Biro Jasa Perijinan Usaha

Biro jasa perijinan usaha, kebutuhan akan adanya badan usaha di sektor bisnis selalu mengalami peningkatan. Para penggiat bisnis menganggap hal itu penting untuk memisahkan urusan bisnis dan urusan pribadi. Pemerintah pun mengerti akan kebutuhan itu dengan memudahkan orang memulai usaha. Pemerintah mendukung perkembangan usaha di Indonesia karena hal itu juga berdampak positif bagi meluasnya lapangan pekerjaan dan tentu menambah devisa negara. Kebutuhan itu dibarengi dengan banyaknya biro jasa perijinan usaha di kota-kota yang berkembang.

Pentingnya biro jasa perijinan usaha

Proses dan syarat pembuatan PT mulai dipermudah. Di antaranya dengan penurunan modal dasar, syarat administrasi, hingga penyediaan sistem online untuk mendapatkan SIUP dan TDP. Sebelumnya ditentukan Rp 50 juta sebagai modal dasar mendirikan PT dan 25 persennya harus disetor penuh. Sekarang modal dasar untuk UMKM berubah menjadi sesuai dengan kesepakatan para pendirinya, hal itu ada pada PP Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas. Artinya, modalnya adalah modal yang disepakati bersama dan itu bisa di bawah 10 juta.

Upaya memang sudah dilakukan pemerintah untuk mempermudah syarat dan prosedur pembuatan PT, tapi Anda juga bisa mencari tahu lewat biro jasa perijinan usaha yang sekarang mudah dicari.

Kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, dan Bandung sudah menjalankan kemudahan itu dengan cara menghapuskan sebagian atau bahkan seluruh izin usaha untuk UMKM. Bila Anda termasuk di dalamnya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu proses, langkah, dan biaya yang dibutuhkan. Berikut akan diulas secara singkat ;

Read More :  Pendaftaran Produsen Minyak Goreng

Modal dalam Mendirikan PT

Besarnya modal untuk mendirikan usaha harus dipahami terlebih dahulu. Mengacu pada UU No 40 Tahun 2007 menyebutkan bahwa modal yang perlu disiapkan untuk sebuah PT adalah 50 juta. Terpenuhinya modal tersebut menjadi sebuah hal penting sebagai dasar dari hukum sebuah perusahaan PT. Akan tetapi, karena banyak pengusaha yang menganggap itu adalah kendala. Pemerintah kemudian mengeluarkan PP No. 29 tahun 2016 yang modalnya berubah khususnya untuk yang mendirikan UMKM.

Domisili Usaha

Selanjutnya anda tentukan domisili perusahaan di mana akan membangunnya. Dalam Peraturan Daerah khusunya di DKI Jakarta, No. 1 tahun 2004 mengenai ruang dan zonasi. Pentingnya dilakukan pengurusan tentang SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan). Sebab dokumen lainnya, seperti NPWP, SIUP, TDP dan sebagainya.

Tentukan Bidang Usaha

Jenis usaha terlebih dahulu harus dipikirkan di mana harus sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan oleh pemerintah. Nantinya bisa mempermudah dalam pengurusan surat-surat yang lain.

Dalam menentukan bidang usaha, setidaknya poin-poin berikut perlu anda perhatikan:

  • Bidang usaha apa pun boleh dipilih, kecuali yang dilarang oleh peraturan dan tertutup
  • Bidang usaha harus dimasukkan dan tertera dalam akta pendirian PT.
  • Bidang usaha tersebut nantinya akan menentukan jenis izin usaha yang perlu Anda miliki.
  • Bidang usaha yang dipilih sebaiknya spesifik dan sesuai KBLI terbaru. Komoditas yang Anda jual harus spesifik, misalnya untuk perdagangan pakaian eceran ada di kode 4771.
Read More :  Biro Jasa Perizinan Usaha

BPJS Ketenagakerjaan

Pengurusan BPJS ini tidak terlalu sulit asalkan Anda mempunyai persyaratan lainnya. Menggunakan sistem online lebih membuat Anda cepat mengurus dibandingkan sistem offline.

NPWP

Untuk NPWP di dalam sebuah perusahaan terdiri dari 2, yakni untuk Direktur dan Perusahaan. Keduanya harus dipenuhi agar secara legalitas bisa dipenuhi.

SIUP dan TDP

Terakhir sebelum perusahaan berjalan, terlebih dahulu lengkapi dua surat dokumen yang sangat penting. SIUP dan TDP, surat izin yang wajib ada. Sistem pembuatannya bisa dengan cara online yang akan membuat Anda mudah melakukannya atau Anda bisa menyerahkannya pada biro jasa perijinan usaha.

Prosedur yang telah disampaikan tadi adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Tidak bisa perusahaan langsung berdiri, karena itu bisa dikatakan melanggar peraturan pemerintah dan dicap tidak resmi.

Pemerintah berusaha memberikan fasilitas agar tidak hanya pengusaha kelas menengah ke atas yang berkembang. Akan tetapi bagi pengusaha yang termasuk pemain baru dalam dunia bisnis bisa turut di dalamnya. Mengurus perijinan bukanlah suatu hal yang mudah, jika Anda tidak terbiasa dengan berbagai prosedur dalam melakukan pengesahan pembuatan perseroan terbatas. Bila Anda kesulitan mengatur maka silakan cari biro jasa perijinan usaha di sekitar Anda.

Scroll to Top