Biaya Pengurusan SIUJK

Biaya pengurusan SIUJK dapat dibuat dengan mudah yaitu dengan memanfaatkan jasa pembuatan SIUJK yang sudah berada di daerah masing-masing. SIUJK ini sangat penting karena nantinya sebuah perusahaan akan mendapatkan sertifikat kelulusan di dalam hal Administrasi perusahaan serta telah terdaftar secara resmi pada website IPJK. Selanjutnya setelah perusahaan Anda terdaftar secara resmi di IPJK, maka perusahaan Anda dapat dinyatakan lulus dan aman.

Dengan memanfaatkan jasa pembuatan SIUJK, maka akan Anda peroleh biaya pengurusan SIUJK yang lebih murah, karena konon harga dalam pembuatan SIUJK sangat mahal. Sebelum Anda mengetahui mengenai syarat dan ketentuan pengurusan SIUJK, lebih baik ketahui terlebih dahulu apa itu SIUJK.

Sekilas Mengenai SIUJK Sebelum Mengetahui Biaya Pengurusan SIUJK

Perlu Anda ketahui apabila SIUJK ini wajib dimiliki setiap perusahaan konstruksi ketika mengikuti tender dan harus mengurangi biaya pph 23. Kepanjangan dari SIUJK adalah Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi yang mana surat ini berfungsi sebagai surat untuk perusahaan yang melakukan kegiatan di bidang konstruksi, baik lingkungan pemerintah, BUMN, maupun yang Non Pemerintah.

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah pada perusahaan dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan usaha jasa konstruksi, baik untuk perencana konstruksi, pelaksana konstruksi, maupun sebagai pengawas serta perencana konstruksi. Apabila perusahaan Anda mempunyai SIUJK, maka perusahaan Anda sudah dijamin lulus pada tahapan pertama ketika melakukan uji administrasi.

Read More :  Biaya Pembuatan SIUJK dan SBU

Biasanya perusahaan memiliki izin resmi dengan bentuk sertifikat dan dapat ikut tender konstruksi di semua bidang, seperti bidang sipil, tata lingkungan, mekanik, dan lain sebagainya.

Ketahui Syarat dan Ketentuan dalam Pembuatan SIUJK Sebelum Membahas Biaya Pengurusan SIUJK

Legal Umum Usaha

Syarat pertama yaitu fotokopi Legal Umum Usaha atau akta pendirian perusahaan yang sudah terdaftar pada Departemen Kehakiman atau Pengadilan.

Adanya SKA (Tenaga Ahli) yang Asli

Untuk Sertifikasi Tenaga Ahli tergantung pada kualifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi yang Anda butuhkan. Apabila klasifikasi kecil atau K1 maka Anda cukup membutuhkan SKT dengan ijazah Sekolah Menengah Umum atau STM. Sementara apabila Anda memilih klasifikasi M1 maka Anda membutuhkan SKA. Hal tersebut berarti Anda harus mempunyai tenaga ahli yang minimal adalah sarjana.

Jumlah sarjana yang Anda butuhkan tergantung pada berapa bidang yang akan Anda kerjakan nantinya. Menurut Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi yang sudah mengumumkan klasifikasi serta sub-klasifikasi yang lengkap beserta kode-kodenya yaitu untuk SKA yang Anda butuhkan adalah sesuai dengan berapa bidang yang akan di kerjakan, misalnya perusahaan Anda mengerjakan 3 klasifikasi, maka Anda hanya membutuhkan 4 SKA yang terdiri dari 1 penanggung jawab teknik dan 3 penanggung jawab klasifikasi.

Setiap SKA haruslah mengikuti training yang sudah ditentukan oleh asosiasi profesi terkait serta mengikuti wawancara atau membuat sebuah karya ilmiah sesuai dengan bidang yang mereka pilih sebelum mendapatkan SKA. Adapun syaratnya adalah S1 Teknik dan Pertanian, mengisi formulir keanggotaan, memberikan fotokopi Ijazah S1, fotokopi KTP, menyertakan pasfoto 3 x 4 sebanyak 4 lembar, dan menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Read More :  Biaya Perubahan Akta Perusahaan dan Proses Pengurusannya

Adanya KTA (Asosiasi) Asli

Anda harus menyertakan Kartu Tanda Anggota Asosiasi yang asli. Jadi sebelum Anda memikirkan berapa biaya pengurusan SIUJK maka persiapkan terlebih dahulu Kartu Tanda Anggota Asosiasi.

Sertifikat Badan Usaha yang asli

Untuk mendapatkan SBU Anda harus mempunyai sertifikasi tenaga ahli atau SKA dan harus menjadi anggota salah satu asosiasi yang ter akreditasi di LPJK. Kemudian bayarlah biaya ketika mengurus SBU sesuai dengan bidang yang Anda kerjakan. Syarat dalam membuat Surat Badan Usaha yang pertama yaitu akta pendirian Usaha, adanya SK Menteri Hukum dan HAM, surat keterangan domisili usaha, dan mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak.

Syarat selanjutnya adalah mempunyai Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, Pengusaha Kena Pajak, mempunyai neraca serta laporan keuangan perusahaan, mempunyai SKA atau SKT, mempunyai KTA, KTP pengurus perusahaan, KK penanggung jawab perusahaan, menyertakan pasfoto 4×6 sebanyak 4 lembar, dan terakhir harus ada struktur organisasi pengurus perusahaan.

Foto dari Direktur Utama

Bagi direktur utama biasanya akan disuruh hadir untuk berfoto dan ini bersifat wajib.

Info Biaya Pengurusan SIUJK

Ketika Anda akan mengurus SIUJK maka hendaklah meminta bantuan pada tenaga yang sudah handal, sehingga untuk proses dan kepengurusan SIUJK dapat berjalan lancar. Pilihlah jasa pembuatan SIUJK yang sudah terpercaya serta memberikan biaya pembuatan SIUJK dengan harga murah dan cepat seperti kami [info harga hubungi kami].

Read More :  Syarat Pembuatan PT di Notaris
Scroll to Top