Biaya Pengurusan Izin Prinsip BKPM

Pertumbuhan ekonomi di dalam negeri semakin meningkat dan buktinya adalah banyak sekali pihak yang berusaha untuk mencari tahu berapa biaya pengurusan izin prinsip BKPM dan menggunakan jasa perizinan usaha untuk melakukan segala pengurusan.

Namun apa sebenarnya BKPM dan apa saja syarat terbaru yang dibutuhkan? BKPM sebenarnya merupakan sebuah lembaga pemerintah namun sifatnya non departermen di Indonesia dengan tugas khusus.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Mencari Biaya Pengurusan Izin Prinsip BKPM

Dapat dikatakan bahwa BKPM ini merupakan badan lembaga yang memiliki tugas utama untuk merumuskan adanya kebijakan dari pemerintah dalam bidang penanaman investasi maupun modal baik itu di dalam maupun luar negeri.

Kepanjangan dari BKPM adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal sehingga siapapun yang memiliki kepentingan untuk melakukan penanaman modal dan investasi di Indonesia harus berurusan dengan badan ini tidak peduli apakah Anda memiliki PT atau tidak.

Siapapun yang ingin melakukan penanaman modal untuk perusahaan lokal ataupun perusahaan asing, maka sebelum kegiatan Anda dilakukan, maka BKPM menjadi tujuan utama untuk mengurus perizinannya sehingga aman dan lancar dalam menjalankan aktivitas.

Per Januari 2018 tahun lalu, pengurusan izin ini sudah berubah menjadi pendaftaran investasi dan nantinya Anda akan memperoleh lebih dari 1 surat izin yang menandakan bahwa Anda bisa menanamkan modal itu.

Bagi para investor yang masih baru dan ingin memulai penanaman modal tersebut, maka wajib bagi mereka untuk mengurus izin prinsip ini sesuai dengan ruang lingkup PMA atau PMDN.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Jakarta 2017

Di dalamnya pun juga termasuk beberapa perijinan penting seperti izin untuk menggunakan tenaga kerja asing TDP, NPWP perusahaan, akta, nama perusahaan, izin investasi dan sebagainya. Karena itulah, Anda harus tahu berapa biaya pengurusan izin prinsip BKPM yang sesungguhnya dari agen jasa Anda.

Syarat Utama dari Biaya Pengurusan Izin Prinsip BKPM

Selain digunakan untuk proses investasi baru, sebenarnya izin prinsip ini pun juga memiliki beberapa tipe seperti izin prinsip perluasan yang akan digunakan untuk memperluas perusahaan atau ekspansi.

Kemudian terdapat pula izin prinsip perubahan yang nantinya akan diurus hanya jika terdapat perubahan pada rencana investasi awal dan terakhir adalah izin prinsip penggabungan atau merger yang dugunakan untuk menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan.

Sementara untuk PMA atau Penanaman Modal Asing, dibutuhkan modal yang sesuai dengan syarat. Sebenarnya, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengurus BKPM? Inilah syarat utama yang harus dipersiapkan oleh para calon investor antara lain:

  1. Fotokopi KTP untuk WNI dan fotokopi paspor hanya untuk WNA
  2. Fotokopi Surat Domisili Usaha
  3. Bidang atau jenis usaha yang akan dijalankan
  4. Alamat perusahaan yang jelas
  5. Nomor telepon perusahaan yang jelas

Anda bisa memenuhi semua syarat yang masih terbilang mudah ini dan setelah proses berakhir, maka Anda bisa menerima beberapa sertifikat maupun surat izin dan berikutnya bisa melanjutkan lagi proses di kementerian yang telah terkait.

Read More :  Prosedur Lengkap Pengurusan PT Dalam Paket Biaya Buat PT

Jika Anda tidak ingin merasa kerepotan dalam mengurus berbagai macam syarat dan juga bolak balik dari satu tempat ke tempat lain, maka Anda bisa menggunakan jasa pengurusan berbagai macam surat izin di wilayah Anda sehingga lebih praktis.

Ini merupakan cara praktis yang selalu dilakukan oleh banyak orang saat ini sehingga mereka hanya perlu membayar total biaya pengurusan izin prinsip BKPM dengan baik dan menunggu beberapa hari hingga semua surat itu jadi dan Anda bisa langsung menjalani usaha yang diinginkan.

Penuhi dengan baik semua syaratnya dan berikan langsung kepada agen jasa usaha perizinan itu sehingga mereka tidak akan kerepotan dalam pengurusan dan Anda pun juga hanya tinggal menunggu semua hasilnya.

Scroll to Top