Harga Pembuatan CV yang Ingin Diubah Menjadi PT

Jakarta, IzinMudah.Com – Dimanapun juga Anda menyewa jasa perizinan, tentu Anda akan melihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk harga pembuatan CV dibandingkan dengan membuat PT.

Karenanya banyak pula orang yang menilai bahwa CV ini sedikit cocok untuk mereka yang masih memiliki modal kecil. Akan tetapi, ada pula yang juga ingin mengetahui apakah mungkin CV berubah menjadi PT seiring waktu setelah cukup modal dan juga memiliki prosedur yang ada.

Apakah Harga Pembuatan CV Menjadi PT itu Sangat Mahal dan Ribet?

Dikarenakan harga pembuatan CV jauh lebih murah dan rendah dibandingkan dengan PT, maka cukup banyak orang yang ingin memulai bisnis dengan modal secukupnya dari CV. Akan tetapi, namanya menjalani bisnis, tentu saja dimulai dari modal yang kecil dulu sampai akhirnya bisa menjadi sangat besar.

Setelah bisnis itu pun menjadi besar dan juga berkembang pesat, maka tentu saja para pengusaha ingin mengubah bisnis mereka yang sebelumnya kecil menjadi sebuah perusahaan yang lebih besar.

Karenanya, banyak yang mulai bertanya apakah CV ini dapat diubah menjadi sebuah PT? Tentu saja bisa namun meskipun tidak membutuhkan adanya pembentukan langsung dari usaha yang baru, tetap diperlukan yang namanya prosedur untuk mengajukannya dan itu juga tidak mudah sehingga harus dipersiapkan dengan baik antara lain:

  • Melakukan revaluasi untuk aset berharga Anda
Read More :  Pertimbangan Teknis Baterai

Anda tentu tahu fakta bahwa CV sama sekali tidak terdapat adanya pemisahan untuk kekayaan pribadi maupun kekayaan CV untuk para perseronya khususnya bagi sekutu aktif. Sementara untuk PT, kekayaan badan usaha dan pribadi harus dipisahkan.

Karena itulah, di tahap yang pertama untuk mengubah CV menjadi PT, maka harus ada yang namanya revaluasi aset atau yang disebut dengan audit untuk kekayaan para sekutunya. Proses audit ini seringkali akan dilakukan oleh pihak berwenang yaitu akuntan publik independen.

  • Memberitahu lebih dulu kepada masyarakat bahwa CV Anda akan berubah menjadi PT

Langkah yang harus dilakukan berikutnya adanya memberitahukan adanya perubahan atau pengumuman tentang perubahan dari status CV itu yang akan menjadi PT pada para publik.

Secara umum, hal ini bisa dilakukan dengan membuat iklan dan diletakkan pada surat kabar nasional yang bertujuan untuk memberitahukan kepada publik sekaligus para kreditur jika hal dan juga kewajiban CV ini sudah beralih menjadi sebuah PT.

  • Membuat Akta pendirian untuk PT

Setelah langkah yang pertama sekaligus yang kedua sudah Anda selesaikan dengan baik, maka pemilik perusahaan pun juga dapat langsung melakukan pengajuan untuk membuat akta pendirian khusus PT baru ini.

Premis yang terdapat di akta akan menjelaskan jika telah dilakukan adanya perubahan sebuah badan usaha dari yang sebelumnya adalah CV menjadi sebuah PT dimana perseronya pun sudah menyetorkan langsung semua kekayaan dari CV yang sebelumnya telah diaudit untuk menjadi kekayaan resmi milik PT.

Read More :  Biaya Pendirian Yayasan

Harga Pembuatan CV Baru Lebih Mahal Dibandingkan Mengubahnya

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa mengubah CV menjadi sebuah PT itu prosesnya begitu panjang dan juga ribet. Karenanya banyak pula yang bertahan untuk menjadi CV saja dan sama sekali tidak memiliki keinginan untuk mengubah menjadi PT.

Dengan berbagai alasan, seperti ribet dan mereka tidak mau membuang waktu hanya untuk mengurus segala macam hal yang dapat menyita waktu mereka di dalam melakukan pekerjaan maupun proses usaha di dalam CV. Padahal banyak sekali manfaatnya jika mengubah CV menjadi PT.

Bahkan sesungguhnya harga pembuatan CV baru itu juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan mengubah dari CV menjadi PT sehingga Anda harus berpikir dengan baik apa keuntungan yang diterima jika mengubah CV menjadi sebuah perusahaan besar.

Scroll to Top