Biaya Notaris Pembuatan PT Tidak Murah Namun Hasilnya Sangat Sepadan

Bagi setiap perusahaan yang ingin berdiri di Indonesia, maka mereka wajib untuk memiliki akta pendirian dan berbagai macam dokumen pendukung penting lain sehingga kegiatan usaha bisa dilakukan dengan lancar.

Biaya notaris pembuatan PT sangat bervariasi tergantung dengan daerah maupun tingkat kerumitan yang harus dihadapi dalam proses pendirian PT. Namun meskipun semuanya tidak ada yang murah, dokumen yang dikeluarkan notaris sifatnya legal dan penting.

Apa yang Dipersiapkan Sebelum Mengetahui Rincian Biaya Notaris Pembuatan PT

Semua badan usaha perlu memiliki dan memegang akta pendirian karena ini dapat pula dikatakan sebagai landasan bagi perusahaan Anda untuk berdiri dengan kokoh tanpa kendala sedikitpun.

Dengan membayar biaya notaris pembuatan PT, maka Anda nantinya akan memperoleh dokumen penting berupa akta pendirian yang sangat rahasia dimana dokumen tersebut sudah dilegalisasi oleh notarisnya sesuai dengan tempat domisili dimana perusahaan itu berdiri dan akta akan menggambarkan aturan dan tujuan perusahaan.

Jadi dalam proses pendirian PT, akta ini dapat dikatakan sebagai jantungnya karena jika tidak ada ini, maka Anda pun tidak akan pernah bisa melakukan proses produksi apapun di dalamnya karena perusahaan Anda tidak dapat diakui di depan negara.

Notarislah yang akan melakukan pengesahan dan mengeluarkan akta ini di depan para saksi yang terdapat di dalamnya. Data penting yang berada dalam akta ini terdiri dari beberapa faktor penting tentang perusahaan termasuk detail informasinya.

Read More :  Jasa Bikin PT Jakarta

Di dalam akta yang diberikan oleh notaris ini, Anda akan melihat pula tanggal pendiriannya dan akta ini tidak boleh hilang atapun Anda simpan di sembarang tempat karena mengurusnya tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar bahkan dapat disalahgunakan.

Meskipun notaris yang akan mengurus segala macam urusan tentang pendirian, namun tetap saja diperlukan berbagai macam dokumen penting yang harus disiapkan sebagai syarat sehingga notaris juga bisa mengurus dengan cepat.

Biaya Notaris Pembuatan PT Sepadan Dengan Hasil Akta Pendiriannya

Ada banyak sekali hal penting yang nantinya perlu Anda persiapkan khususnya ketika akan menghadap kepada notaris seperti sudah memegang nama-nama pihak yang ditunjuk dan juga menjadi pemegang saham dalam perusahaan yang akan didirikan itu.

Bukan hanya nama pemegang sahamnya saja melainkan juga nama pengurus di dalam perusahaan itu mulai dari direktur dan komisaris. Bila dalam satu perusahaan direkturnya lebih dari 1 orang, maka tidak perlu dicantumkan semuanya.

Nama yang dicantumkan hanya direktur utama saja. Hal yang sama juga berlaku untuk komisarisnya. Sampaikan hal ini dengan sangat baik dan detail sekaligus tujuan dengan dibentuknya perusahaan itu.

Saat semua draft sudah dipersiapkan dengan baik, maka seluruh pihak yang merupakan pemegang saham akan melakukan tanda tangan di hadapan para notarisnya langsung. Selanjutnya notaris pun akan mengurus pengesahan akta itu kepada Menkumham dan butuh waktu lebih dari 2 hari.

Read More :  Jasa Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Syaratnya

Namun meskipun Anda harus menunggu cukup lama, hasilnya tetap sangat sepadan karena ini merupakan hal penting yang nantinya akan digunakan kembali untuk melakukan pengurusan perizinan yang lainnya.

Anda tidak akan bisa mengurus SIUP dan sebagainya lagi apabila tidak memiliki akta ini dan notaris merupakan orang yang menerbitkannya untuk Anda setelah resmi disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham.

Ini akan membuat Anda mulai berbisnis kembali. Dengan kata lain, meskipun Anda harus bayar biaya notaris pembuatan PT yang tidak murah, namun apa yang Anda peroleh akan bertahan lama dan penting karena dengan demikian, perusahaan Anda sudah benar-benar terlihat jelas di mata hukum dan tidak melanggar apapun.

Bahkan bila Anda memiliki kenalan jasa pengurusan perizinan, maka proses pembuatan akta pun oleh notaris akan berjalan dengan sangat lancar dan tanpa masalah sama sekali sehingga Anda siap beroperasi.

Scroll to Top