Cara Daftar Izin Niaga Umum 2024 Sesuai Bidang Usaha

Pemahaman yang baik dan persiapan yang matang sangat penting diperhatikan, ketika Anda akan melakukan daftar Izin Niaga Umum 2024. Pahami terkait regulasi dan prosedur pengurusan perizinan tersebut, supaya prosesnya berjalan lancar dan efisien. Baik dari segi tenaga, waktu maupun biayanya.

Jenis Izin Niaga Umum Berdasarkan Bidang Usahanya

Jenis Izin Niaga Umum (INU) disesuaikan dengan bidang usahanya, seperti BBM (Bahan Bakar Minyak), hasil olahan Migas, BBG (Bahan Bakar Gas), Listrik, dan Penunjang Kegiatan Usaha Niaga. Regulasi setiap jenis INU bisa berbeda-beda terkait dengan tata cara pengurusan dan persyaratannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan perizinannya harus memahaminya sejak awal. Berkonsultasi dengan tenaga ahli sangat disarankan, demi kelancaran dan proses yang lebih cepat.

INU merupakan perizinan usaha yang diberikan kepada badan usaha, agar bisa menjalankan kegiatan perdagangan dalam skala besar. Berdasarkan bidang usahanya, INU terbagi atas beberapa kategori berikut.

  1. Niaga Umum BBM (Bahan Bakar Minyak)

Perizinan ini diberikan untuk badan usaha yang akan melakukan kegiatan perdagangan BBM. Meliputi ekspor, impor, penyaluran dan penyimpanan.

Jenis perizinan ini terbagi atas dua macam. Pertama adalah Niaga Umum BBM untuk perdagangan BBM secara umum. Sedangkan yang kedua adalah Niaga Terbatas BBM, untuk perdagangan bahan bakar minyak dengan batasan tertentu, seperti jenis BBM, jumlah kuota dan wilayah penyalurannya.

  1. Niaga Umum Hasil Olahan Migas (Minyak dan Gas Bumi)

Perizinan ini diserahkan kepada badan usaha yang ingin melakukan kegiatan perdagangan hasil olahan migas, seperti minyak bumi, gas alam dan produk turunannya. Jenis perizinan ini juga terbagi atas dua kategori.

Pertama dalah Niaga Umum Hasil Olahan Migas. Tujuannya untuk legalitas menjalankan perdagangan hasil olahan migas secara umum. Kedua adalah Niaga Terbatas Hasil Olahan Migas. Perizinan ini untuk perdagangan hasil olahan migas dengan batasan tertentu. Hal itu meliputi jenis produk, jumlah kuota dan wilayah penyalurannya.

  1. Niaga Umum BBG (Bahan Bakar Gas)
Read More :  Kelebihan dan Kekurangan Perizinan Migas Online

Jenis perizinan ini diberikan kepada badan usaha yang akan melakukan kegiatan perdagangan BBG, seperti gas alam pipa, gas alam terkompresi (CNG), dan gas alam cair (LNG). Jenis izin niaga umum ini terbatas dua macam.

Pertama adalah Niaga Umum BBG untuk perdagangan BBG secara umum. Kedua adalah Niaga Terbatas BBG, yang digunakan untuk perdagangan BBG dengan batasan tertentu. Batasan tersebut meliputi jumlah kuota, jenis BB dan wilayah penyalurannya.

  1. Niaga Umum Listrik

Perizinan khusus ini diberikan kepada badan usaha yang menjalankan kegiatan perdagangan listrik. Hal ini termasuk ekspor, impor, penyaluran dan penyimpanan. Legalitas usaha ini juga memiliki dua jenis.

Pertama adalah Niaga Umum Listrik untuk perdagangan listrik secara umum. Kedua adalah Niaga Terbatas Listrik untuk perdagangan listrik dengan batasan tertentu. Hal itu terkait dengan jumlah kuota dan wilayah penyalurannya.

  1. Niaga Penunjang Kegiatan Usaha Niaga

Perizinan tersebut diberikan kepada badan usaha yang akan melakukan kegiatan penunjang perdagangan, yang meliputi pengangkutan, penyimpanan dan pengemasan barang.

Nah, itulah lima jenis izin niaga umum berdasarkan bidang usahanya. Karena tata cara pengurusan dan persyaratan INU berbeda-beda, tergantung dari jenisnya maka pastikan Anda sudah memahaminya sebelum melakukan pengajuan daftar Izin Niaga Umum 2024.

Setiap bidang usaha tersebut tentunya memiliki persyaratan tersendiri. Termasuk prospek dan kebutuhan anggaran, target pasar dan tantangan berbeda-beda. Ketahui hal tersebut agar menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Read More :  Pembuatan PT Jakarta

Untuk informasi lebih detail dan update, Anda bisa mencermati regulasi terkait sebagai acuannya. Seperti Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2021, tentang izin usaha niaga umum untuk bidang usaha minyak dan gas bumi.

Selain itu, bisa merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2012 tentang penyaluran bahan bakar minyak, bahan bakar gas dan Liquefied Petroleum Gas. Untuk permohonan perizinannya, Anda bisa mengurus INU melalui sistem OSS (Online Single Submission) Kementerian Investasi/BKPM.

Tips Sebelum Mengurus Izin Niaga Umum

Persiapan yang matang dan pemahaman yang baik sangat diperlukan sebelum Anda mengurus permohonan perizinan usaha. Beberapa tips berikut bisa sebagai panduannya.

  1. Pahami jenis izin niaga umum yang dibutuhkan. Jadi harus dipastikan jenis INU sudah sesuai dengan bidang usaha Anda.
  2. Pelajari regulasi atau peraturan terkait. Anda harus memahami persyaratan dan tata cara mengurus perizinan tersebut. Tentunya dengan berdasarkan peraturan Menteri ESDM dan juga Keputusan Menteri ESDM yang terkait.
  3. Siapkan seluruh dokumen persyaratan. Anda harus memastikan semua berkas yang diperlukan sudah sesuai dengan peraturan dan lengkap. Kumpulkan dokumen dengan cermat, jangan sampai ada yang cacat dan tidak sah.
  4. Gunakan jasa konsultan. Konsultan perizinan terpercaya akan membantu Anda dalam proses pengurusan izin niaga umum. Cara ini sangat disarankan bagi yang belum begitu familiar dengan regulasi dan prosedur pengurusan perizinannya.
  5. Mulai persiapan sedini mungkin. Penting diketahui bahwa proses pengurusan INU terbilang lama hingga 30 hari kerja. Kalau persiapannya tidak matang, tentunya bisa membuat waktu pengurusan semakin lama. Jadi perkirakan waktu yang diperlukan, dan sesuaikan dengan rencana Anda.
  6. Cermati dan ikuti instruksi dengan baik. Anda harus memahami dan mengikuti seluruh instruksi pada OSS dengan seksama, agar terhindar dari risiko kesalahan.
  7. Ketahui biaya pengurusan INU. Sehingga Anda sudah bisa memperhitungkan biaya pengurusannya. Hal itu meliputi biaya pendaftaran dan biaya materai. Termasuk biaya konsultan perizinan, kalau Anda menggunakan jasa tersebut.
  8. Ketahui perubahan regulasi. Anda harus sering memantau perubahan regulasi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, terkait dengan pengurusan INU. Hal ini untuk memastikan Anda telah mengikuti regulasi terbaru.
Read More :  Master List Impor Limbah Non B3

Persiapan matang dan pemahaman yang memadai mengenai regulasi, dan prosedur pengurusan izin niaga umum sangat membantu proses pengurusan berjalan lebih efisien dan lancar. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan segala proses pengurusan INU, sangat dianjurkan menggunakan jasa konsultan perizinan.

Jasa konsultan perizinan sangat diperlukan badan usaha, agar lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga Anda bisa lebih fokus dengan perencanaan bisnis. Segala hal terkait pengurusan perizinan bisa diserahkan kepada konsultan perizinan.

Jika Anda membutuhkan pendampingan dalam pengurusan izin niaga umum bisa bekerjasama dengan konsultan perizinan terpercaya dan berpengalaman. Seperti Izinmudah.com yang memiliki reputasi bagus, sumber daya berkompeten dan berpengalaman luas dalam pengurusan perizinan usaha.

Sebelum melakukan pengurusan perizinan usaha, Anda bisa konsultasikan rencana bisnisnya. Sehingga staf Izinmudah bisa memberikan penjelasan, dokumen persyaratan yang dibutuhkan, estimasi waktu pengurusan, dan biayanya.

Kalau sudah mencapai kesepakatan bersama, maka proses pengurusan akan dimulai. Tentunya, bila seluruh persyaratan sudah tersedia. Cara daftar Izin Niaga Umum 2024 bisa saja berganti setiap saat. Namun, Anda akan merasa tenang kalau sudah menggunakan jasa konsultan perizinan berkualitas.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top