Cara Pembuatan PT

Cara pembuatan PT menjadi satu cara yang dianggap sulit dan menghabiskan waktu padahal sebenarnya ada cara mudah untuk membuat PT. Dengan semakin berkembangnya perekonomian saat ini ada banyak sekali pengusaha baru yang ingin mendirikan usaha baru seperti pembuatan PT. Banyaknya usaha yang ingin dibangun maka semakin banyak pula surat ijin yang dikeluarkan.

Pembuatan sebuah PT memerlukan beragam jenis faktor pendukung. Bukan hanya modal saja yang menjadi satu bagian penting, melainkan perijinan, lokasi dan banyak hal harus dipersiapkan dalam pembuatan PT. Apalagi untuk sebuah PT yang merupakan usaha dalam bidang yang besar sehingga perlu pengesahan hukum dan perijinan yang jelas.

Alur Pembuatan PT

Meskipun harus menggunakan beragam jenis dokumen dan harus melewati banyak tahapan tetapi pembuatan PT saat ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Hal ini merujuk pada peraturan presiden dimana dalam pencarian ijin dan pembangunan PT bisa dilakukan dalam waktu yang cepat dan dengan proses yang singkat.

Jika dulu butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa mendirikan sebuah PT, maka saat ini bisa dilakukan hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Maksimal hanya dengan waktu 15 hari saja sudah bisa mendirikan PT dengan beragam jenis perusahaan dan beragam ukuran baik itu kecil, menengah hingga PT dengan skala besar sekalipun. Namun jika ingin mendapatkan proses yang lebih cepat maka harus melakukan alur dengan benar.

Read More :  Jasa Pembuatan PT Murah, Paket Lengkap Dengan Proses Cepat

Membuat Akte Perusahaan

Cara pembuatan PT harus mengikuti alur yang sudah ditetapkan. Pertama adalah dengan membuat akta perusahaan terlebih dahulu. Syarat yang satu ini merupakan syarat penting dalam pendirian sebuah PT. Akta ini nantinya akan berisi keterangan tentang perusahaan seperti nama PT, nama pemilik, struktur perusahaan, besaran modal yang disetor dan lainnya yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

Mencari dan Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha

SKDU merupakan salah satu dokumen yang harus dilengkapi jika ingin membuat sebuah perusahaan dengan skala sebesar PT. Surat keterangan domisili usaha ini nantinya akan dikeluarkan oleh lembaga pemerintah setempat dimana perusahaan tersebut berdiri. SKDU dikeluarkan oleh kecamatan atau kelurahan sebagai tanda jika perusahaan tersebut memang benar-benar ada.

Dalam membuat sebuah Surat Keterangan Domisili Usaha ini nantinya akan ditarik tarif sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing. Sedangkan syarat untuk mendapatkan SKDU harus memiliki akta perusahaan terlebih dahulu yang sebelumnya dibuat di notaris dengan alamat yang sama dengan tempat berdirinya PT.

Membuat NPWP Perusahaan

Lanjut pada Cara pembuatan PT yang ketiga dimana langkah ini merupakan langkah yang sangat penting dan harus dilakukan dengan benar. Pembuatan NPWP perusahaan menjadi satu dokumen penting yang harus di urus dalam mendirikan sebuah PT. Nantinya NPWP ini berguna sebagai identitas wajib pajak untuk mempermudah dalam hal perpajakan nantinya.

Read More :  Biro Jasa PT di Bekasi

Selain berguna untuk mengurus perpajakan, NPWP perusahaan juga berguna untuk menjadi salah satu pelengkap dokumen pembuatan SIUP. SIUP adalah persyaratan utama dan paling penting untuk pembuatan sebuah surat izin. Mengurus NPWP bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan datang langsung ke kantor pajak.

SK Pengesahan Akta Pendirian Perusahaan dari Kemenkunham

Cara pembuatan PT kemudian memasuki tahap berikutnya yaitu pembuatan akte pengesahan yang dibuat di Kemenkunham. Dengan mendapatkannya surat pengesahan dari Kemehenkunham ini maka menjadi tanda legalitas satu usaha atau perusahaan yang berjalan. Caranya adalah dengan mengikuti alur yang ada pada Kemenkunha dengan datang langsung ke kantornya.

Pengurusan SIUP

Setelah surat dari Kemenkumham selesai dan sudah didapatkan maka berikutnya adalah dengan melakukan pengurusan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Cara pembuatan PT harus dengan mendapatkan SIUP demi mendapatkan proses operasi pada perusahaan atau PT bisa berjalan dengan lebih cepat dan lancar.

Cara pembuatan PT memang tergantung dari berbagai dokumen yang memang harus dilengkapi terlebih dahulu. Proses yang panjang dan juga berbagai surat yang harus dimiliki sebagai syarat pada sebuah pembuatan PT bisa didapatkan dengan harga yang berbeda. Harga dalam pendirian sebuah PT ini bisa disesuaikan dan secara lebih rinci silahkan untuk menghubungi kami.

Scroll to Top