Biaya Mengurus PT

Biaya Mengurus PT harus Anda ketahui apabila ingin mendirikan PT. Selain itu harus memahami tentang syarat-syaratnya juga. Sejak awal tahun, Pemerintah berupaya mempermudah syarat dan prosedur dalam memulai usaha. Hal tersebut karena jumlah pengusaha yang ada di Indonesia sangat sedikit dibanding negara tetangga. Mendirikan usaha baru bisa memberi nilai tambah sebab dapat membuka lapangan pekerjaan lebih banyak serta menggerakkan perekonomian lokal. Salah satu inisiatif Pemerintah adalah mempermudah pendirian PT (Perseroan Terbatas).

Prosedur dan Biaya Mengurus PT Yang Wajib Anda Tahu

Modal Mendirikan PT

Dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas. Modal dasar PT adalah Rp 50 juta, minimal 25% nya sebagai. Persyaratan ini sering menjadi kendala untuk Anda yang ingin mendirikan PT  dengan modal pas-pasan. Padahal Anda paham mendirikan PT memiliki badan hukum bisa mengurangi risiko berbisnis dikemudian hari.

Pemerintah kemudian mengeluarkan sebuah aturan baru yaitu besaran modal dasar pendirian PT bergantung pada kesepakatan pendirinya. Hal tersebut ada di dalam PP Nomor 29 pada 2016 mengenai perubahan modal dasar perseroan. Meskipun demikian, persyaratan modal tersebut hanya berlaku untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tempat Usaha Anda di Virtual Office

Sebagian orang yang ingin mendirikan PT terkadang terhalang oleh domisili atau tempat usaha. Apabila tidak ada tempat untuk mendirikan usaha yang sesuai dan juga tepat. Maka Anda akan sulit mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dari badan usaha. Padahal SKDP cukup penting untuk bisa mendapatkan dokumen usaha lainnya. Misalnya NPWP, TDB, Surat Izin Usaha Perdagangan atau izin usaha lainnya.

Read More :  Jasa Pengurusan PT Jakarta yang Terpercaya dan Legal

Biasanya yang biayanya tidak cukup untuk mendirikan kantor sendiri maka solusinya adalah menyewa kantor untuk domisili usaha. Hal tersebut disebabkan karena biaya yang tidak cukup. Oleh karena itu, domisili di Virtual Office jadi pilihan yang hemat. Memang terdapat persyaratan tambahan jika Anda akan menggunakan Virtual Office. Salah satunya yaitu harus ada direksi PT memiliki KTP daerah setempat. Dengan demikian Biaya Mengurus PT bisa lebih murah.

Tentukan Bidang Usaha Anda Sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)

Apabila Anda ingin menentukan bidang usaha, poin-poin berikut ini perlu diperhatikan:

  • Anda dapat memilih bidang usaha apa saja, kecuali yang dilarang peraturan dan tertutup.
  • Bidang usaha Anda pilih harus tertera dan dimasukkan di akta pendirian PT.
  • Bidang usaha tersebut menentukan izin usaha yang harus Anda miliki.
  • Pilihlah bidang usaha yang lebih spesifik serta sesuai KBLI. Jika ingin bisnis perdagangan umum, misalnya perdagangan pakaian eceran terdapat dalam kode 4771.
  • Perhatikan kode KBLI dengan teliti sebab terkait dengan prosedur izin usaha untuk bisnis Anda.

KBLI merupakan klasifikasi kegiatan ekonomi yang jadi rujukan untuk instansi terkait guna melihat kode bidang usaha. Nantinya akan digunakan untuk menentukan jenis izin usaha apakah yang sesuai dan Biaya Mengurus PT. Untuk perdagangan umum, akan dimuat di Surat Izin Usaha Perdagangan kode usahanya dan dicantumkan di Tanda Daftar Perusahaan.

Read More :  Pertimbangan Teknis Setrika

Persyaratan BPJS Ketenagakerjaan

Meskipun sederhana, persyaratan BPJS adalah prosedur mendirikan PT yang sering menjadi kendala. Pengurusan secara online masih memakan waktu lama daripada secara manual. Berdasarkan pengalaman, prosedur manual Anda akan diminta langsung datang ke kantor BPJS dan belum tentu bisa diselesaikan pada hari itu juga. Mengapa BPJS Ketenagakerjaan penting? Karena menjadi persyaratan untuk mengurus SKDP. Tanpa SKDP tentunya akan sulit mendapatkan dokumen yang legal. Untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan diperlukan beberapa dokumen sebagai berikut

  • Formulir yang telah diisi.
  • Surat pengesahan dari Kementerian Hukum serta HAM.
  • Akta pendirian PT.
  • KTP serta NPWP karyawan PT.

Setelah permohonan terverifikasi, Anda mendapatkan email penetapan besaran iuran yang pertama. Kemudian ada formulir online yang harus diisi sebelum mendapat lembar kode iuran. Dengan kode iuran tersebut, Anda setor iuran pertama BPJS Ketenagakerjaan. Akhirnya dapat mengambil sertifikat BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJS atas nama PT.

Nah demikianlah persyaratan dalam mendirikan PT. Sedangkan untuk masalah Biaya Mengurus PT sangat terjangkau. Info harga hubungi Kami agar bisa lebih jelas dan detail.

Scroll to Top