Buat CV Perusahaan Ada Kendalanya, Apa Saja?

Sebelum Anda resmi menentukan untuk mendirikan CV yang dianggap lebih murah dibandingkan dengan perusahaan lain seperti PT, Anda harus mengetahui tentang kendala atau tantangan yang seringkali dihadapi oleh pemilik modal atau pemilik bisnis dalam buat CV perusahaan.

Jadikan tantangan atau kendala ini sebagai pembelajaran sehingga Anda pun kemudian dapat mengubahnya menjadi motivasi dan mengatasi berbagai kendala itu untuk kemajuan usaha.

Buat Perusahaan Tidak Mudah dan Ada Kendalanya

Meskipun Anda telah menentukan untuk buat CV perusahaan karena murah, lebih mudah dan tidak ribet, akan tetapi tak berarti jika Anda bisa melakukan semuanya dengan baik karena yang namanya kendala tentu akan selalu ada tidak peduli jenis perusahaan atau badan usaha apa yang Anda pilih.

CV tentu harus dibuat dengan berbagai landasan dan biasanya cukup banyak tantangan khususnya bagi para pemula yang sama sekali hanya berorientasi pada keuntungan tanpa adanya persiapan.

Apa saja kendala yang dapat menghambat keinginan para pemilik modal untuk segera melakukan bisnisnya? Inilah beberapa diantaranya:

  • Kendala dalam perizinan usaha

Ketidaktahuan atau Anda tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang izin usaha apapun dan surat yang harus dimiliki akan menjadi kendala paling menyulitkan di masa depan.

Bila hal tersebut terjadi, maka Anda akan menghabiskan biaya dan juga waktu lebih banyak hanya untuk memenuhi semua perizinan yang ditentukan sebelum perusahaan resmi beroperasi.

Read More :  Pertimbangan Teknis Impor Tepung Terigu Non Makanan

Dikarenakan ada orang yang tidak tahu tentang hal ini, maka di dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, pelaku usaha sering salah dalam menetapkan strategi yang penting guna menjalankan bisnisnya itu dengan proses yang legal.

Jika dalam praktek di lapangannya, Anda bisa mengalami kendala untuk mengurus izin tertentu sesuai dengan bidang usaha yang Anda pilih. Pahami lebih dulu seperti apa bisnis yang Anda inginkan dan bila bisnis itu merupakan sebuah hal yang masih baru, maka sebaiknya kenali lebih baik karakternya sehingga mampu untuk mengidentifikasi jenis usaha yang paling Anda butuhkan.

Apa Kendala Dalam Buat CV Perusahaan

  • Menentukan bidang usaha utama yang ingin dilakukan dalam perusahaan

Kendala yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kendala yang pertama sebelumnya. Karenanya sebelum membuat izin usaha, sebaiknya Anda pun juga berusaha untuk menentukan dan memutuskan bidang usaha yang paling tepat.

Sehingga tidak salah untuk mengidentifikasi dari izin usaha tersebut. Perhatikan dengan benar KBLI atau Klarifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.

Bukan hanya mereka yang ingin mendirikan PT saja yang harus memperhatikan hal ini sebab mereka yang ingin membuat CV pun harus memperhatikan jenis badan usaha tersebut. KBLI dapat membantu anda dalam mengidentifikasi izin usaha yang paling dibutuhkan dalam proses membuat PT.

Di dalam KBLI, begitu banyak jenis dari bidang usaha yang terdapat di Indonesia dan semuanya tertulis dalam bentuk kode dengan penjelasan untuk masing-masing kodenya.

Read More :  Syarat Membuat PT 2020 Bisa Alami Perubahan Namun Prosedurnya Tetap

Tidak semua kode dapat Anda masukkan langsung di dalam SIUP namun dengan mengetahui usaha yang Anda jalankan, maka Anda bisa masuk memilih kode yang paling tepat.

Bila bidang yang Anda inginkan tidak termasuk di dalam KBLI, maka bisa jadi mengacu kepada kode dengan menggunakan deskripsi yang sangat mirip atau paling mendekati dengan apa yang Anda jalankan.

Perhatikan dengan baik kendala ini dan jangan sampai setelah Anda memiliki semua izinnya, justru usaha yang Anda jalankan melenceng dari surat izinnya dan akhirnya Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk mengubah semuanya sehingga berjalan dengan baik dan sesuai.

Pastikan untuk buat CV perusahaan pada agen jasa terbaik sehingga semua kendala yang dialami ini bisa dicegah dan terselesaikan dengan sempurna.

Scroll to Top