Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT dan Apa yang Tercantum Dalam Akta

Proses pendirian PT atau perusahaan itu sangat rumit karena ada begitu banyak dokumen yang harus diurus. Ini sama halnya dengan bayi yang baru lahir. Bayi harus memiliki akta kelahiran yang menjelaskan bahwa mereka lahir dengan sah dan diakui secara hukum.

PT pun juga perlu memiliki akta yang menjelaskan berbagai macam hal. Biaya pembuatan akta pendirian PT tidak murah namun ini penting karena akta menjelaskan bahwa perusahaan itu legal di mata hukum.

Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT Tidak Murah Namun Sangat Efektif Untuk Legalitas PT

Siapapun yang ingin melebarkan usaha mereka dalam bentuk perusahaan besar atau PT, maka akta pendirian merupakan langkah yang paling awal menuju legalitas di mata hukum. Tanpa akta, maka perusahaan Anda akan dianggap ilegal dan nantinya pemerintah akan menutup paksa perusahaan Anda.

Semua badan usaha dalam bentuk apapun membutuhkan akta guna mengesahkan perusahaan yang akan Anda dirikan. Ini merupakan syarat paling dasar yang semua investor membutuhkannya.

Dengan memiliki akta pendirian, maka Anda pun diperbolehkan untuk melanjutkan berbagai macam proses pengurusan dokumen yang lainnya seperti SKDP dan juga NPWP.

Akta berisi berbagai informasi penting terkait perusahaan yang didirikan itu seperti sistem dari pengelolaan perusahaan, modal perusahaan, pemegang saham, pengurus, lokasi hingga nama perusahaan dan bidang pengerjaan perusahaan itu. Tidak semua orang bisa membuat akta karena hanya notaris yang berhak.

Read More :  3 “Hemat” Sebagai Keuntungan Bikin PT Online

Notarislah yang membuat dan mengeluarkan akta ini dan sudah tertuang di dalam UU No.30 tahun 2004 di pasal 1 yang mengatakan bahwa hanya notaris yang merupakan pejabat umum dengan wrwenang untuk mengeluarkan akta otentik dan memiliki wewenang yang lain seperti yang tersirat di dalam undang-undang.

Anda hanya perlu untuk membayar biaya pembuatan akta pendirian PT saja dan melengkapi semua syarat. Setelah itu, agen jasa pengurusan izin akan mempersiapkan segala dokumennya.

Setelah Bayar Biaya Pembuatan PT, Apa Saja Informasi yang Tercantum di Dalamnya?

Ketika akta pendirian perusahaan sudah jadi dan dikeluarkan oleh notaris, maka di dalamnya terdapat beberapa informasi keterangan dari perusahaan Anda antara lain:

  • Tujuan atau maksud kegiatan usaha

Di dalam akta, seluruh bidang usaha yang Anda jalankan akan tercantum di dalamnya. Setelah ditemukan informasi terkait bidang usaha yang dijalankan, maka Anda pun juga dapat melakukan pengurusan perizinan yang lain seperti SIUP maupun izin penting lain.

Selama bidang usaha telah terdaftar legal dan tercantum di dalam akta, maka Anda bisa mengerjakan proses pengumpulan dokumen yang lainnya.

  • Nama perusahaan dan tempat kedudukan

Baik nama kantor Anda dan juga kedudukannya di mata hukum lengkap dengan alamat tempat perusahaan itu didirikan harus muncul di dalam akta pendirian ini dan nama yang tercantum harus sama dengan nama di perusahaan itu juga.

  • Sistem RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham
Read More :  Kendala dan Cara Daftar Izin Niaga Umum

RUPS merupakan sebuah forum khusus diantara pemegang saham dimana mereka memiliki wewenang untuk mendapatkan dan bahkan meminta keterangan tentang perusahaan itu dari para pengurusnya. Di dalam keterangan pemegang saham ini akan diambil langkah yang lebih strategis lagi demi kepentingan masa depan perusahaan.

  • Jumlah dan persentase saham dan modal

Akta pendirian akan menjelaskan dengan baik jumlah modal setor, modal dasar, nominal saham per lembar hingga siapa saja pihak yang memiliki peran sebagai pemegang saham ini ditambah dengan persentase tentang kepemilikan dari saham tersebut.

  • Struktur kepengurusan perusahaan dari direktur dan komisaris

Di dalam akta akan dijelaskan semua hal berkaitan dengan komisaris dan direktur mulai dari wewenangnya, sistem dalam rapat, jangka waktu untuk pengangakatan dan masa jabatan hingga adanya mekanisme dalam pengunduran diri.

Namun sekarang Anda tidak lagi harus mengurusnya seorang diri karena cukup mengeluarkan biaya pembuatan akta pendirian PT saja dan agen perizinan yang akan mengatasinya untuk Anda.

Scroll to Top