Biaya Pembuatan Yayasan dan Definisi Sah Yayasan di Mata Hukum

Banyak sekali orang yang ingin mendirikan organisasi tertentu atau yayasan entah itu dengan tujuan yang beragam seperti tujuan pendidikan, tujuan keagamaan dan sebagainya.

Namun sebelum Anda mengetahui range biaya pembuatan yayasan, akan lebih baik jika Anda tahu lebih dulu apa hal penting yang harus dicamkan dengan baik ketika mendirikan organisasi berupa yayasan karena yayasan tidak sama dengan perusahaan seperti PT maupun CV yang tujuannya mencari untung.

Hal Penting yang Harus Dicamkan Sebelum Mencari Tahu Biaya Pembuatan Yayasan

Jika PT maupun CV dibuat dengan tujuan untuk melakukan proses produksi sehingga memperoleh keuntungan atau apapun perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa demi meraih untung, maka yayasan itu berbeda.

Ini dikarenakan yayasan merupakan sebuah badan hukum yang kekayaannya dipisahkan dan digunakan untuk meraih tujuan tertentu baik di bidang kemanusiaan, keagamaan, sosial dan sebagainya dengan tidak memiliki anggota. Jadi beda dengan PT atau CV di Indonesia.

Ketika Anda ingin mendirikan yayasan ini, maka sebelum melihat berapa biaya pembuatan yayasan yang harus dikeluarkan oleh Anda ditambah juga dengan memilih agen jasa pembuatan perusahaan dan yayasan terbaik, maka cobalah untuk mencamkan beberapa hal penting tentang definisi dari yayasan sehingga tidak menyamakannya dengan bangunan lain yang bernama perusahaan antara lain:

  • Yayasan dapat dianggap sebagai badan hukum dan akan melakukan berbagi tindakan maupun aktivitas sah dimata hukum bahkan memiliki akibat hukum pula meski yang nantinya akan bertindak secara nyata adalah pengawas, pengurus, pembina maupun organ di dalam yayasan tersebut.
  • Terdapat kekayaan tertentu dalam yayasan.
Read More :  Biro Jasa Pengurusan Dokumen Perusahaan

Arti dari pernyataan ini adalah yayasan bukan perusahaan namun tetap memiliki aset baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak dan pada awalnya kekayaan ini diperoleh sumbernya dari modal milik pendiri yang sudah dipisahkan. Maka di mata hukum, yayasan ini dianggap memiliki kekayaannya sendiri dan terlepas atau mandiri.

  • Yayasan dinilai beroperasi dengan tujuan tertentu dan ini semua dilakukan atas dasar nilai-nlai baik itu kemanusiaan, sosial atau keagamaan. Disini bisa diketahui jika sesungguhnya yayasan ini merupakan salah satu bentuk organisasi nirlaba yang sifatnya sama sekali tidak mencari keuntungan atau non profit oriented seperti layaknya badan usaha lain seperti Firma, UD, CV, PT dan sebagainya yang juga memiliki nilai profit oriented.
  • Tidak ada anggota dalam yayasan.

Disini maksudnya adalah yayasan itu tidak memiliki seperti pemegang saham seperti yang terdapat di dalam PT maupun sekutu komanditer atau CV bahkan anggota di dalam perusahaan badan usaha yang lainnya. Akan tetapi, tentu saja yayasan ini akan dioperasikan oleh organ di dalam yayasan sepeerti pengawas, pembina dan pelaksana harianya.

Biaya Pembuatan Yayasan dan Prosesnya yang Relatif Mudah

Sesungguhnya cukup mudah untuk dapat membangun yayasan karena disini yang memegang kendali dan peranan paling penting adalah notaris. Akta pendirian yayasan di dalamnya harus dibuat di dalam bentuk seperti akta notaris.

Read More :  Biaya Mendirikan PT di Tangerang Selatan atau Tangsel Cepat dan Murah

Kemudian yang akan mengawal dan mengajukan semua proses ini adalah notaris muali dari pendirian, pemesanan nama, mengajukan permohonan untuk pengesahan di badan hukum kementerian hingga menerima seluruh berkas penting yang ada.

Jika semua syarat tersebut telah dilengkapi, maka pendiri pun akan menghadap pada notaris guna melakukan tanda tangan akta pendirian. Tanggal ditandatanganinya akta tersebut akan menjadi tanggal berdirinya yayasan yang Anda bentuk.

Namun yayasan itu masih belum dianggap sah sebagai badan hukum karena notaris harus melakukan proses pengesahan di Kementerian Hukum dan HAM RI sampai akhirnya sah menjadi badan hukum dan yayasan akan mulai beroperasi.

Anda bisa menyewa dan menggunakan agen jasa pendirian dengan baik sehingga tidak perlu repot dalam mengurus semuanya sendiri dan hanya cukup membayar biaya pembuatan yayasan saja.

Scroll to Top