Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan

Akta pendirian usaha memang mempunyai beberapa manfaat penting dalam melancarkan usaha yang akan didirikan oleh badan tertentu. Tak heran jika akhirnya referensi terkait dengan Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan banyak dicari mereka. Adanya akta notaris perusahaan maka  usaha yang akan dijalankan telah terjamin legal secara hukum di negara kita. Akta pendirian usaha berisi mengenai profil dan hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan seperti nama perusahaan, tanggal pendirian usaha, modal yang dikeluarkan, kepengurusan dan anggota perusahaan, tujuan usaha didirikan dan lainnya.

Bentuk Akta pendirian perusahaan terdari dari 4 jenis bentuk usaha seperti PT, CV, Perseorangan dan Firma. Masing-masing bentuk usaha tersebut tentu mempunyai tanggung jawab tersendiri. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya dalam pembuatan akta perusahaan. Anda wajib mengenali terlebih dahulu dari masing-masing bentuk usaha manakah yang akan dipilih. Informasi lengkapnya mengenai 4 jenis bentuk usaha, cara pembuatan akta dan besarnya biaya pembuatan akan kami ulas dibawah ini.

4 Jenis Bentuk Usaha, Cara Pembuatan Akta Perusahaan dan Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan

4 Jenis Bentuk Usaha

Perseroan Terbatas atau PT

Hal yang paling mendasar dan perlu Anda ketahui sebelum membuat akta notaris perusahaan adalah dengan mengenali 4 jenis bentuk usaha terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda lebih paham dan dapat memilih dari keempat bentuk usaha tersebut, manakah yang menurut Anda paling baik. Perseroan Terbatas atau PT merupakan sebuah usaha yang mempunyai badan hukum resmi. PT dimiliki oleh dua orang atau lebih yang mempunyai tanggung jawab hanya berpusat pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi/orang-orang yang berada didalamnya.

Read More :  Penetapan Pusat Penyedia Bahan Baku/Penolong

Comanditaire Venootschap atau CV

CV atau perusahaan persekutuan merupakan perusahaan yang dimiliki oleh dua pemodal atau lebih. Pemodal ini terdiri dari sekutu aktif dan pasif. Perusahaan persekutuan dapat dijadikan alternatif bagi pengusaha yang mempunyai modal terbatas. Hal ini sedikit berbeda dengan PT, Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan berbentuk CV jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pembuatan akta perusahaan berbentuk PT.

Perseorangan

Bentuk perusahaan perorangan merupakan usaha yang dimiliki secara perseorangan yang dikelola sendiri atau secara pribadi. Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjalankan dan mengelola bisnis perseorangan, karena perusahaan ini memang sudah dapat didirikan oleh perorangan. Umumnya modal yang dikeluarkan untuk perusahaan perorangan adalah jumlahnya terbatas.

Firma

Firma merupakan bentuk persekutuan bisnis yang melibatkan dua orang atau lebih yang sudah mempunyai usaha sebelumnya. Umumnya Firma didirikan atas nama bersama dan setiap tanggung jawab perusahaan dibagi rata secara rata kepada semua anggota.

Cara Pembuatan Akta Perusahaan

Mencantumkan Nama Pendiri Perusahaan

Sebelum mengeluarkan Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan, maka ada beberapa cara dalam membuat akta perusahaan. Dalam membuat akta perusahaan maka Anda diharuskan untuk mencantumkan nama pemegang saham ataupun orang yang berkewajiban dalam mengurus perusahaan. Nama yang disebutkan minimal dua orang baru bisa mendatangi notaris di wilayah Anda. Adapun dokumen yang harus dipersiapkan seperti Fotocopy KTP Pendiri perusahaan, NPWP perorangan.

Read More :  Biaya Pembuatan CV di Jakarta : Syarat dan Prosedur yang Harus Disiapkan

Menyampaikan Tujuan Anda Kepada Notaris

Setelah dokumen dilengkapi dengan baik, maka Anda dapat menyampaikan tujuan Anda dalam pembuatan akta perusahaan. Adapun hal yang bisa disampaikan sperti nama pemegang saham atas usaha yang didirikan, nama pengurus perusahaan (komisaris ataupun direktur), bidang perusahaan, komposisi kepemilikian saham dari perusahaan tersebut. Setelah itu, pemegang saham di perusahaan harus tandatangan di akta tersebut supaya sah.

Pengesahan Akta

Sebelum Anda membayar Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan maka akta harus lebih dulu mendapatkan pengesahan. Pengesahan akta nantinya disesuaikan dengan badan usaha yang akan dipilih. Misalnya Anda memilih bentuk PT maka pihak notaris kaan membawanya ke Kementerian Hukum dan HAM. Pengesahan akta dapat digunakan untuk mengurus dokumen lainnya seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Ijin Perusahaan Perdagangan (SIUP).

Setelah dilakukannya pengesahan akta maka Anda harus menunggu surat pengesahan tentang pendirian usaha yang akan dikeluarkan oleh Kementrian Hukum dan HAM.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan jenis badan usaha dan cara pembuatan akta notaris perusahaan. Langkah yang harus dilalui memang tidaklah singkat tak heran jika akhirnya banyak orang yang mempercayakan kepada jasa pembuatan akta perusahaan.  Lantas berapakah Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan? Informasi lengkapnya terkait dengan info harga hubungi kami.  

Scroll to Top