Biaya Bikin SIUP TDP SUPER CEPAT DAN LEGAL AKTA SK 3,3 JUTA

Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan merupakan dua syarat yang harus dimiliki oleh sebuah badan usaha. Biaya bikin SIUP TDP juga merupakan hal yang dipikirkan oleh para pendiri perusahaan yang mengunakan jasa perizinan. Menggunakan jasa semacam ini memang lumrah dilakukan agar lebih tepat waktu dan juga efisien.

SIUP dan TDP mutlak dimiliki badan usaha maupun perseorangan yang akan mengoperasikan usaha perdagangan. Dengan adanya dua surat izin tersebut, perusahaan yang berdiri memiliki kekuatan hukum karena resmi terdaftar. Sehingga dapat mengatasi permasalahan terkait hukum yang bisa terjadi pada masa berjalannya perusahaan.

Biaya bikin SIUP TDP tergantung dari besar kecilnya kategori usaha. Berdasarkan modal, SIUP dibagi menjadi SIUP Besar adalah izin usaha untuk perusahaan bermodal minimal Rp. 500.000.000, SIUP Menengah adalah untuk perusahaan bermodal antara Rp. 200.000.000 hingga Rp. 500.000.000. Sedangkan SIUP Kecil adalah untuk perusahaan bermodal di bawah atau sama dengan Rp. 200.000.000

SIUP harus dimiliki oleh semua pedagang, baik regional skala kecil maupun besar karena merupakan peraturan dari negara. Pengurusan SIUP dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan atau di kantor Pelayanan Perizinan yang dilakukan di domisili perusahaan tersebut.

Hal Seputar Pengurusan SIUP dan TDP

Persyaratan Administrasi

Berbeda bentuk dan jenis usaha, maka administrasi yang dibutuhkan juga berbeda. Jadi, jika Anda ingin mengurus SIUP dan TDP maka perlu mencari tahu terlebih dahulu syarat administrasi yang sesuai dengan jenis usaha Anda, apakah koperasi, PT, perseoran terbuka maupun perusahaan perseorangan. Biaya bikin SIUP TDP juga berbeda tergantung dari jenis usahanya.

Read More :  Buat PT Murah

Sebagai contoh, untuk SIUP yang ditujukan untuk Perseroan Terbatas atau PT maka dokumen yang harus disediakan sebagai syarat administrasi antara lain salinan KTP dari penanggung jawab atau direktur utama PT, bisa juga pemegang sahamnya. Salinan KK, Salinan NPWP, SITU atau Surat Keterangan Domisili. Izin Prinsip, Surat Izin Gangguan (HO).

Kemudian masih ada Salinan SK Pengesahan Badan Hukum dari Menkumham, Salinan Akta Pendirian PT oleh Menkumham, Neraca perusahaan, Materai Rp. 6.000 serta pasfoto sebanyak 2 lembar ukuran 4 x 6 dari direktur utama. Jika diminta, maka harus juga disertakan izin teknis dari instansi terkait.

Prosedur Pembuatan SIUP

Selain memperhatikan biaya bikin SIUP TDP maka seseorang juga perlu mengerti prosedur pembuatan SIUP. Walaupun tidak rumit, namun jika tidak mengetahui langkah yang benar maka proses pembuatan SIUP menjadi susah. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat SIUP adalah dengan mengisi surat permohonan atau formulir pendaftaran pada Kantor Dinas Perdagangan.

Kemudian formulir tersebut harus diisi sesuai dengan data yang benar. Formulir tersebut kemudian ditandatangi oleh direktur utama atau pemilik maupun penanggung jawab perusahaan di atas materai yang sudah disediakan. Formulir tersebut masih harus dibuat 2 rangkap salinannya. Salinan tersebut nanti harus disertakan dengan berkas yang sudah disebutkan di atas.

Selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya pembuatan SIUP. Besaran biaya ini berbeda tergantung dari ketentuan tiap kabupaten maupun kotamadya. Hal ini sudah ditentukan oleh perda setempat. Setelah dihubungi oleh pejabat terkait, maka Anda bisa mengambil SIUP di kantor tempat Anda mengurusnya. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar empat belas hari kerja.

Read More :  Alasan Ada Penurunan Biaya Buat PT 2019

Jika Anda menggunakan jasa biaya bikin SIUP TDP maka Anda hanya perlu memberikan surat kuasa dan semua persyaratan di atas akan diurus oleh pihak penyedia jasa layanan perizinan. Hal ini lebih mudah dilakukan daripada Anda harus mengurus sendiri. Apalagi penggunaan jasa semacam ini sudah sangat lumrah terjadi.

SIUP Wajib Bagi Usaha

SIUP dan TDP sangat penting demi keberlangsungan perusahaan Anda. Dengan adanya surat tersebut, nama perusahaan Anda sudah terdaftar secara resmi. Anda tidak perlu was-was jika ada yang mempermasalahkan mengenai lokasi perusahaan Anda, maupun protes tentang gangguan lingkungan. Sebab dengan Anda mendapatkan surat izin, otomatis sudah lolos dari dua masalah tersebut.

Pengurusan SIUP dan TDP memang mudah, namun untuk mendirikan sebuah perusahaan tidaklah cukup hanya dengan dua surat tersebut. Masih banyak persyaratan lain yang harus disertakan. Maka dari itu, butuh waktu dan tenaga untuk bisa mengurus semuanya hingga selesai.

Untuk menghemat biaya bikin SIUP TDP serta tenaga Anda, gunakan jasa perizinan terpercaya dan juga pengalaman di bidang perizinan agar Anda tidak perlu lagi kerepotan dan bisa lebih efektif . Info harga hubungi kami

Scroll to Top