Biaya Jasa Notaris : Dari Pembuatan PT Hingga CV

Jakarta, IzinMudah.Com – Notaris merupakan salah satu jenis pekerjaan dalam kawasan hukum yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Sebab notaris mempunyai peranan yang penting dalam pengurusan legalitas bisnis suatu perusahaan dengan bentuk badan usaha mulai dari Perseroan Terbatas (PT), CV, Perorangan hingga firma.

Biaya jasa notaris merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh pengusaha yang akan meminta bantuan jasa pengurusan pembuatan perusahaan. Sebab beberapa notaris menawarkan harga yang berbeda.

Kelebihan Menggunakan Jasa Notaris

Notaris selain mempunyai peranan penting dalam legalitas suatu bisnis di mata hukum juga dapat mengatasi permasalahan sengketa hukum baik dalam perdata ataupun perdana.

Hal yang juga dapat dilakukan oleh notaris yaitu pengurusan akta tanah, perubahan anggaran dasar dalam perusahaan hingga pembuatan akta perjanjian dan masih banyak lagi. Sehingga keberadaan profesi ini sangat penting di tengah-tengah kalangan masyarakat karena peranan dan jasa yang ditawarkan olehnya.

Keberadaan jasa notaris sangat menguntungkan masyarakat karena dapat mengefektifkan tenaga, waktu hingga biaya. Hal membuat banyak pengusaha yang menggunakan jasa notaris untuk mendirikan badan usahanya, mulai dari PT hingga CV. Sebab seluruh pengurusan data terkait dengan pendirian perusahaan akan diurus oleh notaris yang telah dipilih oleh pengusaha tersebut.

Proses dan tahapan dari pekerjaan yang berkaitan dengan jasa notaris akan sepenuhnya dilaksanakan oleh notaris setelah pengusaha ataupun masyarakat menyerahkannya kepada notaris. Salah satu contohnya yaitu dalam pengurusan pembuatan badan usaha, entah dengan bentuk PT ataupun CV dan yang lainnya.

Read More :  Cara Membuat PT yang Mudah dan Cepat Bagi Usaha Pemula

Hal ini membuat biaya jasa notaris menjadi sangat beragam dan bervariasi. Biaya yang dikenakan tersebut berdasarkan dari pengurusan apa yang akan dilakukan oleh notaris.

Terkait dengan jasa notaris dalam pengurusan pembuatan perusahaan, salah satu hal yang ditawarkan oleh jasa ini yaitu masyarakat dapat memperoleh surat domisili perusahaan dengan lebih mudah.

Melihat pengurusan pembuatan surat domisili perusahaan yang harus dilakukan mulai dari tingkat RT hingga ke kecamatan, penggunaan jasa notaris merupakan pilihan yang tepat. Sebab pengusaha ataupun masyarakat dapat mendapatkan surat domisili dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, biaya jasa notaris bergantung pada lamanya waktu pengerjaan yang diberikan oleh pengusaha. Semakin cepat waktu pengurusan pendirian perusahaan, maka semakin tinggi pula biaya pengurusan yang harus dibayarkan.

Sebab jasa notaris menawarkan jasa untuk membantu pengurusan administrasi dengan lebih singkat dan tidak memakan waktu serta tenaga yang banyak.

Notaris juga dapat membantu dalam mengurus pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan yang baru saja berdiri. Terkait dengan tugas jasa notaris yang bersifat administratif, pengurusan NPWP perusahaan dengan menggunakan jasa ini juga akan menjadi lebih cepat dan tepat. Hal tersebut karena jasa notaris menawarkan berbagai jenis pengurusan yang berkaitan dengan posisi suatu hal di mata hukum.

Biaya Pembuatan PT Dan CV Di Notaris

Biaya jasa notaris yang ditawarkan kepada masyarakat tentunya sebanding dengan layanan yang diberikan oleh profesi ini. Salah satunya yaitu penawaran yang dilakukan dalam pengurusan pendirian suatu perusahaan seorang pengusaha.

Read More :  Jasa Notaris Murah, 3,3 Juta Di Jakarta Berpengalaman Sejak Lama

Dana yang perlu dikeluarkan oleh pengusaha yang akan mendirikan perusahaan tersebut sama dengan hasil yang akan didapatkan oleh pengusaha. Sehingga penggunaan jasa ini untuk membantu pengurusan administratif yang berkaitan dengan hukum merupakan pilihan yang tepat.

Salah satu biaya jasa notaris dalam pengurusan pendirian perusahaan yaitu biaya dalam pendirian PT ataupun CV. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengusaha dalam mendirikan Perseroan Terbatas dengan paket pengurusan hingga selesai terdapat pada kisaran Rp 10 juta hingga Rp 15 juta.

Sedangkan untuk biaya pembuatan CV dengan paket lengkap yaitu sekitar Rp 6 juta hingga Rp 9 juta, tergantung dari lokasi pendirian perusahaan tersebut.

Scroll to Top