Harga Pembuatan PT

Di era yang semakin berkembang ini semakin banyak pula perusahaan atau PT yang didirikan. Mulai dari PT kelas kecil hingga yang bermodal besar menjadi satu jenis perusahaan yang bisa didapatkan. Harga pembuatan PT yang sangat variasi membuat banyak pengusaha baru ingin mencoba untuk membuka dan menjalankan PT dengan kriteria masing-masing.

Ditambah dengan perkembangan dan majunya perekonomian saat ini membuat banyak sekali investor yang masuk dan ingin mendirikan PT tertentu. Dalam mendirikan memang tidaklah sulit dimana saat ini ada proses penyerderhanaan yang membuat pembuat PT menjadi lebih mudah dan cepat.

Syarat Mendirikan PT

Sebelum membahas tentang berapa Harga pembuatan PT yang harus dikeluarkan maka yang perlu diperhatikan adalah tentang persyaratan untuk mendirikan sebuah perusahaan terlebih dahulu. Persyaratan pendirian sebuah PT ini bahkan juga diatur dalam Undang-Undang dimana memberikan persyaratan untuk mendirikan PT secara runtut.

Syarat pertama yang tercantum dalam Undang-Undang adalah Perseroan harus didirikan oleh satu orang atau lebih. Hal ini mengacu pada PT yang didirikan merupakan usaha yang didirikan berdasarkan perjanjian. Orang yang diizinkan mendirikan sebuah PT adalah individu yang memiliki modal ataupun bisa juga berupa badan hukum.

Syarat yang kedua adalah PT harus memiliki akta otentik. Yang dimaksud dengan akta otentik ini adalah perjanjian dari orang-orang yang mendirikan perusahaan kemudian dibuat secara sah melalui akta otentik. Akta ini harus dibuat ke notaris sebagai bentuk sah atas perjanjian tersebut.

Read More :  Kendala dan Cara Daftar Izin Niaga Umum

Syarat ketiga yang juga harus dilengkapi selain dari Harga pembuatan PT adalah modal dasar perusahaan atau perseroan. Besar kecilnya modal ini nantinya akan menentukan ukuran dari perusahaan yang dijalankan. Berapa kisaran modal yang harus ditanam tergantung pada anggaran dasar yang dibuat secara bersama-sama pada perseroan yang akan didirikan tersebut.

Pembuatan Akte Perusahaan

Setelah seluruh persyaratan memang sudah dilengkapi dengan benar maka berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan membuat akta perusahaan. Dalam pembuatan akta ini sudah mulai menghitung Harga pembuatan PT karena nantinya perlu banyak dokumen dan notaris dalam pembuatan akta perusahaan.

Notaris yang ditunjuk juga tidak harus berada dalam satu wilayah atau alamat tempat perusahaan. Asalkan Notaris merupakan notaris legal dengan sumpah dan SK pengangkatan maka akta yang dibuat adalah sah dan legal. Dalam membuat akta perusahaan perlu mempersiapkan beragam dokumen penting seperti nama PT, alamat PT, penyetoran modal dan berbagai hal penting lainnya.

Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Harga pembuatan PT akan dipengaruhi lagi dengan pembuatan pengesahan badan hukum atas PT. Surat ini hanya bisa dibuat di Menteri Hukum dan HAM. Jika disetujui maka Kementerian Hukum dan HAM akan mengeluarkan surat yang bernama surat keputusan pengesahan badan hukum PT.

Dengan adanya surat atau pengesahan SK menteri ini maka PT sudah berdiri secara sah, legal dan diakui oleh negara. Karena sudah diakui dan juga disahkan oleh kementerian maka nantinya PT juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah dengan membuat pajak dengan membuat NPWP di kantor pajak.

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru 2020 Pada Jasa Izin Usaha Professional

Membuat Domisili Perusahaan

Sangat penting saat ini untuk mengurus surat domisili untuk perusahaan baik itu di tingkat kecamatan atau kelurahan. Mencari di kelurahan bisa menjadi satu cara termudah karena dengan izin domisili yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat akan memberikan keterangan yang lebih valid.

Untuk membuat keterangan domisili ini perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti surat pengantar dari RT, RW, KTP pemilik dan juga akta notaris pendirian PT yang sudah dibuat. Selanjutnya tinggal dapatkan di kelurahan dan kecamatan. Sertakan juga jenis perusahaan yang juga dibutuhkan sebagai satu informasi pada surat domisili tersebut.

Mengurus Izin Usaha

Jika ingin segera mendirikan perusahaan atau PT maka yang perlu dilakukan adalah membuat dan mengurus izin usaha. Surat ijin yang digunakan adalah SIUP dimana SIUP ini nantinya juga dibagi menjadi ke beberapa jenis surat ijin yang dibedakan berdasarkan kelas atau besarnya perusahaan atau PT tersebut.

Harga pembuatan PT nantinya juga tergantung dari jenis PT. Harga yang lebih rinci bisa Anda dapatkan dengan menghubungi kami secara langsung.

Scroll to Top