Biaya Pembuatan PT 2017

Biaya pembuatan PT 2017, sebelum mendirikan suatu usaha, perlu ditentukan apakah usaha tersebut perlu berbadan hukum atau tidak. Hal tersebut harus disesuaikan dengan jenis usaha, kebutuhan usaha, dan kemudahan administrasi di masa mendatang serta biaya pembuatan PT 2017. Salah satu bentuk usaha yang berbadan hukum adalah PT. Perseroan Terbatas atau yang biasa dikenal dengan sebutan PT merupakan suatu bentuk badan usaha yang dimana modalnya terbagi atas saham-saham, dan tanggung jawab dari para pemegang saham.

Pemiliknya mempunyai hak bagian sebanyak saham yang dia miliki dan kepemilikan perusahaan bisa berubah tanpa perlu membubarkan perusahaan itu. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan. Pemegang saham melakukan perbuatan-perbuatan hukum dibuat oleh nama bersama, dengan tidak bertanggung jawab sendiri dalam persetujuan-persetujuan perseroan itu. Dengan catatan tanggung jawab mereka terbatas pada modal yang mereka pada PT tersebut.

Lalu berapakah biaya pembuatan PT 2017?

Dari waktu ke waktu pemerintah mengupayakan kemudahan proses pendirian perusahaan dan biaya pembuatan pt 2017. Pemerintah menyambut baik para pengusaha yang ingin mendirikan perusahaan di Indonesia. Makin banyak perusahaan yang didirikan, pertumbuhan perekonomian dan pembukaan lapangan kerja akan berkembang dan itu adalah dampak positif untuk Indonesia. Berdasarkan indikator Ease of Doing Business (EoDB) yang dikeluarkan oleh World Bank, tahun 2017 Indonesia berada di peringkat 91 dari 190 negara, naik dari sebelumnya yang hanya peringkat 106. Kemudahan memulai usaha atau membuat perusahaan (starting a business), akses terhadap jaringan listrik, perizinan yang berkaitan dengan bangunan, proses kepailitan (insolvensi) dan lain-lain menjadi indikator acuan dalam penyusunan EoDB.

Read More :  Syarat Pembuatan PT

Di tahun 2017, beberapa kemudahan sudah diberikan Indonesia. Hal itu juga dicatat oleh Bank Dunia. Sudah tidak ada lagi persyaratan minimal modal dan waktunya juga lebih cepat, tidak lebih dari satu bulan. Indonesia sudah melangkah maju ketimbang tahun 2016 dimana memerlukan waktu 47,8 hari dalam proses untuk mendirikan perusahaan atau mendirikan PT.

Jika berencana mendirikan sebuah badan usaha berbentuk PT, Anda perlu tahu proses dan biaya pembuatan PT 2017. Tahapannya dirinci seperti di bawah ini:

Pertama, para pendiri datang di kantor notaris untuk diminta dibuatkan akta pendirian Perseroan Terbatas. Yang disebut akta pendirian itu termasuk di dalamnya anggaran dasar dari Perseroan Terbatas yang bersangkutan. Sebelumnya para pendiri harus sepakat dengan angka yang digunakan sebagai anggaran dasar perusahaan mereka. Pembuatan anggaran dasar itu dapat diserahkan pelaksanaannya kepada notaris yang bersangkutan sesuai permintaan para pendiri.

Kedua, jika anggaran sudah sepakat dan selesai disusun, notaris melanjutkan akta tersebut kepada Kepala Direktorat Perdata, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Boleh saja jika para pendiri membawa langsung akta pendirian tersebut untuk minta pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM, tetapi dalam hal ini harus ada surat pengantar dari notaris yang bersangkutan. Selanjutnya akan dikeluarkan surat keputusan pengesahan akta pendirian Perseroan Terbatas yang bersangkutan oleh Kepala Direktorat Perdata atas nama Menteri Hukum dan HAM. Jika ada yang harus diubah, maka harus menggunakan akta notaris yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Selanjutnya barulah Kementerian Hukum dan HAM tentang akta pendirian Perseroan Terbatas yang bersangkutan menetapkan surat keputusan terakhir.

Read More :  Syarat Buat PT yang Tidak Terlihat dan Harus Dipenuhi Oleh Calon Pengusaha

Ketiga, para pendiri atau boleh diwakilkan oleh kuasanya membawa akta pendirian yang sudah disahkan Kementerian Hukum dan HAM beserta surat keputusan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM tersebut ke kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri sesuai domisili PT tersebut. Selanjutnya akan dikeluarkan surat pemberitahuan kepada notaris yang bersangkutan bahwa akta pendirian PT sudah didaftar pada buku register PT.

Terakhir, semua dokumen yang disahkan di atas, dibawa oleh para pendiri ke kantor Percetakan Negara. Kemudian akan diterbitkan Tambahan Berita Negara RI. Ini adalah tahap terakhir, setelahnya PT Anda sudah resmi berdiri menjadi sebuah badan hukum.

Melihat bahwa ada serangkaian proses pengurusan secara mandiri, sehingga melakukan pengurusan dengan menggunakan layanan biro jasa pembuatan PT Akan sangat membantu Anda. Perihal biaya pembuatan PT 2017 langsung saja  info harga hubungi kami  demi kelancaran usaha Anda, mengurus perizinan dengan mudah dan harga yang sesuai.

Scroll to Top