Biaya Pembuatan PT Baru

Biaya pembuatan PT baru, dibandingkan dengan negara tetangga, jumlah pengusaha di Indonesia tergolong relatif lebih sedikit. Karenanya mendirikan usaha baru dinilai memberikan nilai tambah karena membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan menggerakkan perekonomian lokal. Sejak awal tahun 2016, Pemerintah mulai mengupayakan untuk mempermudah proses memulai usaha dan juga biaya pembuatan PT baru. Salah satu inisiatif yang dilakukan Pemerintah adalah dengan mempermudah pendirian Perseroan Terbatas (PT).

Biaya pembuatan PT baru tidaklah mahal

Berikut ini adalah syarat dan langkah dalam pendirian PT terbaru yang harus Anda ketahui bila ingin memulai PT baru. Prosedur ini yang nantinya berpengaruh pada biaya pembuatan PT baru Anda.

Modal Untuk Mendirikan PT

Dulunya, modal dasar membuat PT adalah 50 juta. Hal itu menjadi hambatan para pengusaha yang memiliki modal kecil. Kemudian pemerintah mengeluarkan aturan baru dimana besaran modal dasar pendirian PT tergantung pada kesepakatan para pendirinya. Meski demikian, persyaratan modal ini diberlakukan hanya untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Domisili Usaha di Virtual Office

Beberapa usaha belum memiliki cukup biaya untuk menyewa ruang kantor yang sesuai zonasi untuk domisili usaha. Apalagi mereka juga harus mempertimbangkan biaya pembuatan PT baru. Misalnya saja jika ingin mendirikan usaha yang berdomisili di Jakarta. Jika menggunakan virtual office, akan ada syarat tambahan. Salah satunya adalah keharusan adanya salah satu direksi PT yang akan didirikan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta. Persyaratan sendiri bisa jadi ada perbedaan di tiap daerah. Mengenai domisili PT ini, penting bagi Anda untuk mengetahui persyaratan tiap wilayah.

Read More :  Apa Saja Syarat Membuat PT di Bidang Pariwisata

Menentukan Bidang Usaha Sesuai KBLI Terbaru Tahun 2015

Dalam menentukan bidang usaha, perhatikan hal-hal berikut:

  • Anda bisa memilih bidang usaha apa pun, kecuali yang tertutup dan yang dilarang oleh peraturan.
  • Dalam akta pendirian PT, harus memuat bidang usaha Anda
  • Bidang usaha yang Anda pilih akan berpengaruh pada jenis izin usaha yang perlu Anda miliki.
  • Perhatikan komoditas atau barang apa yang akan Anda jual, misalnya untuk perdagangan pakaian eceran ada di kode 4771.

Hati-hati, Anda perlu memperhatikan kode KBLI dengan teliti karena hal ini akan terkait erat dengan prosedur pengurusan izin usaha bagi bisnis anda.

Persyaratan BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mendirikan PT

Persyaratan BPJS untuk mendirikan PT ini tidak jarang menghambat kepengurusan PT baru. Pengurusan online masih memakan waktu lebih lama ketimbang pengurusan secara manual. Berdasarkan pengalaman kami, prosedur manual dimana pemohon datang langsung ke kantor BPJS pun belum dapat diselesaikan pada hari yang sama. Kenapa BPJS Ketenagakerjaan ini penting? Adanya sertifikat BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat mengurus SKDP. Berikut dokumen yang perlu Anda siapkan untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan:

  • Formulir yang sudah diisi;
  • Akta pendirian PT;
  • Surat pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM (bagi PT); dan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP dari karyawan PT yang didaftarkan.
Read More :  Jasa Pembuatan Perusahaan

Setelah dilakukan verifikasi oleh sistem, Anda akan mendapat email penetapan besaran iuran pertama. Kemudian akan ada formulir online yang perlu diisi kembali sebelum anda mendapatkan lembar kode iuran. Dengan berbekal kode iuran tersebut, anda melakukan penyetoran iuran pertama BPJS Ketenagakerjaan, dan akhirnya Anda bisa mengambil sertifikat BPJS Ketenagakerjaan atas nama PT Anda di kantor BPJS.

NPWP Direktur dan NPWP Perusahaan

Kantor Pajak memberikan aturan main baru dalam kepengurusan NPWP Perusahaan. Pertama, NPWP direktur PT yang bersangkutan harus sudah dalam format terbaru yaitu format tahun 2015. Ciri khas dari format terbaru ini adalah adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP direktur bersangkutan yang tertera di kartu NPWP pribadinya. Semua data pribadi yang tertera dalam NPWP harus sama dengan yang tertulis dalam KTP yang masih berlaku.

Kedua, jika ada tunggakan pajak di SPT Tahunan direktur Anda, maka harus segera dibayar terlebih dahulu beserta dengan dendanya. Biaya denda mulai dari Rp 100 ribu per tahun, semakin lama Anda membayar tunggakan, maka denda terus berjalan dan bertambah banyak.

SIUP dan TDP Online

Bagi Anda yang ingin mendirikan PT yang bergerak di perdagangan umum, maka izin usahanya adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan PT baru. Jika masih memerlukan informasi mengenai prosedur, syarat dan biaya pembuatan PT baru, segera  info harga hubungi kami .

Read More :  Biaya Jasa Mendirikan PT
Scroll to Top