Biaya Jasa Mendirikan PT

PT atau Perseroan Terbatas merupakan sebuah badan usaha yang memiliki kekuatan hukum dengan semua modalnya ada dalam bentuk saham. Dalam pendiriannya, selain modal, hal yang perlu dipikirkan adalah pengurusan perizinan. Umumnya pengusaha lebih memilih mengeluarkan biaya jasa mendirikan pt daripada harus mengurus perizinannya secara mandiri.

Hal ini wajar saja, sebab mengurus perizinan untuk mendirikan PT membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Begitu pula dengan tenaga yang dibutuhkan. Sehingga pengurusan izin yang terkait dengan birokrasi memang melelahkan, terlebih untuk seorang pengusaha yang sibuk. Solusi menggunakan jasa perizinan memang sudah menjadi sesuatu yang lumrah.

Biaya jasa mendirikan pt tergantung dari besar kecilnya PT, dan juga tergantung dari profesionalitas yang ditawarkan oleh jasa tersebut. Mahal atau tidak sebenarnya itu masalah yang relatif. Namun jika dilihat dari penghematan waktu dan tenga, serta keuntungan lain yang akan didapatkan pengusaha, biaya untuk mendirikan PT hanyalah bagian kecil.

Prosedur pengurusan izin mendirikan pt yang dilakukan oleh perorangan maupun dengan jasa perizinan tidaklah berbeda. Semua akan melalui proses yang sama. Hanya saja, dengan menggunakan jasa perizinan, pengusaha tidak perlu direpotkan dengan segala perihal yang berhubungan dengan kerumitan birokrasi.

Prosedur Mendirikan PT Lewat Jasa Perizinan

Mengirimkan Kelengkapan Data Yang Dibutuhkan

Kelebihan dari menggunakan jasa perizinan adalah Anda tidak perlu repot dengan urusan berkas. Anda tinggal mengirimkan data yang dibutuhkan kepada perusahaan jasa perizinan dan melakukan pembayaran uang muka untuk pengurusan izin, dan Anda tinggal menunggu hasil dari pengurusan tersebut. Semua biaya jasa mendirikan pt sudah termasuk semua pengurusan izin hingga terkirim ke klien.

Read More :  Biaya Pembuatan CV di Notaris, Murah dan Terpercaya

Ada pun data yang harus diserahkan meliputi opsi nama perusahaan yang akan didaftarkan ke Departemen Hukum dan HAM, jumlah opsi tersebut umumnya adalah tiga buah. Kemudian juga menyertakan alamat dan nomor telepon perusahaan. Yang tidak kalah penting adalah kategori perusahaan, apakah kecil, menengah atau besar.

Data juga harus menyertakan jumlah modal dasar dan modal setor perusahaan bersama dengan daftar susunan pengurus, termasuk di dalamnya adalah komisaris dan juga direktur. Selanjutnya adalah mengenai bidang usaha yang akan tertera dalam SIUP dan TDP. Semuanya harus dikirimkan kemudian menyertakan biaya jasa mendirikan pt sesuai kesepakatan awal.

Proses Pengurusan Izin

Proses bermula dari pendaftaran nama PT ke Depkumham yang akan dilakukan oleh notaris. Pendaftaran ini biasanya memakan waktu 3 hingga 5 hari kerja. Kemudian berlanjut dengan pengurusan pembuatan draft akta pendirian PT yang juga dilakukan oleh notaris dan lalu ditandatangi oleh para pendiri PT.

Draft yang sudah ditandatangani dikembalikan kepada notaris untuk kemudian diproses menjadi akta pendirian PT yang biasanya memakan waktu 3 hingga 4 hari kerja.

Proses selanjutnya yang menjadikan biaya jasa mendirikan pt sesuai dengan kebutuhannya adalah pengurusan Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Pengurusan ini dilakukan di kantor Kelurahan dan Kecamatan yang sesuai dengan domisili dari perusahaan tersebut. Pengurusan dokumen ini membutuhkan waktu hingga 7 hari kerja.

Pengurusan selanjutnya adalah tentang Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan yang akan diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan domisilinya. Waktu pengurusan sekitar 7 hari kerja hingga terbit NPWP asli. Kemudian dilanjutkan dengan pengurusan penerbitan SK pendirian PT yang nantinya disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.

Read More :  Biro Jasa Pembuatan PT Berpengalaman di Jakarta

Lama proses pengurusan pengesahan tersebut sekitar 20 hingga 25 hari kerja sejak draft akta pendirian ditandatangani. Selanjutnya adalah pengurusan Surat Izin Umum Perdagangan yang dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Surat izin ini penting untuk setiap badan usaha. Bersamaan dengan pengurusan SIUP biasanya juga dilakukan pengurusan TDP.

TDP atau Tanda Daftar Perusahaan merupakan bukti perusahaan tersebut sudah resmi didaftarkan sesuai dengan peraturan di dalam UU Nomor 3 tahun 1982. UU tersebut memuat segala sesuatu mengenai wajib daftar perusahaan. Sehingga semua badan usaha yang akan beroperasi harus resmi terdaftar agar mudah dilakukan pemantauan.

Biaya jasa mendirikan pt sebenarnya tidak mahal, terutama jika data yang Anda berikan sudah lengkap. Memilih jasa pengurusan izin yang berpengalaman akan membuat waktu Anda lebih efektif dan efisien karena proses pengurusannya yang lebih tepat dan cepat. Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa perizinan kami yang sudah terbukti kinerjanya. Info harga hubungi kami

Scroll to Top