Bikin PT

Bikin PT memang tidak membutuhkan biaya yang sedikit, namun jika Anda dapat menemukan biro pembuatan PT yang bekerja dengan unsur cepat dan hemat waktu tentu saja dapat menekan pengeluaran biaya ketika mendirikan PT. Di tahun 2016, Presiden telah memberikan kebijakan ekonomi yang membuat pelaku usaha lebih mudah dalam hal mengurus perizinan usaha yaitu dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan XII.

Apa Itu Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas adalah badan usaha serta besar modal perseroan tertera pada anggaran dasar. Untuk kekayaan perusahaan adalah berbeda dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga mempunyai kekayaan sendiri. PT juga harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan di dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas dan peraturan pelaksanaannya. Ketika akta pendirian perseroan ditandatangani oleh para pendirinya di hadapan notaris, maka dapat dinyatakan jika PT sudah resmi berdiri.

Ketika Anda akan Bikin PT, dalam mendapatkan status badan hukum akan diperoleh setelah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk akta pendiriannya. Yang mana hal tersebut sesuai dengan Dasar Hukum pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sebelum Anda akan Bikin PT, sebaiknya harus benar-benar mengetahui mengenai prosedur dan syarat dalam mendirikan sebuah PT.

Prosedur dan Persyaratan Ketika Bikin PT

Mempersiapkan Data Pendirian Perseroan Terbatas

Ketika Anda mempersiapkan data pendirian PT, terlebih dahulu siapkan nama untuk PT tersebut. Nama PT minimal terdiri dari 3 suku kata dan tidak boleh menggunakan serapan asing serta tidak boleh menggunakan nama PT yang sudah ada. Mengenai pengaturan lengkap pemakaian nama PT sudah diatur di dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

Read More :  Cara Buat PT

Selanjutnya yaitu di mana nanti alamat PT dan untuk berkedudukan hukum. Berada di wilayah Kotamadya atau Kabupaten, seperti apabila Anda akan mendirikan PT di Jakarta Barat dan menggunakan Jakarta Barat sebagai tempat kedudukan PT dalam pendirian PT, maka alamat PT harus berada di wilayah Jakarta Barat. Ketika alamat PT tidak di Jakarta Barat, maka pada praktiknya akan dianggap sebagai cabang dan harus dibuatkan Akta Cabang serta diurus perizinannya.

Berikutnya adalah apa maksud dan tujuan PT tersebut didirikan. Kemudian ada struktur permodalan PT yang mana sudah tercantum dalam PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas, yang mana dahulu minimal modal dasar adalah 50 juta tetapi setelah ada Peraturan Presiden tersebut untuk modal dasar tergantung pada kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas. Selanjutnya buatlah pengurus PT yang terdiri dari direktur dan komisaris.

Membuat Akta Pendirian Di Notaris

Dalam pemilihan notaris Anda bisa menggunakan notaris mana saja, asal sudah terdaftar di Kemenkumham. Semua pendiri PT harus tanda tangan di hadapan notaris, ketika penandatanganan Akta Pendirian dari notaris akan meminta beberapa dokumen.

Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Setelah pengurusan Akta Pendirian selesai, notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM. Sebelum nantinya PT tersebut akan lahir sebagai badan hukum yang diakui oleh negara, Menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum PT. Hal tersebut akan menjadikan PT membuat kontrak dengan pihak ketiga dan melakukan perbuatan hukum lain atas nama PT .

Read More :  Jenis Izin Pengolahan Minyak dan Kendala dalam Pengajuannya

Mengurus Domisili Kelurahan PT

Pengurus di Perseroan Terbatas harus membuat keterangan domisili perusahaan.

Mengurus NPWP Di Kantor Pajak

PT harus mengurus persyaratan operasional Perseroan Terbatas dengan mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak di mana tempat Perseroan Terbatas berdomisili.

Mengurus Surat Izin Usaha Industri

Karena pembuatan PT bertujuan untuk kegiatan komersial maka harus mempunyai Surat Izin Usaha Industri.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan

Sesuai Pasal 5 ayat 1 yang menyatakan bahwa Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan.

Itulah beberapa cara dalam mendirikan PT beserta persyaratan yang harus dilengkapi. Selanjutnya ketika Anda menggunakan jasa notaris, maka Anda harus memilih yang sudah terpercaya karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memilih jasa notaris yang terpercaya dalam bikin PT.

Keuntungan Bikin PT Menggunakan Jasa Notaris

Keuntungan pertama adalah jasa notaris mudah ditemukan di mana pun karena sekarang ini sudah banyak jasa notaris dan pilihlah yang sudah berpengalaman. Dengan menggunakan bantuan notaris juga Anda akan lebih mudah dalam berbagai hal seperti syarat mudah dipenuhi, biaya akan lebih pasti, dan waktu pengurusan akan lebih cepat saat Anda membuat Perseroan Terbatas.

Scroll to Top