Cara Buat PT

Cara buat PT dengan menggunakan bantuan notaris untuk pembuatan PT akan lebih mudah dalam prosesnya. Sedangkan untuk PT sendiri adalah Perseroan Terbatas yang merupakan persekutuan dalam menjalankan usaha dan mempunyai modal terdiri dari saham-saham, yang mana pemiliknya adalah yang memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Sebelum Anda mengetahui cara buat PT maka lebih baik ketahui lebih dalam mengenai apa itu Perseroan Terbatas.

Apa Itu Perseroan Terbatas

Arti dari Perseroan Terbatas secara singkat dapat dikatakan sebagai badan usaha serta besar modal perseroan tertera pada anggaran dasar. Sementara untuk kekayaan perusahaan adalah berbeda dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga mempunyai kekayaan sendiri. PT juga wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan di dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas dan peraturan pelaksanaannya. Ketika akta pendirian perseroan ditandatangani oleh para pendirinya di hadapan notaris, maka dapat dinyatakan jika PT sudah resmi berdiri.

Untuk status badan hukum akan diperoleh setelah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk akta pendiriannya. Hal tersebut sesuai dengan Dasar Hukum pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sebelum Anda akan membuat PT, sebaiknya harus benar-benar mengetahui mengenai prosedur dan syarat untuk cara buat PT.

Prosedur dan Persyaratan untuk Cara Buat PT

Persiapkan Data Pendirian Perseroan Terbatas

Read More :  Biaya Notaris Pendirian Yayasan

Saat Anda membuat persiapan data untuk pendirian PT, terlebih dahulu siapkan nama untuk PT tersebut. Nama PT minimal terdiri dari 3 suku kata dan tidak boleh menggunakan serapan asing serta tidak boleh menggunakan nama PT yang sudah ada. Selanjutnya yaitu di mana nanti alamat PT dan untuk berkedudukan hukum. Berada di wilayah Kotamadya atau Kabupaten.

Berikutnya adalah apa maksud dan tujuan PT tersebut didirikan. Kemudian ada struktur permodalan PT yang mana sudah tercantum dalam PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas, yaitu untuk modal dasar tergantung pada kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas. Selanjutnya buatlah pengurus PT yang terdiri dari direktur dan komisaris.

Membuat Akta Pendirian Di Notaris

Ketika memilih notaris Anda bisa menggunakan notaris mana saja, asal sudah terdaftar di Kemenkumham. Semua pendiri PT harus tanda tangan di hadapan notaris, ketika penandatanganan Akta Pendirian dari notaris akan meminta beberapa dokumen.

Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Setelah pengurusan Akta Pendirian selesai, notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM. Sebelum nantinya PT tersebut akan lahir sebagai badan hukum yang diakui oleh negara, Menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum PT. Hal tersebut akan menjadikan PT membuat kontrak dengan pihak ketiga dan melakukan perbuatan hukum lain atas nama PT .

Read More :  Syarat dan Biaya Pembuatan PT 2019 yang Perlu Diketahui

Mengurus Domisili Kelurahan PT

Pengurus di Perseroan Terbatas harus membuat keterangan domisili kelurahan untuk perusahaan.

Mengurus NPWP Di Kantor Pajak

PT harus mengurus persyaratan operasional Perseroan Terbatas dengan mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak di kantor pajak di mana tempat Perseroan Terbatas berdomisili.

Mengurus Surat Izin Usaha Industri

Karena pembuatan PT bertujuan untuk kegiatan komersial maka harus mempunyai Surat Izin Usaha Industri.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan

Sesuai Pasal 5 ayat 1 yang menyatakan bahwa Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan.

Itulah beberapa prosedur dan syarat untuk cara buat PT yang harus dilengkapi. Selanjutnya ketika Anda menggunakan jasa notaris, maka Anda harus memilih yang sudah terpercaya karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memilih jasa notaris yang terpercaya dalam membuat PT.

Cara Memilih Notaris untuk Pembuatan PT

Bukti Pengalaman

Pilihlah notaris yang mempunyai bukti pengalaman yaitu yang sudah melayani banyak klien terutama saat pendirian PT. Jika perlu mintalah portfolio perusahaan sebagai bukti mereka memang berpengalaman.

Pilih Ahli Jasa yang Sudah Lama Berdiri

Ahli jasa yang sudah berdiri sejak lama patut menjadi pertimbangan karena pasti sudah terpercaya dan berpengalaman. Karena apabila mereka mengecewakan pasti usaha mereka akan tutup sejak dulu.

Perhatikan Paket Pengurusan

Dalam mengurus satu dokumen akan membutuhkan beberapa persyaratan, sehingga perhatikanlah paket pengurusan dari notaris apakah paket tersebut lengkap sehingga memudahkan Anda atau malah sebaliknya.

Read More :  Buat PT Murah

Harga Jasa Pengurusan Murah Tidak Selalu Mengecewakan

Rubah pemikiran Anda yang mengira jika biaya pengurusan dokumen untuk pendirian PT semakin mahal maka akan semakin cepat pula prosesnya. Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa yang bisa memberikan layanan pengurusan dokumen dengan proses cepat namun harga jasanya murah. Maka Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih notaris mana yang akan digunakan.

Itulah beberapa cara memilih notaris untuk cara buat PT. Pilihlah jasa pembuat PT yang terpercaya dan profesional.

Scroll to Top