Biaya Jasa Notaris

Dalam segala hal yang berkaitan dengan hukum, salah satu pejabat yang kerap diikutsertakan adalah notaris. Biaya jasa notaris berbeda-beda, tergantung kasus yang dihadapi dan juga pengalaman dan profesionalitas notaris tersebut. Notaris sendiri merupakan pejabat umum yang memiliki tugas dalam pembuatan akta asli atau tugas lain yang sudah dimuat dalam undang-undang.

Tugas dan kewenangan notaris sudah tertuang di dalam UU no. 30/2004 atau yang kerap dikenal dengan UUJN atau Undang-undang Jabatan Notaris. Dalam UU tersebut dimuat semua hal mengenai posisi notaris dalam kedudukannya di mata hukum.

Mengenal Segala Hal Mengenai Notaris

Kewenangan

Dalam menetapkan biaya jasa notaris harus melihat kewenangan yang dilakukan oleh notaris tersebut. Sebab besar tanggung jawab yang mereka emban akan mempengaruhi biaya profesional mereka. Kewenangan notaris tersebut antara lain adalah membuat akta otentik yang berisi tentang ketetapan maupun perjanjian. Notasi juga berwenang mengesahkan tanda tangan yang ada dalam akta tersebut.

Selain itu kepastian tanggal surat juga ditetapkan oleh notaris. Pencatatan surat yang dihasilkan di bawah tangan juga merupakan kewenangan notaris beserta pembuatan salinan dari surat-surat tersebut. Apabila ada salinan dari sebuah surat asli, notarislah yang memiliki kewenangan penuh menyatakan salinan tersebut benar atau tidak sesuai dengan surat aslinya.

Selain itu kewenangan yang paling terkenal dari seorang notaris adalah menerbitkan akta jual beli dan juga sertifikat tanah. Kewenangan ini adalah kewenangan khusus seorang notaris yang menentukan biaya jasa notaris. Dalam kaitan tersebut di atas, akta pendirian sebuah badan usaha juga harus melalui seorang notaris terlebih dahulu. Ranah hukum privat adalah area dari tugas dan kewenangan notaris.

Read More :  Jenis Izin Pengolahan Minyak dan Kendala dalam Pengajuannya

Etika Profesi

Sebagai sebuah profesi, notaris juga memegang kaidah-kaidah umum yang membuatnya tidak boleh sewenang-wenang dalam menerbitkan sebuah keputusan. Seorang notaris harus mempunyai sifat tanpa pamrih, sebab sebuah profesi adalah peyananan. Sebagai pelayan masyarakat, maka notaris harus memiliki ciri khas tersebut dalam membantu permasalahan dan juga mengembangkan profesinya.

Biaya jasa notaris selalu berbanding lurus dengan keprofesionalitasan. Perlakuan profesional tersebut terlihat dari selalu mendahulukan kepentingan pihak yang mencari keadilan yang tentunya berdasar pada nilai-nilai luhur yang tentu sudah dipahami dan dipegang seorang notaris sebagai pejabat hukum.

Dalam pengembangan profesinya, seorang notaris juga harus mengacu pada masyrakat secara keseluruhan. Selain itu, dalam persaingan di dunia profesi, seorang notaris harus selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran. Persaingan dilakukan secara sehat sehingga mutu dalam pelayanan bisa terus dijaga dan ditingkatkan.

Ciri Notaris Yang Terpercaya

Saat hendak mendirikan perusahaan, dibutuhkan akta pendirian yang diterbitkan oleh notaris. Akta ini adalah hal mendasar, maka dari itu pejabat yang menerbitkannya juga harus seorang profesional yang resmi dan juga terpercaya. Hal ini untuk menghindari masalah hukum yang lebih pelik di masa mendatang saat perusahaan sudah beroperasi.

Biaya jasa notaris selalu dimasukkan dalam anggaran pendirian perusahaan maupun perjanjian jual beli lainnya. Sebab keputusan notaris sangat menentukan kekuatan hukum sebuah perjanjian. Untuk itu, seseorang harus mengetahui resmi atau tidaknya notaris tersebut. Memilih notaris dengan rekam jejak yang baik juga akan menghindarkan Anda dari masalah serius.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru di Bekasi

Seorang notaris yang profesional juga tidak enggan memberikan bantuan hukum seadil-adilnya bagi mereka yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang dari pemohon. Namun, harus juga tetap berdasarkan pada hukum dan ketetapan yang berlaku, serta menjunjung tinggi etika profesi.

Pentingnya notaris dalam setiap perjanjian membuat profesi ini sangat penting dan merupakan salah satu pihak yang akan diajak kerja sama oleh banyak pihak, termasuk jasa perizinan.

Dalam pendirian perusahaan, misalnya, dibutuhkan akta pendirian dari notaris yang nantinya akan menjadi dasar pengesahan Surat Keputusan Pendirian PT yang diterbitkan oleh Menteri Hukum dan HAM. Untuk mengurus pendirian sebuah perusahaan, dibutuhkan proses yang panjang, begitu pula dengan perjanjian jual beli.

Solusi paling mudah dalam mengurus perizinan tersebut dan biaya jasa notaris tentunya adalah menghubungi jasa penyedia layanan pengurusan perizinan. Dengan menggunakan jasa tersebut, Anda tidak perlu lagi kerepotan dalam mengurus izin apapun. Semua kemudahan diberikan untuk Anda, termasuk juga dengan harga terjangkau yang tentunya bersaing. Info harga hubungi kami

Scroll to Top