Biro Jasa PT

Biro jasa PT saat ini banyak dicari oleh pelaku usaha yang akan mendirikan sebuah Perseroan Terbatas. PT sendiri adalah Perseroan Terbatas yang merupakan persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam menjalankan usaha dan mempunyai modal terdiri dari saham-saham, yang mana pemiliknya adalah yang memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Anda akan memperoleh keuntungan apabila memilih biro jasa PT untuk membantu mendirikan PT impian Anda.

Sebelum Anda mendirikan Perseroan Terbatas dengan menggunakan biro jasa PT, lebih baik ketahui dahulu tentang persyaratan administrasi dan prosedur pendiriannya.

Syarat Administrasi yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Biro Jasa PT

Dalam Anda mendirikan sebuah PT, Anda dapat melakukan kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yaitu dengan cara membuat akta pendirian PT di notaris dan menggunakan bahasa Indonesia. Ada pun syaratnya yaitu mencantumkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, serta kewarganegaraan yang mendirikan perseorangan, atau nama, tempat kedudukan serta alamat yang lengkap dan juga menyertakan Tanggal Keputusan Menteri tentang pengesahan badan hukum dari Pendiri Perseroan Terbatas.

Syarat administrasi yang berikutnya yaitu dengan menyertakan identitas lengkap beserta kewarganegaraan anggota direksi dan dewan komisaris yang pertama kali diangkat. Selanjutnya nama pemegang saham yang sudah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, serta nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan setor. Untuk membuat akta pendirian, bagi pendiri dapat diwakili oleh orang lain berdasarkan surat kuasa. Untuk menjelaskan mengenai kewarganegaraan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk pendiri PT tersebut.

Read More :  Legalisasi Pendaftaran/Registrasi Mesin dan Peralatan Industri Cakram Optik

Bagi direktur serta komisaris juga wajib menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk mereka, fotokopi Kartu Keluarga bagi direktur utama. Direktur utama juga harus menyetorkan pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar. Menyertakan juga surat pengantar dari kelurahan sebagai pengurusan izin domisili. Yang terakhir dari syarat administrasi ketika Anda memilih Biro Jasa PT yaitu dengan menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak dari PT yang didirikan.

Itulah di atas beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi ketika Anda akan memilih biro jasa PT. Setelah melengkapi syarat administrasi, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui prosedur apa saja yang digunakan ketika Anda mendirikan Perseroan Terbatas.

Prosedur dalam Pendirian PT dengan Menggunakan Biro Jasa PT

Mempersiapkan Data Pendirian PT

Ketika Anda mempersiapkan data untuk pendirian PT, siapkan terlebih dahulu nama untuk PT tersebut. Nama PT minimal terdiri dari 3 suku kata dan tidak boleh menggunakan serapan asing serta tidak boleh menggunakan nama PT yang sudah ada. Mengenai pengaturan lengkap pemakaian nama PT sudah diatur di dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

Kemudian di mana alamat PT nantinya dan berkedudukan hukum. Berada di wilayah Kotamadya atau Kabupaten. Selanjutnya yaitu adanya maksud dan tujuan PT tersebut didirikan. Kemudian ada struktur permodalan PT yang mana sudah tercantum dalam PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas, yang mana untuk modal dasar tergantung pada kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas. Selanjutnya buatlah pengurus PT yang terdiri dari direktur dan komisaris.

Read More :  Biaya Bikin PT 2020 di Notaris yang Terpercaya

Membuat Akta Pendirian Di Notaris

Untuk memilih notaris bisa menggunakan notaris mana saja, yang penting sudah terdaftar di Kemenkumham. Semua pendiri PT harus tanda tangan di hadapan notaris, ketika penandatanganan Akta Pendirian dari notaris akan meminta beberapa dokumen.

Adanya Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Setelah pengurusan Akta Pendirian selesai, maka notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM. Selanjutnya Menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum PT, yang nantinya PT tersebut akan lahir sebagai badan hukum yang diakui oleh negara. PT sudah bisa membuat kontrak dengan pihak ketiga dan melakukan perbuatan hukum lain atas nama PT .

Mengurus Domisili Kelurahan

Pengurus di Perseroan Terbatas harus membuat keterangan domisili kelurahan perusahaan.

Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak Di Kantor Pajak

PT harus mengurus persyaratan operasional Perseroan Terbatas dengan mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak di mana tempat Perseroan Terbatas berdomisili.

Mengurus Surat Izin Usaha Industri

Karena pembuatan PT bertujuan untuk kegiatan komersial maka harus memiliki Surat Izin Usaha Industri.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan

Sesuai Pasal 5 ayat 1 yang menyatakan bahwa Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan.

Itulah prosedur yang harus dilalui dalam mendirikan Perseroan Terbatas. Pilihlah biro jasa pembuatan PT yang sudah berpengalaman dan terpercaya seperti kami dan akan Anda dapatkan kerja cepat serta harga yang terjangkau.

Read More :  Usaha Industri
Scroll to Top