Biaya Pendirian PT & Ketentuan Lain Yang Harus Di Ketahui

Jakarta, IzinMudah.Com – Bagi pengusaha yang baru tentu belum mengetahui tentang besaran biaya pendirian PT, dan ini menjadi satu hal yang penting. Harga untuk mendirikan PT bisa menjadi harga yang relatif tergantung dari jenis usaha yang akan didirikan. Namun, berapapun biayanya asalkan Perusahaan bisa berkembang lebih pesat dan menjadi PT yang resmi maka tidak akan masalah.

Saat ini dengan ide kreatif dan inovatif bisa mendirikan PT mulai dari skala yang kecil hingga skala yang besar. Mulai dari bisnis kuliner, elektronik, fashion dan lainnya bisa dikembangkan dengan baik. Jika mengalami kendala mendirikan PT, tentunya Anda bisa menggunakan jasa pembuatan PT, cukup banyak yang memberikan jasa pengurusan pembuatan PT hingga proses akhir dan dengan harga yang pastinya terjangkau, salah satunya adalah IzinMudah.Com.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Pendirian PT

Tempat Usaha

Beragam hal penting yang harus mulai disiapkan untuk mendirikan PT. Pertama adalah PT harus memiliki tempat secara konkret dan nyata. Hal ini berfungsi sebagai bukti jika memang PT yang dibuat tersebut benar-benar ada. Memilih tempat untuk PT juga harus yang strategis supaya langsung mendapatkan izin.

Read More :  Biaya Pendirian CV : Syarat dan Proses Pembuatan

Terutama di kota besar seperti Jakarta, pemilihan tempat harus benar-benar dilakukan sebaik dan secermat mungkin. Hal paling penting jika memilih tempat PT terutama di Jakarta adalah di Jakarta tidak bisa menggunakan rumah tinggal sebagai domisili atau alamat PT yang akan didirikan.

Bukan hanya rumah tinggal, ruko pun juga harus di pilih dengan teliti dan cermat. Di Jakarta tidak semua ruko menjadi zonasi usaha. Oleh karena itulah sangat perlu dan penting untuk diperhatikan untuk melakukan survey terlebih dahulu dan menentukan tempat yang pas untuk domisili tempat usaha.

Akta Pendirian

Dalam mendirikan suatu usaha terutama untuk pendirian sebuah PT dibutuhkan banyak sekali izin dan dokumen. Sehingga Biaya pendirian PT akan disesuaikan dengan apa berbagai dokumen pelengkap dan juga tahap dalam pembuatan PT. Dibandingkan harus mencari seluruh izin dan perijinan sendiri yang bisa lebih mahal maka bisa menggunakan jasa untuk pendirian PT.

Apalagi untuk syarat akta pendirian harus disusun dengan baik dan benar supaya langsung mendapatkan perijinan dari pihak OJK. Alur pendaftaran harus  dilakukan secara runtut supaya prosesnya menjadi semakin cepat.

OJK mengatur dengan baik dan sangat detail mulai dari persyaratan dan alur untuk mendaftarkan PT yang baru. Biaya pendirian PT juga termasuk dari segi pendaftaran juga lebih hemat karena waktu untuk mendirikan PT jauh lebih singkat dibandingkan dengan kebijakan yang dulu. Waktu yang singkat akan membuat biaya yang keluar juga tidak terlalu mahal.

Read More :  Biaya Notaris Pembuatan PT Tidak Murah Namun Hasilnya Sangat Sepadan

Modal Usaha

Modal usaha untuk mendirikan sebuah PT juga sudah diatur dalam Undang-Undang. UU No.14 Tahun 2007 mengatur jika sebuah PT yang akan didirikan paling tidak memiliki modal awal sebesar Rp 50 juta.

Pendaftaran dan Perizinan

Biaya pendirian PT biasanya dihitung mulai dengan biaya untuk melakukan pendaftaran atau perizinan. Bagi pengusaha yang sudah mulai mendirikan usaha sebaiknya langsung untuk melakukan pendaftaran untuk usaha yang didirikan.

Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan permohonan pendaftaran melalui Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan yang lainnya. Ketika melakukan pendaftaran untuk mendapatkan izin ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat untuk mengajukan pendaftaran.

Dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah akta pendirian badan hukum, identitas dari para pemegang saham, direksi dan komisaris, photocopy NPWP, surat keterangan domisili dan juga bukti untuk pemenuhan persyaratan modal. Jika dalam pengajuan sudah melengkapi seluruh dokumen maka izin dari usaha akan diterbitkan oleh OJK 10 sehari setelah pendaftaran.

Dalam mengajukan persyaratan atau pendaftaran untuk mendirikan usaha ini memang akan sedikit lebih ribet dan sangat menyita waktu sehingga banyak yang memilih penggunaan jasa meskipun Biaya pendirian PT. Hal yang biasanya akan menjadi satu tahap yang melelahkan dan menyita waktu pada bagian persyaratan modal dimana bank akan meminta perusahaan sudah menunjukkan syarat pendirian.

Read More :  Syarat Membuat PT 2019 dan Detail Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan

Harga atau Biaya Pendirian PT

Biaya pendirian PT bisa sangat beragam dan berbeda tergantung dari besarnya PT dan juga lokasi dari PT tersebut. Kami sebagai salah satu jasa pembuatan PT di Jakarta memberikan harga atau biaya termruah. Untuk bisa lebih detail mengenai berapa harga yang diperlukan bisa langsung untuk menghubungi kami. Dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Scroll to Top