Bikin PT Murah Namun Jelas di Mata Hukum Dengan UUPT

Badan usaha di Indonesia ada beragam dan PT merupakan salah satu yang notabennya berada di peringkat tertiinggi dan kemudian disusul dengan CV dan sebagainya. Namun para pemilik modal biasanya akan tertahan dengan biayanya karena mengira bahwa bikin PT murah itu bohong.

Padahal bapak Presiden Jokowi telah memberikan kebijakan bagi mereka yang ingin membuat PT dan memberikan kemudahan sehingga biayanya murah plus masih banyak keuntungan.

Bikin PT Murah Namun Kredibilitas Perusahaan Sangat Terjaga

Dibandingkan beberapa tahun yang lalu, bila Anda membandingkan antara pembangunan PT yang dulu dengan sekarang sangatlah beda apalagi dalam segi biaya.

Kini bikin PT murah bahkan syaratnya pun tidak memberatkan sebab pemerintah memang berencana untuk membuat para pemilik modal dapat membuka dan memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang guna mensejahterakan perekonomian rakyat. Belum lagi, masih banyak lagi keuntungan lain diberikan.

Tak heran jika banyak orang dan ahli bisnis pun lebih menyarankan bagi para pemula yang terjun ke dunia bisnis untuk langsung mendirikan PT karena keuntungannya bukan dari segi dana pembuatannya saja melainkan ada lagi beberapa diantaranya:

  • Kredibilitasnya jauh lebih tinggi dari badan usaha lainnya

Karena perusahaan itu memiliki status sebagai badan hukum, maka PT pun juga tidak identik dengan yang namanya kekayaan maupun nama dari pemilik. Di dalam sebuah hubungan bisnis dengan pihak yang ketiga, PT perlu melakukan tindakan sendiri guna kepentingannya sendiri dengan wakilnya adalah pengurus.

Read More :  Syarat Pendirian PT yang Mudah dan Paling Gampang,Akta sk, 3,3Juta

Bila memperoleh keuntungan, maka itu milik perusahaan dan jika mengalami kerugian, maka yang menanggung adalah harta kekayaan yang dimiliki oleh PT.

Adanya pemisahan tersebut antara harta para pemilik perusahaan dengan harta kekayaan perusahaan membuat mitra mereka pun juga dapat membuat sebuah penilaian tentang kemampuan usaha dalam melakukan transaksi berbisnis.

Untuk membuktikan kredibilitas yang dimiliki sebuah PT, maka harus ada kewajiban dalam menyetorkan modal penuh yang telah ditempatkan dengan minimum 25% dari seluruh modal dasarnya dan hal tersebut dibuktikan dengan adanya setoran berdasarkan UUPT pasal 33.

Beda dengan perusahaan non badan hukum lainnya seperti CV, firma dan persekutuan perdata yang sama sekali tidak ada peraturan tentang bukti setor dan modal setor.

Biaya Bikin PT Murah Namun Organ Perusahaan Jelas Peranannya

  • Setiap organ di dalam perusahaan mempunyai peran masing-masing

Semua organ di dalam perusahaan yaitu RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham, komisaris hingga direktur memiliki peranan masing-masing dengan RUPS merupakan wewenang yang paling tinggi.

Sesuai UUPT pasal 1 ayat 2, RUPS memiliki wewenang yang tidak akan diberikan untuk dewan komisaris maupun direksi dalam batas yang telah ditentukan dalam UU atau anggaran dasar.

Organ berikutnya yang penting dibawah RUPS adalah direksi yang memiliki wewenang sekaligus tanggung jawab penuh untuk mengurus perseroan demi kepentingan perusahaan sesuai tujuan dan maksud dibangunnya PT tersebut bahkan menjadi wakil resmi dari PT baik di luar pengadilan maupun di dalam berdasarkan pada ketentuan dari anggaran dasarnya.

Read More :  IUT BKPM

Dewan komisaris memegang peranan berikutnya yang mempunyai tugas resmi untuk mengawasi secara khusus maupun umum berdasarkan anggaran dasar sekaligus memberikan nasehat pada dewan direksi. Posisi komisaris dan direksi ini sama sekali tidak dapat dirangkap oleh pihak yang sama di dalam satu PT.

Itu merupakan alasan mengapa Anda bisa memilih untuk mendirikan sebuah PT dibandingkan badan hukum yang lain karena semuanya sudah sangat jelas dan memiliki peranan pokok. Sama sekali tidak ada sedikitpun satu pihak yang akan dirugikan maupun diuntungkan. Semua kegiatan akan memiliki tujuan untuk kepentingan masa depan perusahaan. Tak heran dengan proses pembuatan mudah, sekarang bikin PT murah sekali.

Scroll to Top