Biaya Pendirian PT PMA Beda Dengan PT Biasa dan Syaratnya Berbeda

Saat ini sudah banyak sekali investor asing yang berasal dari negara maju dan sangat tertarik untuk dapat menanamkan modal di dalam negeri. Karenanya, mereka yang ingin berinvestasi di dalam negeri harus mendirikan PMA dan biaya pendirian PT PMA ini berbeda dengan PT biasa bahkan syaratnya pun juga sedikit lebih rumit.

Karena itulah Anda harus memperhatikan dengan baik dulu sebelum mempersiapkan segala macam dokumen yang diperlukan dalam mendirikan PMA.

Biaya Pendirian PT PMA Berbeda Dengan PT Biasa Karena Modalnya Dari Asing

Sebenarnya apa tujuan para investor asing ini untuk menanamkan modalnya di Indonesia?

Salah satunya adalah karena banyak sekali perusahaan asing terkenal di dunia yang sudah melakukan investasi menggunakan teknik integrasi vertikal yang artinya menempatkan beberapa proses produksi namun dalam lokasi yang tidak sama atau berbeda.

Tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan pastinya karena biaya produksi yang lebih rendah bila dibandingkan di negara asalnya.

Selain itu, dengan berinvestasi di luar negeri, maka ini juga akan menandakan jika perusahaan itu dapat bersaing lagi di tingkat internasional.

Negeri ni tidak hanya dianggap negara yang sangat menarik untuk perusahaan asing guna mengembangkan perusahaan melainkan ada pula perusahaan luar negeri yang telah tertarik dengan Indonesia sebab mereka ingin menjalin kerja sama dengan adanya perusahaan lokal dan juga investor asing yang dapat menanamkan modal itu di dalam negeri.

Read More :  Buat CV Perusahaan Ada Kendalanya, Apa Saja?

Tidak peduli apapun tujuannya, mereka harus membuat PT PMA atau Penanaman Modal Asing dengan berbagai syarat yang sudah harus dipenuhi lebih dulu oleh mereka.

Sementara biaya pendirian PT PMA pun jangan sampai tertinggal karena ada perbedaan dengan biaya PT yang biasa. Bukan hanya investor asing saja yang wajib untuk membangun PT PMA ini melainkan perusahaan lokal yang modalnya berasal dari investor asing pun juga harus mendirikan PT PMA ini dan bukan  PT biasa.

Apa Saja Syarat dan Dokumen yang Diperoleh Dari Total Biaya Pendirian PT PMA

Intinya, PMA ini semuanya adalah tentang modal asing namun seperti apa elemen yang termasuk ke dalam modal asing ini?

Yang dimaksud dengan modal asing adalah dana yang dimiliki oleh badan hukum asing, perusahaan asing, warna negara asing dalam bentuk perseorangan, negara asing bahkan badan hukum Indonesia yang baik itu sebagian atau seluruh modal dasarnya berasal dari pihak asing luar negeri.

Dengan demikian, kepemilikan dari saham itu adalah asing dan PT biasa harus mengubah menjadi PMA dan berurusan dulu dengan BKPM sebagai otoritasnya.

Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi lebih dulu jika ingin mendirikan PT PMA ini antara lain:

  • Fotokopi dari paspor warga asing atau WNA jika mereka dianggap sebagai pemegang saham namun atas nama sendiri atau individu.
  • Fotokopi KTP sekaligus NPWP khusus untuk WNI apabila WNI itu dianggap sebagai pemegang saham dalam perusahaan namun atas nama sendiri atau individu.
  • Bidang usaha yang akan digeluti oleh perusahaan tersebut, alamat perusahaan dan juga nomor telepon kantor yang dapat dihubungi dengan struktur modal sekaligus struktur organisasi dari susunan pengurus atau pemegang sahamnya.
  • Surat keterangan domisili yang asalnya dari pengelola gedung apabila Anda memilih domisili perusahaan di wilayah gedung perkantoran.
Read More :  Syarat dan Biaya Mendirikan PT Untuk Bisnis Pemasaran Digital

Ada beberapa dokumen yang nantinya akan Anda peroleh setelah mengurus PT PMA ini antara lain:

  • Akta pendirian dari notaris untuk perusahaan PMA ini.
  • Pemberian izin prinsip yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM.
  • Tanda Daftar Perusahaan atau TDP khusus untuk PMA.
  • Surat keterangan domisili untuk PMA.
  • NPWP perusahaan untuk PMA.
  • SK pengesahan untuk PMA yang sudah dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Jika Anda tidak mau mengurus biayanya, maka Anda hanya perlu menggunakan jasa perizinan yang bisa menggantikan peran Anda dan Anda hanya cukup membayar total biaya pendirian PT PMA.

Scroll to Top