Cara Bikin CV Perusahaan

Cara bikin CV perusahaan sekarang ini sudah sangat mudah, karena sudah tersedia jasa pembuatan CV perusahaan. Jadi bagi Anda yang akan mendirikan sebuah perusahaan, dapat mendatangi notaris untuk membantu Anda dalam pembuatan CV perusahaan. Untuk mendirikan CV lebih mudah dari pada Anda mendirikan sebuah Perseroan Terbatas serta untuk harga juga pendirian CV lebih murah. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara bikin CV perusahaan, lebih baik ketahui terlebih dahulu apa itu CV.

Ketahui Apa itu CV Sebelum Mengetahui Cara Bikin CV Perusahaan

Ketika Anda mendengar kata CV tentu Anda akan langsung terlintas dengan sebuah perusahaan. Ya, memang CV itu tidak jauh berbeda dengan Perseroan Terbatas. Yang mana CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap, yang membuat berbeda dengan PT adalah pada modal dasar yang digunakan. Karena secara manajemen mereka itu sama, tetapi modal awal untuk CV terbilang sangat kecil dari pada PT.

CV sendiri pada konsepnya merupakan permitraan yang terdiri dari satu atau lebih mitra bisa atau lebih mitra diam (Komanditer). Perlu Anda ketahui jika kehadiran mitra adalah ciri utama dari CV ini. CV sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh satu atau dua orang bahkan lebih yang secara tanggung menanggung, bertanggung secara seluruhnya atau solider, yang mana ada satu orang atau lebih yang berperan sebagai pelepas uang dan diatur oleh KUHD.

Read More :  Berapa Lama Pembuatan PT? Pembuatan PT hanya 2 jam, Akta 3,3Juta

Cara bikin CV Perusahaan tidak ada batasan minimal untuk modalnya serta tidak secara khusus membahas mengenai usaha dalam bidang apa CV bergerak. Hal tersebut karena yang penting pembuatannya menemukan modal kemudian diajukan menjadi sebuah badan usaha maka bisa dikatakan sebagai CV. Cara bikin CV Perusahaan pun dapat dikatakan mudah jika Anda menggunakan jasa pembuatan perusahaan yang profesional. Meskipun menggunakan jasa, tetapi Anda juga harus mengetahui apa saja syarat dalam membuat CV perusahaan.

Cara Bikin CV Perusahaan, Hal yang Harus Disiapkan

Akta Pendirian

Untuk mendapatkan akta pendirian sebuah CV perusahaan, Anda bisa melalui notaris. Yaitu dengan cara Anda datang ke notaris dengan membawa beberapa persyaratan serta mendaftarkan pembuatan akta perusahaan.

Surat Domisili Usaha

Persiapkan beberapa dokumen untuk mendapatkan surat domisili usaha CV Anda. Di tempat berdirinya perusahaan CV Anda, maka surat domisili usaha ini dapat Anda peroleh dari pemerintah yang berada di lingkungan CV. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mencari tahu apa saja syarat dalam pembuatan surat domisili usaha.

Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak

Urus lah Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak yang berada di lingkungan perusahaan Anda. Nanti ketika Anda sudah mendaftar, maka akan Anda dapatkan sebuah kartu Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai beberapa hal yang harus disiapkan untuk melengkapi cara bikin CV perusahaan.

Read More :  Syarat dan Biaya Pembuatan PT 2019 yang Perlu Diketahui

Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau SP-PKP

Proses ini bertahap setelah Anda mendapatkan NPWP. Jadi, buatlah pengajuan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak ketika Anda mengajukan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Menggunakan Surat Izin Usaha

Pentingnya dalam menggunakan Surat Izin Usaha karena CV juga merupakan sebuah perusahaan komersial, sehingga harus ada SIU.

Mendaftar Ke Pengadilan Negeri

Cara bikin CV perusahaan yang terakhir adalah dengan mengajukan pendaftaran ke pengadilan negeri. Hal tersebut akan membuat persiapan CV perusahaan Anda dicatat dalam dokumen pemerintahan.

Itulah beberapa cara bikin CV perusahaan yang harus Anda siapkan. Ketika Anda sudah mendapatkan izin yang resmi, tentu akan mudah bagi Anda dalam menjalankan usaha. Anda harus benar-benar serius dalam pembuatan CV ini karena Anda harus memperoleh kesahan di mata hukum.

Kelebihan dari Pendirian CV

Dalam pendirian CV tentu akan ada kelebihannya, yang pertama yaitu proses pendirian yang mudah karena untuk syarat tidak serumit ketika mendirikan sebuah PT. Kedua, kebutuhan modal cenderung lebih mudah untuk dipenuhi karena tidak ada batasan minimal untuk modal awal. Ketiga, yaitu akan lebih mudah dalam memperoleh serta mengajukan kredit. Keempat, yaitu manajemen yang cenderung lebih terkontrol.

Itulah kelebihan dari pendirian CV, ketika Anda akan memilih jasa dalam pembuatan CV perusahaan, pilihlah dengan tepat jangan sampai Anda pilih jasa pembuatan yang salah dan akan membahayakan proses pembuatan CV perusahaan Anda.

Read More :  Izin Prinsip BKPM Sangat Penting Untuk Kelangsungan Usaha
Scroll to Top