Biaya Membuat PT

Biaya membuat PT banyak dicari oleh para pengusaha yang baru saja akan mendirikan PT ataupun sudah memiliki perusahaan sejak lama namun belum dilengkapi dengan perizinan resmi dari pemerintah berupa akta PT. Seperti yang Anda ketahui bahwa akta PT sangat diperlukan demi kelancaran dan kemajuan sebuah perusahaan. Dengan Adanya perusahaan jasa yang menawarkan pembuatan akta PT ini semakin memudahkan Anda dalam memiliki akta PT.

Dari banyaknya perusahaan jasa pembuatan akta PT tidak semuanya bisa dipercaya karena ada beberapa perusahaan jasa pembuatan dokumen perusahaan yang abal-abal sehingga tidak bisa dipercaya. Untuk menghindari jasa pembuatan akta PT yang tidak resmi maka sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih jasa pembuat akta ini. Sebagai konsumen Anda jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah, namun selidiki terlebih dahulu rekam jejaknya agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari seperti tertipu misalnya.

Informasi Mengenai Biaya Membuat PT

Pengertian Mengenai PT

Sebelum membahas lebih jauh mengenai biaya membuat PT yang diperlukan, ketahui lebih dulu mengenai PT itu sendiri sehingga Anda bisa menentukan akan mendaftarkan perusahaan sebagai PT ataukah jenis usaha lain. PT (Perseroan Terbatas) adalah suatu badan hukum persekutuan modal yang dibentuk atas suatu perjanjian tertentu untuk melakukan suatu kegiatan usaha dengan modal awal yang terbagi dalam saham dan telah memenuhi segala persyaratan dalam Undang-undang Perseroan Terbatas beserta dengan peraturan pelaksanaannya.

Read More :  Buat PT Murah Cepat

Suatu perusahaan bisa dikatakan perseroan terbatas apabila telah disertai akta yang ditandatangani di hadapan notaris beserta para pendirinya. Untuk status badan hukum PT sendiri didapatkan setelah akta pendirian disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI.

Syarat Pendirian PT

Untuk mendapatkan akta pendirian sebuah PT dibutuhkan beberapa dokumen beserta dengan beberapa syarat administratif. Syarat utama yang harus ada dalam pembuatan sebuah PT adalah akta perusahaan. Akta perusahaan berisi data mengenai nama perusahaan, nama-nama pemilik modal, bidang usaha yang dijalani, modal dasar yang dimiliki, besarnya modal yang disetorkan, manajerial perusahaan dan lain sebagainya.

Terlepas dari Biaya membuat PT, untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas harus memiliki surat keterangan domisili usaha. Surat keterangan domisili merupakan izin yang dikeluarkan oleh pemerintahan setempat terkait dengan perusahan yang Anda dirikan. Biasanya surat domisili dikeluarkan oleh kepala desa atau kecamatan. Untuk membuat surat keterangan domisili ini Anda diharuskan memiliki akta perusahaan terlebih dahulu.

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP juga harus dimiliki untuk mengantongi akta PT. NPWP ini digunakan untuk mengurus segala sesuatu yang bersangkutan dengan perpajakan. Selain itu NPWP juga dibutuhkan saat Anda hendak membuat SIUP yang dibutuhkan ketika Anda baru saja mendirikan sebuah usaha. Perlu Anda ketahui bahwa dalam mengurus SIUP ada banyak sekali dokumen yang dibutuhkan.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru di Bekasi

SK pengesahan Akta Pendirian Perusahaan wajib ada saat akan membuat PT. SK pengesahan ini berfungsi sebagai legalisasi sebuah PT menjadi badan hukum. Untuk mendapatkan SK ini dibutuhkan akta perusahaan dan juga surat domisili usaha.

Syarat Administrasi Pembuatan PT

Apabila Anda memanfaatkan perusahaan jasa pembuatan akta PT maka selain membayar biaya membuat PT juga harus menyertakan beberapa dokumen seperti berikut ini:

  1. Identitas diri secara lengkap pendiri PT beserta dengan KTP
  2. Identitas lengkap para direksi beserta dewan komisaris ketika perusahaan didirikan
  3. Konfirmasi mengenai status kewarganegaraan dan bisa dibuktikan dengan menggunakan KTP
  4. Untuk pembuatan akta yang diwakilkan maka harus disertai dengan surat kuasa dari yagn bersangkutan
  5. NPWP dari PT yang akan didirikan
  6. Fotokopi direktur beserta komisarisnya
  7. Fotokopi KK direktur utama
  8. Foto direktur perusahaan berukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar
  9. Surat pengantar dari kantor kelurahan terkait dengan izin domisili
  10. Daftar nama-nama pemegang saham yang telah membeli saham disertai dengan rincian nominal saham yang disetor.

Keuntungan Memiliki Izin Usaha

Memang biaya yang diperlukan untuk membuat akta resmi tidaklah murah. Namun banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh apabila sudah mengantongi akta PT secara resmi. Beberapa keuntungan tersebut seperti:

  1. Suatu usaha yang tercatat secara resmi maka akan memiliki perlindungan hukum dari pemerintah sehingga ada rasa nyaman dan aman dalam menjalankan usaha.
  2. Untuk usaha yang berkaitan dengan tender maka dengan kepemilikan akta PT bisa mengikuti tender
  3. Meningkatkan kredibilitas konsumen terhadap perusahaan Anda
  4. Usaha berkembang semakin pesat karena dengan kepemilikan izin usaha membuat Anda lebih mudah mendapatkan investasi ataupun kredit.
Read More :  Syarat dan Biaya Pembuatan PT 2019 yang Perlu Diketahui

Apabila Anda berniat untuk membuat akta PT secara resmi maka bisa memanfaatkan jasa kami karena sudah berpengalaman sejak tahun 2001 sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Untuk kebutuhan pengurusan izin dokumen perusahaan Anda maka segera hubungi kontak kami baik melalui line telepon ataupun email.

Scroll to Top