Biaya Notaris Pendirian Yayasan

Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan Biaya Notaris Pendirian Yayasan, ada baiknya kita pahami betul apa definisi dari yayasan itu?  Yayasan adalah badan hukum yang diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu baik dalam bidang keagamaan, sosial ataupun kemanusiaan, dimana kekayaan yang dimilikinya dilakukan secara terpisah. Yayasan mempunyai kekayaan sendiri yang dipisahkan dari kekayaan pendiri ataupun kekayaan pengurusnya yang digunakan untuk modal awal dalam melaksanankan kegiatan.

Jumlah kekayaan awal untuk Yayasan telah diatur dalam UU Yayasan Pasal 6 PP No. 63 Tahun 2008 terkait Pelaksanaan UU mengenai yayasan yaitu senilai Rp. 10.000.000. Senilai yang ditetapkan disini tidak hanya berbentuk uang (nominal) melainkan juga dapat berbentuk barang (bergerak ataupun tidak bergerak). Namun, sebelum kita membahas berapa biaya yang ditetapkan dalam mendirikan yayasan melalui notaris ada baiknya kita pahami beberapa hal penting terkait dengan pendirian yayasan.

Dasar Hukum, Syarat dan Dokumen dan Biaya Notaris Pendirian Yayasan

Dasar Hukum Pendirian Yayasan

Hal paling penting dan mendasar yang perlu Anda ketahui adalah mengenai dasar hukum dalam pendirian yayasan. Adapun dasar hukumnya berlandaskan dari Undang – Undang nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomoer 16 Tahun 2001 mengenai Yayasan. Selain itu didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 mengenai Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan.

Syarat dan Dokumen Pendirian Yayasan

Read More :  Setelah Pahami Syarat Pendirian PT, Apa Langkah Berikutnya?

Setelah mengetahui dasar hukum dalam pendirian Yayasan maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan selain Biaya Notaris Pendirian Yayasan yaitu syarat-syarat dan dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah mendapatkan Surat Keputusan Menteri serta akta notaris pendirian yayasan.

Penentuan Nama Yayasan

Langkah awal yang harus disiapkan saat ingin mendirikan yayasan adalah menentukan nama yayasan yang akan dipilih. Perlu Anda ingat, bahwa nama yayasan yang akan dipilih nantinya tidak akan langsung mendapat persetujuan dari departemen hukum dan HAM. Hal ini dikarenakan nama yang diajukan biasanya telah terpakai, oleh karena itu sebaiknya siapkan nama yayasan tidak hanya satu untuk antisipasi jika nantinya ditolak. Tidak hanya nama yayasan saja, namun Anda juga harus menyiapkan logo yayasan yang akan digunakan.

Penentuan Bidang

Selain menentukan nama serta logo yayasan, maka ada hal penting lainnya yang tidak dapat dihiraukan yaitu penentuan bidang yang akan dijalani harus jelas. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwasannya yayasan dapat diperuntukkan untuk bidang sosial, keagamaan atau kemanusiaan. Oleh karena itu, Anda harus menentukan bidang apa yang akan dipilih. Misalnya yayasan yang bergerak dibidang sosial.

Syarat Administrasi Pendiri

Sebelum menentukan besarnya Biaya Notaris Pendirian Yayasan maka sebaiknya lengkapi persyaratan administrasinya terlebih dahulu. Bagi sekelompok orang yang akan mendirikan yayasan, jika memang belum mempunyai struktur yayasan yang jelas maka sebaiknya segeralah bentuk struktur organisasi yayasan khususnya untuk pendiri, pembina serta pengurus harian lainnya yang terdiri dari sedikitnya 5 orang. Jika telah selesai, maka siapkan Fotocopy KTP dari semuanya, foto terbaru yang berwarna ukuran 3×4 (jumlah 4 lembar) dan Fotocopy NPWP Pendiri atau ketua.

Read More :  Biaya Notaris Pembuatan Pendirian Perusahaan

Menuju ke Notaris

Apabila persyaratan dan dokumen yang telah kami sebutkan diatas telah lengkap, maka Anda dapat membawa ke notaris. Setelah itu, dokumen akan diajukan oleh notaris ke Departemen Hukum dan HAM. Jadi harus menunggu terlebih dahulu, kurang lebih 2 mingguan jika pengecekan nama yayasan disetujui maka akan ditandatangani dihadapan notaris.

Anggaran Dasar

Sebelum Anda membayar Biaya Notaris Pendirian Yayasan maka Anda harus memperhatikan mengenai anggaran dasar terlebih dahulu. Anggaran dasar yayasan yang sudah disetujui selanjutnya ditandatangani oleh pendiri atau ketua yayasan serta semua pengurus harian. Setelah itu, anggaran dasar akan diajukan melalui notaris dan diserahkan kepada pihak kementrian hukum dan HAM untuk mendapatkan pengesahan Menteri.

Informasi Biaya Pendirian Yayasan

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwasannya proses mengurus pendirian yayasan tidaklah sulit. Hanya saja, jika Anda tidak terbiasa terjun secara langsung dalam urusan hukum dan mengurusi syarat-syarat administrasi yang harus disiapkan maka dapat menyerahkan kepada kami. Terkait dengan Biaya Notaris Pendirian Yayasan Anda dapat langsung menghubungi kami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Scroll to Top