Melihat Besaran Biaya Bikin PT 2019 3,3 juta, Proses Kilat

Jakarta, IzinMudah.Com – Bagi mereka yang belum mengetahui cara pendirian Perseroan Terbatas (PT) mungkin akan mengatakan bahwa biaya cukup besar dengan prosesnya sulit. Padahal tidak demikian, biaya bikin PT di tahun 2018 ini cukup terjangkau dengan proses mudah tentunya. Namun, memang waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga melelahkan, karena harus antri dan juga pengurusan surat yang berbeda tempat.

Semua syarat mengenai pembuatan PT sudah tercantum dengan jelas dalam No. 40 Tahun 2007. Undang-undang tersebut memuat segala sesuatu yang berkaitan dengan perseroan terbatas. Jadi mendirikan PT sebagai badan hukum memang tidak dapat main-main. Ada konsekuensi hukum yang harus dihadapi ketika perusahaan yang berdiri tersebut melewatkan prosedur resmi pendirian.

Biaya bikin PT tentunya seimbang jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diperoleh ketika perusahaan sudah resmi berdiri. Namun, sebelum mendirikan sebuah PT, maka seseorang harus mengerti prosedur dan juga kelengkapan data yang harus dimiliki agar proses pengurusannya tidak perlu terganggu karena ada data yang kurang.

Namun bagi pengusaha yang sibuk, pengurusan pembuatan PT tentunya menyita cukup banyak waktu sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa perizinan. Jasa semacam ini sudah cukup terkenal digunakan oleh banyak kalangan yang ingin mendirikan badan usaha.

Biaya Bikin PT & Hal Lainnya

1. Kesesuaian Data

Sebelum mendapatkan akte perusahaan, maka pengusaha harus menyiapakan data yang diperlukan terlebih dahulu. Semua data tersebut juga harus sesuai satu sama lain agar nantinya tidak terjadi masalah. Sebab, di mata hukum, semua data harus sesuai untuk menghindari kesalahpahaman di waktu mendatang.

Read More :  Biaya Jasa Perusahaan PT

Data yang dibutuhkan antara lain Kartu Tanda Penduduk dari setiap pendiri PT tersebut, Nomor Pokok Wajib Pajak serta Kartu Keluarga pendiri PT. Selain itu, harus menyertakan pas foto sebanyak dua lembar dari Direktur, atau jika ada lebih dari satu direktur, yang disertakan hanyalah foto direktur utamanya. Data ini penting, selain dari memikirkan besaran biaya bikin pt saja.

Kemudian, dalam pengurusan akte juga dibutuhkan dokumen tentang penguasaan tempat usaha. Dokumen tersebut terdiri dari sertifikat tanah, IMB dan juga SPPT PBB serta bukti bayar PBB terakhir. Hal tersebut apabila tempat usaha merupakan milik pribadi. Jika merupakan tempat yang disewa, maka harus menyertakan perjanjian sewa menyewa atau perjanjian pinjam apabila dipinjamkan.

Mengetahui Prosedur Pendirian PT

Biaya bikin PT juga berkaitan dengan pengurusan izin yang bermacam-macam ketika mendirikan PT. Proses pembuatan izin tersebut juga sebenarnya mudah, hanya saja prosedurnya melelahkan. Maka dari itu solusi yang sering dipilh adalah dengan menggunakan jasa perizinan. Proses pembuatan lewat jasa perizinan nantinya juga akan melalui prosedur yang sama ketika mengurus sendiri.

Hanya saja yang membedakan adalah ketika menggunakan jasa perizinan, pengusaha tidak perlu mengurus sendiri yang artinya pengusaha bisa lebih fokus terhadap perkembangan perusahaan dan hal lainnya. Terlebih lagi ada banyak jasa perizinan yang menawarkan proses pengurusan yang cepat dengan biaya yang terjangkau.

Read More :  Biaya Mendirikan PT di Tangerang Selatan atau Tangsel Cepat dan Murah

Proses pengurusan izin meliputi pengurusan akta pendirian di notaris, kemudian pengurusan pengesahan SK menteri terkait dengan pembuatan PT. Proses selanjutnya adalah mengurus SITU atau surat keterangan domisili usaha di kelurahan setempat. Selanjutnya adalah mengurus NPWP perusahaan. Hal terakhir yang ditangani adalah pengurusan SIUP dan TDP.

Menggunakan Jasa Perizinan

Salah satu hal penting lainnya adalah dengan memilih jasa perizinan yang terpercaya. Dengan menggunakan jasa perizinan yang tepat dan sudah berpengalaman di bidangnya, pengusaha bisa menekan biaya bikin PT, karena proses pengurusan izin yang bisa lebih efektif dan efisien.

Memilih jasa perizinan yang sudah terbukti dalam pengurusan izin akan menghemat waktu dan juga tenaga. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengurus segala macam izin perusahaan tersebut adalah tiga puluh hari kerja terhitung sejak semua data kelengkapan sudah diterima. Pengusaha harus memilih jasa perizinan yang sudah dipercaya terutama dengan rekomendasi.

Mendirikan perusahaan membutuhkan banyak persyaratan dan juga pengelolaan biaya bikin PT yang tidak terperinci. Maka dari itu, pilihlah kami sebagai perusahaan penyedia layanan pengurusan perizinan yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut..

Scroll to Top