

Scroll to Top