Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas

Perseoran Terbatas atau PT merupakan suatu badan usaha yang didirikan dengan modal atas saham-saham dan tanggung jawab dari pemegang saham PT didasarkan pada jumlah saham yang mereka miliki. Lantas sebenarnya berapakah Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas tersebut? sebelum membahas mengenai biaya maka kenali terlebih dahulu nantinya siapa sajakah yang akan terlibat saat PT telah dirikan. Adapun organisasi dari Perseroan Terbatas terdiri dari Direksi, Komisaris, dimana nantinya akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengingat modal yang digunakan terdiri atas saham-saham.

Perseroan Terbatas atau PT terbagi dalam tiga bagian yaitu PT Terbuka, PT Tertutup dan PT Kosong. PT terbuka merupakan PT yang bisa menjual sahamnya kepada khalayak umum atau masyarakat melalui pasar modal. Sementara PT Tertutup merupakan PT yang modalnya diperoleh dari orang-orang tertentu seperti keluarga, kerabat atau kalangan tertentu. Dan untuk PT. Kosong merupakan PT yang sudah mempunyai izin usaha ataupun izin lainnya namun didalamnya tidak ada kegiatan sama sekali. Informasi lengkapnya terkait dengan Pembuatan Perseroan Terbatas (PT) akan kami rangkum dibawah ini.

Cara Mendirikan PT dan Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas

Mempersiapkan Data Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Sebelum memikirkan soal besaran biaya yang harus dikeluarkan dalam pendirian PT, maka sebaiknya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu nama PT yang akan digunakan. Nama PT minimal terdiri dari 3 suku kata, tidak diperbolehkan menggunakan kata serapan asing dan menggunakan nama yang telah didaftarkan. Baru setelah itu Anda dapat menentukan tempat dan kedudukan PT, maksud tujuan didirikan PT, Struktur permodalan PT dan Pengurus PT.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru di Bekasi

Membuat Akta Pendirian di Notaris

Akta Pendirian PT dapat dibuat di Notaris manapun, tidak mengharuskan harus di tempat kedudukan PT, asalkan Notaris tersebut telah memperoleh SK pengangkatan, disumpah serta terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Mengenai Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas tentu setiap notaris mempunyai kisaran tersendiri. Semua orang yang terlibat dalam pendirian PT akan menandatangani Akta Pendirian PT didepan Notaris dengan beberapa dokumen pernyataan seperti penggunaan nama PT, alamat PT, Penyetor Modal dan lainnya.

Pengesahan SK Menteri atas Pendirian PT

Setelah Akta Pendirian Perseroan Terbatas Notaris dibuat maka selanjutnya adalah mengajukan pengesahan badan hukum PT kepada pihak Kementrian Hukum dan HAM. Baru pihak Kemenkumham akan mengeluarkan SK Pengesahan badan hukum PT sehingga badan hukum Anda diakui oleh Negara.

Mengurus Domisili Kelurahan

Sebelum Anda membayar Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas maka harus mengurus domisili PT berada. Setelah izin domisili PT dikeluarkan oleh kelurahan maka akan diatur melalui daerah masing-masing. Izin domisili akan menerangkan mengenai alamat PT didirikan, jenis usaha dan jumlah tenaga kerja. Izin domisili berlaku selama 1 tahun dan bisa diperpanjang.

Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Wajib Pajak dapat diperoleh di kantor pajak setempat yang digunakan sebaga sarana administrasi perpajakan yang berfungsi sebagai tanda pengenal diri atau identitas dari wajib pajak dalam menjalankan hak serta kewajiban perpajakan. NPWP terdiri dari 15 digit, dimana 9 digit pertama adalah kode wajib pajak dan 6 dijit selanjutnya merupakan kode administrasi.

Read More :  Jasa Pembuatan PT Murah, Paket Lengkap Dengan Proses Cepat

 

Mengurus Izin Usaha

Pengurusan Izin Usaha harus Anda lakukan sebelum mengeluarkan Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas mengingat PT atau usaha yang Anda jalankan nantinya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu bentuk izin usaha untuk perusahaan adalah SIUP. Sesuai Pemendag No. 46 Tahun 2009 SIUP pembuatan PT terdiri dari SIUP Besar, SIUP Menengah, SIUP Kecil dan SIUP Mikro.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda Daftar Perusahaan telah diatur dalam UU no 3 tahun 1982 terkait dengan Wajib Daftar Perusahaan. Dalam pasal 5 ayat (1) menyatakan bahwa “setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan”. Mengurus TDP harus dilakukan baik sebagai kantor pusat maupun kantor cabang. Untuk PT Cabang maka Anda harus membuat Akta cabang terlebih dahulu.

Informasi Biaya dalam Pembuatan PT

Itulah beberapa cara dalam pembuatan PT yang harus Anda lakukan, selebihnya mengenai Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas Anda dapat (menghubungi kami). Atau jika ada hal-hal yang harus kami urus dalam pembuatan Perseroan Terbatas baik secara administrasi ataupun prosedur pembuatan PT kami siap melayani Anda.

Scroll to Top