Cara Cepat Mendapatkan Izin Niaga Umum Bahan Bakar Minyak

Mengurus izin niaga umum bahan bakar minyak atau INU BBM memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha, seperti legalitas, keamanan, peluang bisnis dan daya saing. Oleh karenanya, sangat penting bagi pengusaha yang ingin menjalankan bisnis niaga umum BBM untuk mengurus perizinan tersebut.

Kenapa Pengusaha Harus Mengurus Izin Niaga Umum BBM?

Pada dasarnya pemerintah menetapkan regulasi terkait perizinan usaha adalah untuk melindungi dan memajukan bisnis para pelaku usahanya. Untuk itu, pengusaha wajib mengikuti seluruh peraturan, salah satunya mengurus izin niaga umum BBM.

Perizinan usaha ini sangat dibutuhkan oleh badan usaha, agar dapat secara legal melakukan kegiatan niaga umum BBM. Dengan izin usaha tersebut, maka badan usaha diperbolehkan atau legal untuk menyalurkan BBM ke SPBU, menjual BBM langsung ke konsumen industri, menyimpan BBM di TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak), dan menjual avtur untuk bahan bakar pesawat terbang.

Jika pengusaha tidak memiliki izin usaha yang sesuai, maka kegiatan niaganya dianggap terlarang dan termasuk aktivitas bisnis ilegal. Jadi kegunaan utama perizinan tersebut adalah untuk melegalkan kegiatan niaga umum BBM yang dilakukan oleh suatu badan usaha. Nah, kenapa pengusaha wajib mengurus izin niaga um, berikut beberapa alasannya.

  1. Ketaatan terhadap regulasi

Pemerintah Indonesia telah mengatur perdagangan bahan bakar minyak melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021. Izin Niaga Umum adalah syarat wajib legalitas bagi pelaku usaha yang akan menjalankan kegiatan niaga umum BBM.

Hal itu termasuk juga penyaluran BBM ke SPBU, penjualan langsung ke konsumen industri, penyimpanan BBM di TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak), dan penjualan avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang.

Tanpa memegang Izin Niaga Umum berarti pengusaha menjalankan operasi usaha secara ilegal. Cara tersebut sangat berisiko terkena sanksi, seperti denda, pencabutan izin usaha dan penyitaan barang bukti.

  1. Menjamin kualitas dan keamanan BBM
Read More :  Biro Jasa pembuatan PT di Jakarta

Kepemilikan Izin Niaga Umum sebagai pertanda kalau badan usaha sudah memenuhi standarisasi dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu terkait dengan kualitas bahan bahan bakar minyak, keamanan dalam penyimpanan dan penyaluran BBM, serta perlindungan terhadap lingkungan.

Dengan diberlakukannya izin usaha, pemerintah ingin menjamin konsumen bisa mendapatkan BBM yang aman dan berkualitas. Selain itu, bisa meminimalkan risiko kecelakaan dan pencemaran terhadap lingkungan.

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra usaha

Pelaku usaha yang sudah memiliki izin niaga umum adalah bukti komitmennya patuh terhadap regulasi dan menunjukkan sikap profesionalisme. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra usaha.

Dengan begitu, pengusaha bisa memperluas peluang bisnis, meningkatkan daya saing dan memperkuat reputasi. Sangat jelas kalau pelaku usaha juga sangat diuntungkan, dengan kepemilikan izin niaga umum.

  1. Mendapatkan akses ke fasilitas dan dukungan pemerintah

Pengusaha yang sudah memiliki izin niaga umum bisa mendapatkan akses ke berbagai fasilitas dan dukungan pemerintah, seperti pastokan BBM dari Pertamina, kemudahan dalam membuat perizinan terkait usahanya, dan akses informasi serta pelatihan.

Berbagai hal di atas tentunya bisa membantu pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih optimal. Dengan mengurus INU BBM memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha. Jadi segeralah mengurus perizinan usahanya, agar lebih aman dan nyaman dalam menjalankan bisnisnya.

Cara Cepat Mendapatkan Izin Niaga Umum BBM

Setiap pengusaha tentunya ingin mendapatkan perizinan usaha dengan cepat dan mudah. Anda pun bisa melakukannya ketika mengurus niaga umum bahan bakar minyak. Tentunya kalau sudah tahu caranya. Nah, berikut ini beberapa langkah untuk mempercepat proses mendapatkan INU BBM.

  1. Lengkapi Dokumen Persyaratan dan Kerjasama dengan Konsultan Perizinan Terpercaya
Read More :  Jenis Izin Pengolahan Minyak dan Kendala dalam Pengajuannya

Anda harus sangat memahami persyaratan yang harus disiapkan untuk pengajuan izin niaga umum BBM. Pelajari setiap detail persyaratan di Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021, dan Online Single Submission (OSS).

Pastikan Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan, termasuk beberapa dokumen seper bsinisti Akta Pendirian Perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Izin Lokasi, SLO (Sertifikat Laik Operasi), Bukti kepemilikan atau sewa tempat untuk penyimpanan BBM, Bukti kesanggupan pemenuhan pasokan BBM, dan laporan keuangan.

Kalau sudah memahami semua persyaratan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumennya dalam format digital dan juga format fisik  atau cetak. Pastikan semua dokumen sudah lengkap, rapi dan mudah dibaca. Sehingga memudahkan petugas dalam melakukan verifikasi dan validasi dokumen.

Kalau Anda merasa kerepotan dalam menyiapkan semua dokumen persyaratan, penting untuk dipertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan perizinan usaha. Pengetahuan yang baik, dan pengalaman yang luas sangat membantu dalam pengurusan perizinan usaha, termasuk izin niaga umum BBM.

Keberadaan konsultan perizinan sangat membantu dalam penyiapan dokumen persyaratan, dan melakukan pendampingan dalam proses pengajuan perizinan usaha. Selain itu, konsultan juga bisa memberikan saran dan solusi atas segala kondisi yang dialami ketika pengajuan permohonan perizinan.

Konsultan perizinan selalu memperbaharui pengetahuannya terkait dengan peraturan terkini. Karena bisa saja regulasi berubah sewaktu-waktu. Pengalamannya yang panjang membuat konsultan sangat paham betul seluk beluk pengurusan perizinan usaha. Sehingga dengan pendampingan konsultan handal, kemungkinan pengajuan diterima lebih besar. Daripada Anda melakukan pengurusan perizinan secara mandiri.

  1. Pahami Tata Cara Pengajuan Perizinan
Read More :  Jasa Bikin PT Murah

Saat ini pengusaha tidak perlu datang  langsung ke kantor Kementerian ESDM untuk mengurus permohonan Izin Niaga Umum BBM. Karena pemerintah sudah menciptakan sistem yang mudah diakses secara online. Sehingga setiap saat dan di mana saja, pelaku usaha bisa mengajukan perizinan usaha.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran di OSS dan melengkapi profil di sistem layanan tersebut. Kemudian bisa mengajukan permohonan, dengan memilih jenis izin “Izin Niaga Umum. Lalu mengikuti beberapa langkah di dalam OSS. Anda harus mengunggah seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi dan evaluasi. Petugas dari Kementerian ESDM akan melakukan verifikasi dan evaluasi pada dokumen yang Anda unggah. Jika dianggap sudah terpenuhi atau sesuai dengan regulasi, maka penerbitan izin usaha akan dilakukan dalam bentuk elektronik.

Berapa lama proses pengajuan izin niaga umum BBM? Pada umumnya hanya akan membutuhkan waktu selama 14-21 hari kerja. Akan tetapi estimasi waktu tersebut bisa bervariatif sangat tergantung dari kelengkapan dokumen dan kesigapan pemohon perizinan.

Biaya dalam pengurusan INU BBM juga bervariasi, tergantung dari jenis izin dan besaran atau skala usahanya. Anda bisa mencermati regulasi terbaru untuk mengetahuinya.

Jadi, dengan persiapan yang matang dan mengikuti berbagai langkah di atas, maka Anda berpeluang besar bisa mendapatkan legalitas berupa INU BBM dengan lebih cepat. Pastikan untuk selalu mematuhi segala regulasi pemerintah, agar terhindar dari kesalahan dalam pengurusan perizinannya.

Supaya aman dalam memilih konsultan perizinan, pastikan hanya menggunakan yang bereputasi baik, profesional dan berpengalaman, seperti IzinMudah.com. Konsultan perizinan ini sudah sangat berpengalaman dalam membantu pembuatan izin niaga umum bahan bakar minyak. Sehingga layak menjadi mitra Anda dalam mengurus perizinan usaha.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top