Biaya Pembuatan PT Baru di Jakarta

Saat ini minat masyarakat untuk terjun ke dunia bisnis semakin melonjak. Dunia bisnis atau dunia usaha sendiri merupakan roda penggerak dalam perkembangan ekonomi. Salah satu jenis usaha yang berperan penting dalam perkembangan ekonomi adalah PT atau Perseroan Terbatas. PT sendiri merupakan bagian dari BUMS (Badan Usaha Milik Swasta). Karena banyak kelebihan yang dimiliki banyak orang yang mencari tahu tentang syarat dan biaya pembuatan PT baru di Jakarta.

Bahkan beberapa tahun belakangan ini Perseroan Terbatas berkembang dengan pesatnya. Kelebihannya antara lain mudah memperoleh dana modal dari penjualan saham. Namun, untuk bisa mendirikan sebuah PT cenderung rumit yang menjadikan banyak orang tidak tahu cara  yang benar. Berikut ini syarat dan biaya mendirikan PT yang perlu Anda ketahui.

Syarat dan Biaya Pembuatan PT Baru di Jakarta

Data-Data yang Disiapkan

Untuk bisa memenuhi syarat dan biaya pembuatan PT baru di Jakarta sebaiknya perhatikan terlebih dahulu data-data apa saja yang harus dipersiapkan. Agar nantinya saat dibutuhkan Anda tidak repot mencari lagi dengan membutuhkan waktu yang lama. Data-data ini merupakan bagian pokok pada saat hendak mendirikan PT, sehingga tidak boleh ditinggalkan agar proses pendirian PT berhasil dengan baik.

Data-data yang diperlukan antara lain adalah opsi nama perusahaan (minimal3), bidang usaha, domisili perusahaan, nama-nama pemegang saham beserta KTP, komposisi pemegang saham, modal dasar perusahaan, modal disetor, susunan direksi serta komisaris, KTP direktur dan komisaris, NPWP direktur, dan pasfoto 3×4 sebanyak dua lembar.

Read More :  Syarat Pembuatan PT Baru

Membuat Akta Perusahaan

Setelah data-data yang diperlukan sudah siap maka langkah selanjutnya adalah membuat akta perusahaan sebagai langkah dari syarat dan biaya pembuatan PT baru di Jakarta. Sebagai warga negara yang baik hendaknya perhatikan aturan-aturan hukum yang ada di Indonesia, begitu pula pada saat hendak mendirikan PT yang membutuhkan prosedur sesuai dengan hukum yang berlaku.

Karena PT merupakan badan usaha yang berlandaskan hukum maka adanya akta perusahaan menjadi hal yang wajib dimiliki. Akta perusahaan biasanya berisi tentang berbagai informasi yang meliputi nama perusahaan, jenis bidang yang dijalani, daftar nama para pemilik modal, modal disetor, modal dasar, dan juga para pengurus perusahaan yang terdiri dari direktur dan komisaris. Dengan adanya akta perusahaan maka PT yang Anda dirikan sudah memiliki badan hukum yang jelas.

Surat Keterangan Domisili Usaha

Selanjutnya Anda akan mendapatkan surat keterangan domisili usaha dari kantor kelurahan tempat perusahaan Anda berdiri. Berdasarkan surat yang dikeluarkan kantor kelurahan Camat juga mengeluarkan surat keterangan domisili yang sama. Untuk bisa mendapatkan surat keterangan domisili Anda harus menyalin akta perusahaan. Petugas yang datang juga akan menanyakan dan meminta dokumen bukti sertifikat tanah atau pembayaran PBB untuk diperiksa. Untuk mendapatkannya Anda juga harus mengeluarkan biaya tertentu.

NPWP Perusahaan

Mengurus NPWP perusahaan juga masuk sebagai salah satu tahapan dalam syarat dan biaya pembuatan PT baru di Jakarta. Untuk mendirikan sebuah perusahaan adanya NPWP merupakan unsur mutlak. Untuk mendapatkan NPWP yang perlu disalin adalah akta perusahaan dan surat keterangan domisili. Pembuatan NPWP juga tergolong tidak lama karena hanya membutuhkan waktu sekitar ½ jam.

Read More :  Cara untuk Menemukan Jasa Pembuatan CV Murah Terpercaya

Surat Keputusan Pengesahan Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP

Surat keputusan ini bisa Anda dapatkan dari Departemen Hukum dan HAM. Untuk mendapatkannya diperlukan salinan dari Surat Keterangan Domisili dan salinan akta domisili. Sedangkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan bagian dari proses pendirian PT supaya perusahaan yang Anda miliki mampu bekerja dan berkembang dengan baik. Untuk bisa mengurus SIUP caranya hampir sama di berbagai tempat.

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda daftar perusahaan juga merupakan bagian yang penting pada saat hendak mendirikan perusahaan. TDP diurus saat Anda sudah mendapatkan SIUP. Bahkan di suatu daerah tertentu Anda bisa mengurus TDP dan SIUP sekaligus. Untuk persyaratannya hampir sama di setiap tempat.

Setelah mengetahui syarat dan biaya pembuatan PT baru di Jakarta maka Anda bisa segera memulai menjalankannya. Anda juga bisa menyerahkan tugas pendirian PT ini ke biro jasa yang sudah profesional agar lebih efektif karena ditangani ole ahlinya. (Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tata cara dan biayanya bisa segera hubungi kami).

Scroll to Top