Biaya Pembuatan Yayasan

Bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan dalam berbagai bidang tertentu bisa mendapatkan yayasan yang resmi. Biaya pembuatan Yayasan yang resmi juga tidak terlalu tinggi sehingga tetap bisa menghemat anggaran pengeluaran dari yayasan.

Kebanyakan orang berfikir dan mencari rasa aman untuk tidak mendaftarkan yayasan karena takut jika mendapatkan harga yang terlalu mahal. Padahal jika membuat yayasan yang lebih resmi maka seluruh kegiatan akan lebih terawasi dan mempermudah dalam segala urusan dan jalan yang akan dilakukan oleh yayasan.

Yang terpenting adalah niat dan tujuan dari mendirikan yayasan tersebut harus merupakan niat yang baik dan bukan yang melanggar undang-undang. Biaya pembuatan Yayasan juga akan lebih terjangkau dengan membuat yayasan tidak sembarangan dan tidak untuk kepentingan pribadi saja.

Syarat Pembuatan Yayasan

Biaya pembuatan Yayasan bisa menjadi hal akhir yang dihitung asalkan berbagai persyaratan sudah terpenuhi dengan baik. Syarat untuk mendirikan sebuah yayasan juga tidak sulit dan mudah asalkan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Syarat pertama sebuah yayasan yang akan didirikan harus memiliki nama yang sudah pasti. Nama ini harus dipersiapkan oleh pendiri dan dengan nama yang tepat dan sesuai. Nama ini nantinya juga bisa menjadi penghalang kelancaran dalam pembuatan yayasan karena ada beberapa nama dengan alasan tertentu departemen hukum dan HAM tidak langsung menyetujui nama yang Anda berikan.

Read More :  Jasa Pembuatan Legalitas Perusahaan

Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu sebaiknya persiapkan nama cadangan ketika ingin mengajukan nama yayasan. Paling tidak siapkan 3 opsi nama sebagai pilihan jika nama sudah digunakan oleh yayasan lain. Kemudian buat juga logo yang sesuai karena logo juga menjadi satu syarat yang harus dipenuhi.

Syarat kedua adalah menentukan bidang yayasan yang akan dijalankan. Apakah yayasan tersebut dalam bidang sosial, kesehatan ataupun bidang agama. Seluruhnya harus jelas supaya memperlancar dan mempersingkat Biaya pembuatan Yayasan.

Syarat ketiga adalah struktur dari yayasan. Struktur yayasan ini juga harus jelas mulai dari pendiri, pembina dan juga pengurus. Paling tidak terdapat lima orang dalam struktur pengurusan yayasan tersebut. Nantinya seluruh nama yang tercantum harus melampirkan berkas berupa KTP, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar serta NPWP baik itu dari pendiri atau ketua yayasan.

Syarat keempat adalah mendapatkan surat pendirian yayasan yang bisa didapatkan ke notaris. Caranya adalah dokumen dari seluruh pengurus yang sudah disiapkan tadi dibawa ke notaris untuk pelengkap dokumen pendirian yayasan. Nantinya notaris yang akan mengajukan dokumen tersebut ke departemen hukum dan ham. Waktu yang dibutuhkan pada proses ini sedikit lama bahkan bisa mencapai 2 minggu.

Syarat terakhir adalah menentukan anggaran yayasan yang dimiliki oleh yayasan. Anggaran ini sudah harus disetujui oleh pendiri atau ketua dengan membuktikan tanda tangan pada rincian anggaran tersebut. Nantinya anggaran ini akan ditunjukkan dan diajukan pada pihak kementrian hukum dan HAM.

Read More :  Biaya Bikin SIUP TDP SUPER CEPAT DAN LEGAL AKTA SK 3,3 JUTA

Syarat Dokumen Pendirian Yayasan

Selain syarat dengan langkah diatas juga ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan ketika melakukan pengajuan pendirian atau pembuatan suatu yayasan. Untuk lebih mempersingkat waktu dan tidak membuang Biaya pembuatan Yayasan sebaiknya segera lengkapi dokumen ini sebelum mengajukan ke kementerian hukum dan ham.

Syarat yang harus dipenuhi antara lain seperti. Dokumen keterangan domisili yayasan dari kelurahan setempat, foto copy KTP dari ketua atau pendiri yayasan, foto copy dari pengurus yang terdiri dari 5 orang, menyertakan foto pengurus berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, logo yayasan yang sudah disetujui, foto ketua atau pendiri 3 x 4 sebanyak 4 lembar, stempel dan nama yayasan.

Dokumen Yayasan yang Akan diperoleh

Jika sudah mengajukan pembuatan yayasan pada pihak yang berwenang maka yayasan akan menjadi yayasan resmi dan legal. Berbagai dokumen menjadi bukti jika yayasan sudah terdaftar dan akan didapatkan melalui proses pembuatan yayasan ini.

Dokumen yang didapatkan antara lain seperti NPWP pribadi ketua, NPWP badan yayasan, akta notaris dan SK menteri. Dengan keempat dokumen tersebut maka yayasan sudah menjadi yayasan resmi dan legal. Sedangkan untuk berapa Biaya pembuatan Yayasan secara resmi dari awal hingga akhir Anda [bisa langsung menghubungi kami.]

Scroll to Top