Biaya Pendirian Yayasan

Biaya pendirian yayasan memanglah tidak sedikit, namun bukan berarti juga harus sangat mahal. Sekarang hampir setiap kota sudah banyak yang membuka jasa untuk mendirikan sebuah yayasan dengan berbagai macam harga sesuai dengan paket yang diinginkan. Yayasan biasanya didirikan oleh satu orang maupun sekelompok orang dalam melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, atau sejenisnya. Sebelum Anda dan rekan kerja atau teman Anda bergabung untuk pembuatan yayasan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu yayasan.

Apa Itu Yayasan?

Dengan mendirikan yayasan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman ketika seseorang akan melakukan kegiatan sosial , keagamaan, pendidikan dan lain sebagainya, karena dengan adanya yayasan yang resmi serta terdaftar maka aktivitas pun akan lebih mudah. Sedangkan untuk yayasan sendiri adalah suatu badan hukum terdiri dari kekayaan yang sudah dipisahkan dan digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pada bidang sosial, keagamaan, serta kemanusiaan yang tidak memiliki anggota.

Untuk maksud dan tujuan dari sebuah yayasan tidak dapat bersifat umum, karena hal-hal yang ada dalam yayasan sudah ditentukan, sudah dibatasi, dan bersifat khusus dalam melakukan setiap kegiatan. Bagi pendiri yayasan tidak boleh meraup keuntungan pribadi karena hal tersebut sudah berlawanan dengan undang-undang. Karena hasil dari sumbangan atau profit dari usaha sebuah yayasan harus diperuntukkan untuk pendirian sebuah yayasan atau untuk biaya pendirian yayasan.

Read More :  Jasa Pengurusan NIK

Sebelum Anda berfikir mengenai biaya pendirian yayasan, lebih baik ketahui terlebih dahulu apa syarat dari mendirikan sebuah yayasan.

Ketahui Syarat Pendirian Yayasan sebelum Mengetahui Biaya Pendirian Yayasan

Penentuan Nama Yayasan

Langkah pertama dalam mendirikan sebuah yayasan adalah menyiapkan nama untuk yayasan tersebut. Memberi nama sebuah yayasan juga tidak mudah, karena untuk beberapa nama yayasan tidak akan langsung disetujui. Departemen hukum dan HAM biasanya tidak menyetujui nama yayasan karena beberapa alasan, seperti nama tersebut sudah dipakai oleh yayasan lain atau nama tersebut tidak sesuai untuk nama sebuah yayasan yang dipandang mulia.

Menentukan Bidang

Ketika Anda akan mendirikan sebuah yayasan, ketahui terlebih dahulu pada bidang apa yayasan Anda akan bergerak. Karena menentukan sebuah bidang yayasan adalah suatu syarat dalam mendirikan yayasan. Untuk lebih mudah fokus lah pada satu bidang saja, seperti yayasan yang akan bergerak di bidang agama.

Syarat Administratif Pendiri

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan syarat dalam mendirikan yayasan, maka bentuk lah struktur yayasan yang jelas. Buatlah susunan struktur organisasi yayasan untuk pendiri, pembina, dan juga pengurus harian yang minimal berjumlah 5 orang. Ketika struktur organisasi sudah siap, lanjutkan dengan menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk untuk semua orang, pas foto berwarna yang berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, dan jangan lupa untuk fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak bagi pendiri atau ketua yayasan.

Read More :  Jasa Pendirian PT, Proses Di Jamin Cepat dengan Biaya Murah

Datanglah Ke Notaris

Setelah semua dokumen yang untuk persyaratan sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah Anda datanglah ke notaris. Setelah Anda menyerahkan semua dokumen tadi, yang harus Anda lakukan adalah menunggu notaris akan mengajukan semua dokumen pendiri yayasan ke Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bersabarlah, karena biasanya untuk memperoleh persetujuan Anda memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu dalam menunggu.

Waktu 2 minggu sudah terbilang cepat, karena banyaknya dokumen yang harus dicek, apakah sesuai atau tidak. Kemudian, apabila sudah disetujui maka akan ditandatangani di depan notaris.

Anggaran Dasar

Untuk anggaran dasar dapat juga dikatakan sebagai biaya pendirian yayasan. Dalam mengajukan anggaran dasar, sebelumnya harus ada persetujuan dari pendiri atau ketua serta semua pengurus yayasan dengan cara menandatangani dokumen anggaran dasar. Setelah mendapat persetujuan dari pengurus yayasan, selanjutnya bawalah anggaran dasar ke notaris yang kemudian akan diajukan ke pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, barulah Anda memperoleh pengesahan dari Menteri.

Info Biaya Pendirian Yayasan

Ketika Anda akan mendirikan sebuah yayasan, tidak ada yang susah dalam mengurus semua syaratnya. Namun, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa berurusan dengan hukum tentu akan menjadi sulit dalam memenuhi semua syarat-syaratnya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan jasa pendirian yayasan, sehingga urusan pendirian yayasan akan lebih mudah dan berjalan lancar. Anda dapat hubungi kami untuk kerja yang cepat dan harga yang terjangkau [info harga hubungi kami].

Read More :  Cara Membuat PT yang Perlu Diketahui Sebelum Biaya Buat PT 2020
Scroll to Top