Biaya Pendirian Yayasan dengan Jasa Notaris

Jakarta, IzinMudah.Com – Pendirian yayasan secara resmi tentu akan memudahkan pemilik karena banyak orang yang tergabung dalam yayasannya akan merasa aman dalam melakukan kegiatan di berbagai bidang. Sehingga pendirian yayasan resmi merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Untuk mendirikan yayasan secara resmi, tentunya memerlukan biaya pendirian yayasan yang harus dikeluarkan.  Hal tersebut karena dalam mendirikan yayasan akan memerlukan pengeluaran dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan.

Syarat Dan Langkah Pendirian

Yayasan merupakan badan hukum yang didirikan dengan tujuan tertentu dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun  2001 Pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa yayasan merupakan badan hukum yang mempunyai kekayaan yang dipisahkan. Tujuan dari pendirian yayasan lebih didasarkan pada misi sosial dan tidak mengejar keuntungan atau profit.

Hal tersebut kemudian menjadikan peraturan mengenai yayasan kembali diperbarui yaitu pada Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2004. Dalam peraturan perundang-undangan ini, yayasan mendapatkan status sebagai badan hukum yang memperoleh pengesahan dari menteri.

Dari peraturan tersebut membuat biaya pendirian yayasan sedikit banyak mengalami penyesuaian. Meski hingga tahun 2019 masih jauh lebih murah daripada pembuatan badan usaha berbentuk PT ataupun CV.

Yayasan kebanyakan didirikan oleh kelompok masyarakat tertentu yang mempunyai persamaan tujuan dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Karena bergerak di bidang tersebut, yayasan di masyarakat luas dipandang sebagai bentuk badan usaha mandiri yang bebas dari pengaruh kepentingan politik ataupun tujuan pribadi suatu orang.

Read More :  Biaya Pengurusan SIUJK yang Murah dan Berkualitas

Pembentukan yayasan dapat dilakukan dengan menggunakan bentuk sebagai lembaga formal ataupun informal. Yayasan yang mempunyai tujuan di bidang sosial misalnya saja yaitu rumah sakit, panti jompo, panti asuhan, laboratorium dan sebagainya.

Kemudian untuk yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan seperti yayasan untuk membantu masyarakat terkena bencana, yayasan untuk tunawisma atau gelandangan. Lalu yayasan yang bergerak di bidang keagamaan yaitu seperti pesantren, sekolah keagamaan hingga yayasan yang mengurus masalah zakat.

Syarat dan prosedur dalam mendirikan yayasan terdiri dari penentuan nama yayasan yang akan digunakan, kemudian dilanjutkan dengan penentuan bidang tujuan yayasan (sosial, kemanusiaan dan keagamaan).

Setelah penentuan nama dan bidang yang akan dituju, para pendiri yayasan perlu menyediakan struktur organisasi yayasan dengan minimal terdiri dari 5 orang, fotokopi KTP dan NPWP dari ketua dan pendiri yayasan, dan yang terakhir yaitu pas foto berwarna 3×4 sebanyak 4 lembar.

Setelah menyiapkan seluruh syarat yang dibutuhkan, dokumen tersebut kemudian dibawa ke notaris untuk membantu mendirikan yayasan. Biaya pendirian yayasan tentunya juga dipengaruhi dari biaya jasa notaris yang harus dibayarkan untuk membantu pengurusan pendiriannya.

Dokumen pendirian yayasan yang telah lengkap kemudian akan diajukan notaris ke Departemen Hukum dan HAM. Pengajuan ini memerlukan waktu hingga 2 minggu untuk melakukan pengecekan nama yayasan dan kelengkapan dokumen yang diajukan.

Apabila pengajuan tersebut disetujui, maka pendirian yayasan akan dilakukan dengan pengesahan tanda tangan di hadapan notaris. Setelah pendirian yayasan disetujui dan ditandatangani oleh pendiri dan pengurus organisasi, langkah selanjutnya yaitu mengajukan Anggaran Dasar yang telah ditetapkan. Anggaran dasar tersebut akan diajukan kembali ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan pengesahan dari Menteri. 

Read More :  Biro Jasa SIUP TDP

Biaya Pendirian  Yayasan Dengan Jasa Notaris

Pendirian yayasan sebagai suatu badan hukum yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan tidak mempunyai prosedur dan syarat yang menyusahkan.

Hal tersebut juga menyangkut biaya pendirian yayasan yang cenderung jauh lebih murah dari pada badan hukum seperti PT dan CV. Biaya untuk mendirikan yayasan sendiri didapatkan dari hasil sumbangan sukarela dari orang tertentu dengan tidak adanya ikatan dalam penyumbangan modal pendirian tersebut.

Biaya pendirian yayasan dengan menggunakan jasa notaris berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Selain itu, biaya pendirian tersebut juga sudah meliputi paket pembuatan hingga yayasan tersebut berdiri. Hal tersebut dikarenakan dalam pendirian yayasan, tidak terdapat prosedur ataupun syarat yang menyulitkan. Selain itu, waktu pengerjaan untuk pendirian yayasan juga termasuk cepat, yaitu sekitar 3 hari kerja.

Scroll to Top