Cara Buat CV Perusahaan

Cara buat CV perusahaan tidak susah seperti cara membuat Perseroan Terbatas. Pembuatan CV perusahaan akan lebih mudah jika Anda mengikuti prosedur yang berlaku dan karena pembuatan CV ini adalah hal penting, maka ada baiknya Anda bekerja sama dengan biro jasa yang tepat dan profesional. Maka teliti lah dalam memilih jasa pembuatan CV perusahaan, salah-salah malah akan membahayakan proses pembuatan CV perusahaan Anda.

Cara buat CV perusahaan tentunya haruslah ada nama dari CV tersebut, dan hal ini merupakan tahap awal dalam pembuatan CV perusahaan. Namun, menyiapkan nama tidak berarti CV Anda resmi berdiri, karena harus melalui beberapa prosedur dalam pembuatannya sehingga dapat dikatakan CV Anda resmi berdiri secara hukum.

Prosedur untuk Cara Buat CV Perusahaan

Akta Pendirian

Persiapkan akta pendirian dari CV perusahaan Anda, dan untuk mendapatkan akta pendirian sebuah CV perusahaan, Anda bisa melalui notaris. Caranya adalah Anda datang ke notaris dengan membawa beberapa persyaratan serta mendaftarkan pembuatan akta perusahaan.

Surat Domisili Usaha

Persiapkan beberapa dokumen untuk mendapatkan surat domisili usaha CV Anda. Di tempat berdirinya perusahaan CV Anda, maka surat domisili usaha ini dapat Anda peroleh dari pemerintah yang berada di lingkungan CV. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mencari tahu apa saja syarat dalam pembuatan surat domisili usaha.

Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak

Read More :  Dasar Hukum dan Jenis Izin Usaha Pengangkutan Migas

Buatlah Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak yang berada di lingkungan sekitar perusahaan Anda. Kemudian ketika Anda sudah mendaftar, maka Anda akan mendapatkan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai beberapa hal yang harus disiapkan untuk melengkapi cara bikin CV perusahaan.

Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau SP-PKP

Cara buat CV perusahaan berikutnya adalah dengan memiliki SP-PKP. Proses ini bertahap setelah Anda mendapatkan NPWP. Jadi, buatlah pengajuan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak ketika Anda mengajukan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Menggunakan Surat Izin Usaha

Pentingnya dalam menggunakan Surat Izin Usaha karena CV juga merupakan sebuah perusahaan komersial, sehingga harus ada SIU.

Mendaftar Ke Pengadilan Negeri

Cara buat  CV perusahaan yang terakhir adalah dengan mengajukan pendaftaran ke pengadilan negeri. Hal tersebut akan membuat persiapan CV perusahaan Anda dicatat dalam dokumen pemerintahan.

Itulah beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendirikan sebuah CV perusahaan. Selanjutnya adalah Anda harus memenuhi syarat untuk cara buat CV perusahaan.

Syarat untuk Cara Buat CV Perusahaan

Adapun syarat untuk pembuatan CV perusahaan yang pertama yaitu fotokopi dari para pendiri yang minimal terdiri dari 2 orang namun bukan suami istri. Kedua, mengisi formulir pembuatan CV. Ketiga, dengan cara menyertakan fotokopi Kartu Keluarga dari penanggung jawab atau direktur. Sertakan juga Nomor Pokok Wajib Pajak pengurus CV, fotokopi PBB terakhir tempat usaha atau kantor, menyertakan surat kontrak untuk status kantor yang masih mengontrak.

Read More :  Jasa Pengurusan Dokumen Perusahaan lewat Pakarnya Izinmudah

Syarat selanjutnya adalah menyertakan surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika berada di gedung. Untuk kantor harus berada di wilayah perkantoran bukan di wilayah pemukiman. Tidak lupa juga Anda harus menyertakan pasfoto berwarna dari penanggung jawab yang  berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar. Yang terakhir adalah Anda dan pengurus CV lainnya harus siap jika diadakan survey.

Itulah syarat yang harus Anda penuhi untuk cara buat CV perusahaan. Setelah Anda mengajukan persyaratan di atas, maka akan Anda dapatkan akta notaris pendirian CV, domisili perusahaan, NPWP badan usaha, pendaftaran pengadilan negeri, Surat Izin Usaha Perdagangan, dan Tanda Daftar Perusahaan.

Kelebihan dari Pendirian CV

Ketika Anda memilih untuk mendirikan CV, maka akan Anda peroleh beberapa kelebihan yaitu yang pertama yaitu proses pendirian yang mudah karena untuk syarat tidak serumit ketika mendirikan sebuah PT. Kedua, kebutuhan modal cenderung lebih mudah untuk dipenuhi karena tidak ada batasan minimal untuk modal awal. Ketiga, yaitu akan lebih mudah dalam memperoleh serta mengajukan kredit. Keempat, yaitu manajemen yang cenderung lebih terkontrol.

Kekurangan dari Pendirian CV

Beberapa kekurangan dari mendirikan CV antara lain adalah kelangsungan CV tergantung pada pemimpinnya, kontribusi pemodal yang terbatas, dan ekspansi yang sulit. Karena dengan modal yang kecil maka CV akan sulit dalam mendapatkan dana baru dengan jumlah yang cukup besar melalui penjualan saham seperti yang ada pada PT.

Read More :  Biaya Membuat PT

Itulah beberapa dari kelebihan dan kekurangan dalam mendirikan CV. Namun, melihat dari banyaknya kelebihan di atas, tidak perlu khawatir ketika Anda akan mendirikan CV. Pilihlah jasa pembuatan CV yang terpercaya dan profesional.

Scroll to Top