Biaya Bikin PT di Bekasi

Bagi seseorang yang ingin mendirikan sebuah Perseroan Terbatas atau PT, hal yang paling memusingkan selain biaya bikin PT di Bekasi adalah tentang langkah pendiriannya. Sebenarnya, mendapatkan semua perizinan tersebut bukanlah hal yang sukar, tetapi prosesnya yang panjang seringkali membuat orang lebih memilih untuk menggunakan jasa perizinan daripada mengurusnya sendiri.

Mendirikan PT memang lebih rumit dibandingkan dengan CV karena beban tanggung jawabnya yang juga lebih besar, begitu pula dengan modal yang dibutuhkan. Sehingga, mendirikan sebuah PT tidak bisa dikerjakan asal-asalan karena akan berimbas pada masalah hukum di kemudian hari yang tentunya akan mendatangkan kerugian, yang pastinya tidak diinginkan.

Biaya bikin PT di Bekasi bisa seringkali membengkak ketika seseorang tidak mengetahui langkah yang tepat dalam mendirikan PT. Pemilihan jasa perizinan yang tidak terpercaya juga membuat mereka harus menanggung biaya lebih besar daripada ketika mengurus dengan cara yang tepat. Maka dari itu, sebelum mendirikan PT, seseorang harus tahu langkah hukum yang harus ditempuh.

Langkah Mendirikan Perseroan Terbatas

Membuat Akte

PT merupakan sebuah badan hukum yang memiliki kekuatan hukum. Maka dari itu, untuk mendirikan sebuah PT juga membutuhkan akte, sehingga perusahaan tersebut menjadi sah di mata hukum. Akte tersebut berisikan informasi yang berkaitan dengan nama perusahaan, bidang yang menaungi perusahaan tersebut, nama pemilik modal, modal yang disetor, modal dasar serta pengurus perusahaan.

Read More :  Pentingnya Fungsi Izin Niaga Migas

Pengurus perusahaan yang dimaksud meliputi direktur utama, direktur serta para komisaris. Pendirian perusahaan harus menggunakan akte sebagai surat ketetapan yang dikeluarkan pejabat berwenang.

Mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha

Seperti yang sudah tertera jelas dalam nama surat ini, maka hal yang akan tercantum di dalamnya merupakan penjelasan mengenai lokasi berdirinya perusahaan, termasuk di dalamnya mengenai kepemilikan lahan dan bangunan tempat usaha. Selain biaya bikin PT di Bekasi, pengurusan akte merupakan hal yang mendasar.

Apabila tempat usaha merupakan kepimilikan pribadi, maka perlu menyertakan bukti kepemilikan tersebut sewaktu mengurus SKDU di kantor kelurahan maupun kepala desa, tergantung lokasi perusahaan. Nantinya surat ini juga harus dibawa ke kecamatan. Bukti tersebut berupa fotokopi sertifikat tanah serta IMB. Beberapa tempat juga seringkali meminta bukti lunas pembayaran PBB.

Apabila tempat usaha yang Anda dirikan berupa tempat sewa, maka umumnya harus menyertakan perjanjian sewa menyewa. Saat mengurus SK domisili ini umumnya juga harus membayar sejumlah biaya administrasi, yang bisa dimasukkan dalam anggaran biaya bikin PT di Bekasi. Besar biaya ini bervariasi tergantung tiap kelurahan.

NPWP Perusahaan

Salinan akte perusahaan akan dibutuhkan ketika mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan, Anda juga harus menunjukkan salinan Surat Keterangan Domisili Usaha. Namun, terkadang ada pula Kantor Pelayanan Pajak yang juga mengharuskan Anda menyertakan salinan SK Menteri mengenai Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan tersebut.

Read More :  Pentingnya Urus Izin Usaha Untuk Kelangsungan Perusahaan Anda

Mengurus NPWP perusahaan di KPP sekarang ini sudah cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk pembuatannya. Tetapi tentu saja perhitungan waktu tersebut belum termasuk waktu untuk Anda mengantri mendapatkan giliran dilayani.

Mengurus Surat Lainnya

Surat keterangan selanjutnya yang harus Anda urus ketika mendirikan PT adalah Surat Keputusan Pengesahan akte Pendirian Perusahaan. SK ini dikeluarkan oleh Departemen Hukum dan HAM. Biaya bikin PT di Bekasi juga termasuk biaya pengurusan surat-surat semacam ini.  Ketika mengurus SK ini, dibutuhkan salinan SK domisili usaha dan juga akte perusahaan.

Agar perusahaan Anda dapat beroperasi, maka Anda juga harus mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan. Biasanya bersamaan dengan SIUP, Anda juga harus mengurus Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. Pengurusan kedua surat keterangan tersebut bertempat di Kantor Pemerintah Daerah Setempat.

Langkah-langkah tersebut di atas sebenarnya mudah saja dilakukan secara perorangan, tetapi tentunya Anda membutuhkan waktu dan juga tenaga karena proses mengurusnya yang panjang dan seringkali harus mengantri lama. Maka dari itu, menggunakan jasa perizinan bisa menjadi solusi yang efektif.

Selain menghemat biaya bikin PT di Bekasi, dengan menggunakan jasa perizinan semacam ini, Anda dapat menghemat waktu yang bisa dialokasikan untuk mengurus hal lainnya. Dengan menggunakan jasa perizinan terpercaya, Anda tidak perlu lagi repot dengan urusan birokrasi mendirikan perusahaan. Info harga hubungi kami

Read More :  Jasa Pengurusan Izin Usaha dan Perizinan Usaha lewat Perizinan Online
Scroll to Top