Biaya Pembuatan SIUJK Jakarta

Biaya pembuatan SIUJK Jakarta menjadi satu hal penting untuk diperhatikan dan dipersiapkan bagi Anda yang ingin membangun usaha pada bidang jasa konstruksi. Terutama untuk usaha yang ingin mengikuti tender-tender konstruksi perlu mengantongi SIUJK sebagai dokumen perijinan yang sah dan ter verifikasi.

SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi adalah surat Izin Usaha pada perusahaan yang mengikuti tender konstruksi dengan berbagai bidang. Bidang yang ditenderkan seperti bidang mechanical, sipil, telekomunikasi, tata lingkungan, arsitektural, elektrikal hingga telekomunikasi.

Dalam pembuatan SIUJK diperlukan berbagai persyaratan dan kelengkapan terlebih dahulu untuk dilengkapi. Hal ini yang kemudian membuat Biaya pembuatan SIUJK Jakarta memang akan sedikit lebih mahal terutama jika berbagai persyaratan belum terpenuhi secara komplit karena harus memulai langkah dari awal dengan pembuatan berbagai dokumen terlebih dahulu.

Sertifikat Tenaga Ahli Konstruksi

Jika ingin mendapatkan SIUJK maka ada persyaratan khusus dan utama yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Syarat utama yang pertama adalah perusahaan yang ingin mengajukan SIUJK sudah harus memiliki Sertifikat tenaga ahli konstruksi. Sebelum membuat SIUJK maka pertama kali harus membuat sertifikat tenaga ahli konstruksi terlebih dahulu.

STAK ini terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah SKT Sertifikat Ketrampilan yang khusus digunakan bagi perusahaan dengan klasifikasi grade K1 – K3. Dalam pengajuan pembuatan SKT ini terdiri dari beberapa jenis syarat seperti contohnya foto copy KTP, foto copy ijazah terakhir, cv atau daftar riwayat hidup, pas foto berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar. Jika sudah memiliki SKT maka sertakan SKT yang lama.

Read More :  Jasa Bikin PT Jakarta

Jenis STAK yang kedua adalah SKA sertifikat keterangan ahli konstruksi yang digunakan untuk grade M1-B2. SKA jenis ini terbagi menjadi tiga jenis tingkatan yaitu SKA muda, madya dan utama. Syarat yang harus dipenuhi hampir sama dengan SKA jenis pertama, hanya saja pendidikan minimal untuk SKA jenis ini adalah minimum harus lulusan D3 dan sesuai dengan bidang yang akan diambil.

Kartu Anggota Asosiasi Konstruksi

Dokumen lain yang juga termasuk menjadi syarat untuk mendapatkan SIUJK di daerah Jakarta adalah dengan mengantongi KTA Asosiasi konstruksi. Kartu ini adalah kartu tanda anggota untuk asosiasi konstruksi. Terdapat beberapa jenis atau macam asosiasi seperti misalnya asosiasi electrical bagi perusahaan aklindo ali dan paklinan.

asosiasi air Indonesia tergabung dalam akaindo dan KTA asosiasi telekomunikasi adalah apnantel. Sedangkan untuk KTA dengan asosiasi sipil, arsitektur, mechanical dan tata lingkungan bisa tergabung dalam gepeksindo, gapensi, gapeknas dan lainnya. Biaya pembuatan SIUJK Jakarta sudah dimulai sejak pencarian KTA hingga proses akhir.

Sertifikasi Badan Usaha

Setelah pengurusan SKA sudah selesai atau perusahaan sudah memiliki SKA maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat SBU. Namun dalam pembuatannya juga harus urut yaitu pertama membuat SKA kemudian baru melakukan pencarian izin atau sertifikasi SBU, sebab dalam pembuatan SBU membutuhkan lampiran SKA.

Biaya pembuatan SIUJK Jakarta bisa menjadi lebih mahal dan lebih tinggi karena begitu banyaknya syarat yang harus ditempuh terlebih dahulu bahkan sebelum pengajuan pembuatan SIUJK. SBU dibuat setelah mendapatkan SKA dan KTA asosiasi tertentu sebagai bukti jika perusahaan memang layak untuk mendapatkan sertifikasi dan dokumen perijinan.

Read More :  Cara Buat CV Perusahaan

Proses untuk pembuatan SBU ini akan memakan waktu selama kurang lebih 1 bulan. Sedangkan syarat yang dibutuhkan antara lain seperti akta pendirian usaha, SK dari menteri hukum dan HAM, domisili tempat usaha, NPWP perusahaan, SUP, TDP, PKP, neraca & laporan keuangan perusahaan, SKT/SKA, KTA, KTP pengurus, KK dari penanggung jawab, pas foto ukuran 4×6 dan struktur organisasi.

Syarat Pembuatan SIUJK

Biaya pembuatan SIUJK Jakarta memang sangat sebanding dengan panjang dan banyaknya syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan SIUJK ini. Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain Akte pendirian usaha baik itu untuk PT/cv. SK dari menteri Hukum dan HAM, surat keterangan domilisi perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP, TDP, PKP, SKT/SKA, SBU, KTP pengurus perusahaan dan pas foto ukuran 4×6.

Untuk Biaya pembuatan SIUJK Jakarta memang sangat beragam tergantung dari jenis atau grade menakah perusahaan Anda. Untuk lebih tahu secara rinci tentang berapa saja biaya yang harus dikeluarkan maka Anda [bisa langsung menghubungi kami.]

Scroll to Top