Buat PT Murah Cepat

PT atau Perseroan Terbatas merupakan salah satu bentuk usaha yang didirikan dari satu orang atau lebih. Pada tahun 2016 Presiden Jokowi telah mengeluarkan kebijakan ekonomi yang menjadikan para pelaku ekonomi mudah dalam mengurus perizinan usaha. Selain itu, cara Buat PT Murah Cepat menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat pendirian suatu PT.

Dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan XII di regulasi ini menjadikan proses pendirian Perseroan Terbatas lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya kebijakan diperbolehkannya virtual office yang mampu mendorong anak muda mendirikan usaha secara mandiri. Namun, dalam membuat PT ada prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa berkembang dengan sukses.

Prosedur Buat PT Murah Cepat

Mempersiapkan Data Pendirian PT

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendirikan sebuah PT adalah mempersiapkan data pendirian PT tersebut. Data pendirian PT sendiri terdiri dari nama PT, tempat dan kedudukan PT, maksud dan tujuan PT, struktur permodalan PT, dan pengurus PT. Data pendirian PT tersebut harus dilengkapi dan diisi dengan benar karena akan menentukan arah dan tujuan PT tersebut untuk ke depannya.

Untuk nama PT minimal terdiri dari tiga suku kata, tidak boleh menggunakan serapan asing, dan menggunakan nama PT yang belum digunakan oleh orang lain. Sedangkan tempat dan kedudukan PT merupakan alamat PT tersebut menurut kedudukan hukum. Untuk maksud dan tujuan PT sudah jelas, yakni PT tersebut didirikan untuk melakukan kegiatan apa saja.

Read More :  Pembuatan PT Jakarta

Membuat  Akta Pendirian di Notaris

Setelah mempersiapkan data pendirian PT dalam prosedur Buat PT Murah Cepat yang berikutnya adalah membuat akta pendirian di Notaris. Akta pendirian PT tidak harus dibuat oleh notaris yang memiliki kedudukan sama dengan tempat PT didirikan, namun bisa notaris dari mana saja asalkan sudah memiliki SK pengangkatan dari Kemenkumham.

Pada saat penandatanganan akta pendirian PT pihak notaris akan meminta beberapa dokumen penting seperti alamat lengkap PT, pengguna nama PT, penyetoran modal, dan juga dokumen-dokumen penting lainnya.

Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Setelah mendapatkan akta pendirian di notaris langkah berikutnya untuk cara Buat PT Murah Cepat adalah mendapat pengesahan dari Menteri Pendirian PT. Setelah akta pendirian PT dibuat, pihak notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum ke pada Menteri Hukum dan HAM.

Karena telah menjadi badan hukum maka PT tersebut dianggap sebagai subjek hukum baru yang memiliki hak dan wewenang yang berlaku selamanya. Salah satu bentuk kewajiban yang harus dilakukan antara lain adalah memiliki nomor pajak dan wajib lapor pajak.

Mengurus Domisili Kelurahan

Mengurus domisili kelurahan juga menjadi hal yang penting pada saat mendirikan PT. Karena izin domisili ini dikeluarkan oleh pihak kelurahan maka pengaturan izin domisili berbeda-beda di setiap daerah, menurut pada aturan masing-masing pemimpin daerah.

Mengurus NPWP di Kantor Pajak

Read More :  Master List Impor Limbah Non B3

Cara Buat PT Murah Cepat yang berikutnya adalah mengurus NPWP di kantor pajak. Nomor pajak ini diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana administrasi perpajakan. Fungsinya adalah sebagai tanda pengenal untuk melaksanakan hak dan kewajiban dalam perpajakan.

Mengurus Izin Usaha

Langkah yang berikutnya adalah mengurus izin usaha. Seperti yang telah diketahui bahwa tujuan mendirikan sebuah perusahaan adalah untuk melakukan kegiatan komersial agar memperoleh keuntungan. Dalam menjalankan bisnis tersebut tentunya para pemilik PT harus memiliki izin usaha.

Salah satu bentuk izin usaha yang harus dimiliki adalah SIUP atau surat izin usaha perdagangan. Terdapat empat kategori SIUP yang bisa dipilih, yakni SIUP mikro, SIUP kecil, SIUP menengah, serta SIUP besar.

Mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan

TDP atau Tanda Daftar Perusahan menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan dan biasanya disahkan oleh para pejabat yang sah dan berwenang. Dalam membuat PT proses ini harus dilakukan baik itu berkedudukan sebagai kantor pusat ataupun kantor cabang.

Khusus untuk kantor cabang harus diberi keterangan tentang siapakah pemimpin cabang dan pemerian kuasa dari direksi.

(Bagi Anda yang sedang mencari tahu cara Buat PT Murah Cepat namun tidak mau direpotkan dengan prosedurnya yang lama dan membutuhkan banyak prosedur bisa segera hubungi kami untuk membuat PT yang berkualitas).

Scroll to Top