Biaya Pembuatan CV di Notaris

CV atau Commanditaire Vennootschap merupakan suatu persekutuan firma yang didirikan oleh satu atau beberapa orang sekutu dengan pertanggung jawaban secara pribadi secara menyeluruh, dimana satu atau beberapa orang berperan sebagai pelepas uang kepad pihak lain. Perusahaan persekutuan mempunyai dua macam sekutu yaitu sekutu komplementer atau sekutu kerja dan sekutu komanditer (sekutu tidak kerja). Namun sebelum kita membahas terkait dengan Biaya Pembuatan CV di Notaris ada baiknya kenali terlebih dahulu masing-masing jenis sekutu tersebut.

Sekutu komplementer/sekutu kerja merupakan sekutu yang bertanggung jawab dalam mengurus persekutuan mulai dari pengusahaan, kepengurusan hingga kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan. Sekutu komplementer biasa disebut dengan sekutu aktif. Sementara sekutu komanditer/sekutu tidak kerja merupakan sekutu yang tidak mengurus persekutuan mereka hanya memberikan inbreng atau melepaskan uangnya saja (menantikan hasil profit yang didapatkan dari inbreng), sekutu ini biasa disebut dengan sekutu pasif. Untuk lebih jelasnya terkait dengan pembuatan CV maka simak terus artikel berikut ini.

Syarat, Prosedur, Alasan Memilih Pendirian CV dan Biaya Pembuatan CV di Notaris

Syarat Pendirian CV

Sebelum membahas lebih jauh mengenai biaya pendirian CV sebaiknya Anda harus memahami betul beberapa persyaratannya. Adapun syarat pendirian CV yaitu Fotokopi KTP Pendiri minimal dua orang (dapat suami istri), pas photo terbaru para penanggung jawab atau direktur dengan ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar, Fotokopi KK Pendiri atau Direktur, Surat Keterangan Domisili Usaha dari kelurahan (isinya mengenai alamat CV) dan pengurusannya dilakukan setelah akta pendirian jadi, Stempel CV dan materai 6 lembar.

Read More :  Simpel Cek Prosedur Impor Barang Operasi Minyak Gas

Persyaratan pendirian CV tersebut diatur dalam pasal 19, 20 dan 21 KUHD. Dimana, dalam pasal 19 KUHD menyebutkan bahwa persekutuan komanditer/Commanditaire Vennootschap atau persekutuan secara melepas uang, didirikan oleh satu atau dua orang lebih yang bertanggung jawab secara pribadi serta tanggung renteng kepada seluruh sekutu dengan satu atau lebih orang pelepas uang.

Prosedur Pendirian Perusahaan CV

Sebelum membayar Biaya Pembuatan CV di Notaris ada beberapa prosedur yang harus diterapkan dalam mendirikan perusahaan CV. Ketika persyaratan administrasi yang telah kami sebutkan diatas sudah lengkap maka Anda dapat membuat akta pendirian perusahaan CV di notaris. Akta yang akan dibuat terdiri dari minimal dua orang pendiri (sekutu komplementer dan sekutu komanditer). Selanjutnya, daftarkan akta pendirian CV di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Setempat.

Setelah itu saatnya Anda mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang diurus di kelurahan setempat. Selanjutnya buat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak setempat sesuai dengan domisili CV. Ketika semuanya telah selesai maka Anda dapat mengurus ijin usaha sesuai dengan bidang usaha atau CV yang akan dijalankan. Dan terakhir Anda harus mengurus Tanda Daftar Perusahaan atau TDP.

Alasan Mendirikan Perusahaan CV

Selain mempertimbangkan Biaya Pembuatan CV di Notaris pastinya Anda juga sudah mempertimbangkan beberapa alasan kenapa memilih badan usaha CV. Adapun alasan orang lebih memilih mendirikan perusahaan CV adalah proses pemdirian CV jauh lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan perusahaan PT, Biaya pendirian CV jauh lebih murah karena tidak terdapat ketentuan minimum modal dasar pendiri, Bebas memilih nama CV tanpa perlu persetujuan dari menteri atau instansi terkait.

Read More :  Apa yang Harus Dilihat Pertama Kali Ketika Memilih Biro Jasa Perijinan Jakarta

Tidak hanya itu, Biaya Pembuatan CV di Notaris hanya memerlukan anggaran  yang disahkan dari pengadilan negeri, hal ini berbeda dengan PT dimana pendirian PT harus mendapatkan pengesahan dari Menteri, salah satu sekutu dapat menanamkan modalnya saja tanpa perlu terlibat dalam kegiatan perusahaan (sekutu pasif), jika terjadi perubahan anggaran dasar maka tidak perlu melaporkan dan mendapatkan persetujuan dari menteri seperti halnya dengan PT.

Informasi Biaya dalam Pembuatan CV

Itulah terkait dengan beberapa hal penting yang dapat Anda perhatikan sebelum mendirikan perusahaan perseroan komanditer atau CV. Persyaratan dalam mendirikan CV memang tidak sesulit pendirian PT, namun tetap saja bagi sejumlah orang yang tidak ingin ribet dalam mengurus hal kesana kemari dapat memanfaatkan jasa pembuatan CV di notaris. Lantas berapakah Biaya Pembuatan CV di Notaris? Mengenai harga dan informasi lainnya terkait dengan pendirian CV maka Anda dapat (menghubungi kami).

Scroll to Top